Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Cara Membersihkan Perangkat Pc

Konten [Tampil]
GudangIlmuKomputer - Selamat malam sahabat TeolNews. Kali ini saya akan menulis sebuah artikel mengenai cara membersihkan komponen PC. Kebersihan merupakan sebagian dari iman, begitulah kata-kata yang sering terucap. Tetapi kenapa orang banyak yang melalaikan kebersihan itu? begituah pertanyaan yang sering muncul dipikiran saya.
Membersihkan perangkat hardware yang berada di komputer dilakukan dengan teliti dan perlahan-lahan alasannya yakni komponen hardware banyak yang terdiri dari IC dan Chip yang sangat kecil. Berikut cara membersihkannya :

Persiapan :
1. Obeng, untuk membuka Casing.
2. Kuas atau sikat gigi.
3. kompresor jikalau ada
4. Kain yang halus

1. Motherboard ( Mainboard )
Untuk membersihkan perangkat ini sebaiknya memakai kuas dan juga memakai kompresor supaya nantinya debu-debu yang melekat pada motherboard ini hilang. Motherboard sanggup juga dicuci ibarat halnya kita mencuci pakaian. Pengalaman saya mencuci motherboard ini sangat sering saya lakukan, terutama motherboard keluaran usang yang jarang dibersihkan. Pada dikala dijemur harus di bawah terik matahari yang sangat panas, supaya air yang masuk kebagian terkecil motherboard akan kering. Jemur dan angkatlah jikalau memang motherboard sudah benar-benar kering dan tidak terlihat lagi airnya yang menempel.

2. Harddisk
Membersihkan harddisk ibarat biasa saja dengan memakai kuas ataupun kain dibagian terluarnya saja.

3. CD/DVD Room
Membersihkan perangkat ini ibarat biasa juga dengan memakai kuas dan juga kain di bab terluarnya saja. Apabila membersihkan bab dalamnya harap dilakukan dengan sangat hati-hati jangan hingga mengenai atau mengotori optiknya.

4. Ram
DIbersihkan dengan memakai kuas saja. Sampai benar-benar terlihat bersih.

5. Power Supply
Dibersihkan dengan memakai kompresor, supaya debu-debu yang berada didalamnya hilang.

Itulah beberapa cara membersihkan perangkat PC ( Hardware ). Intinya jikalau membersihkan perangkat-perangkat di atas harus dilakukan dengan sebaik mungkin hingga memang benar-benar terlihat bersih. Kalau perlu basuh semuanya, Kecuali : Hardisk, CD/DVD Room, Power Supply. 
Mencuci sanggup dengan memakai sikat gigi dan sikat baju, dengan memakai sabun juga tidak apa-apa. Sering-seringlah membersihkan perangkat di atas, alasannya yakni itu merupakan kompenen utama perangkat komputer.

Sekian artikel singkat mengenai Cara Membersihkan Perangkat PC semoga sanggup bermanfaat.

Sumber http://www.gudangilmukomputer.com