Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ 20 Pengertian Kebijakan Publik Berdasarkan Para Hebat (Bahas Lengkap)

Konten [Tampil]

20 Pengertian Kebijakan Publik Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan ihwal kebijakan publik. Yang mana klarifikasi ini berdasarkan pendapat para hebat dengan pernyataan yang tentunya berbeda satu sama lainnya. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan secama.



20 Pengertian Kebijakan Publik Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)


Mari kita bahas pengertian kebijakan publik dengan sangat lengkap.


Pengertian Kebijakan Publik Menurut Para Ahli


Berikut ini yaitu definisi dari kebijakan publik berdasarkan ahlinya.


1. Easton (1969)


Pengertian kebijakan publik berdasarkan Easton yaitu pengalokasian nilai-nilai kekuasaan untuk seluruh masyarakat yang keberadaannya mengikat


2. Thomas R. Dye (1981)


Pengertian kebijakan publik berdasarkan Thomas R. Dye yaitu adalah sebagai apa yang tidak dilakukan maupun apa yang dilakukan oleh pemerintah.


3. Chandler dan Plano (1988)


Pengertian kebijakan publik berdasarkan Chandler dan Plano yaitu pemanfaatan yang strategis terhadap sumber daya sumber daya yang ada untuk memecahkan masalah-masalah publik atau pemerintah.


4. Jonnes (1977)


Pengertian kebijakan publik berdasarkan Jonnes yaitu suatu kelanjutan kegiatan pemerintah di masa kemudian dengan hanya mengubahnya sedikit demi sedikit.


5. Anderson (1975)


Pengertian kebijakan publik berdasarkan Anderson yaitu kebijakan-kebijakan yang dibangun oleh badan-badan dan pejabat-pejabat pemerintah.


6. Chief J. O. Udoji (1981)


Pengertian kebijakan publik berdasarkan Chief J.O Udoji yaitu An sanctioned of action addressed to a particular problem or group of related problems that affect society at large. Artinya yaitu suatu tindakana bersanksi yang mengarah pada suatu tujuan tertentu yang diarahkan pada suatu perkara atau sekelompok perkara tertentu yang saling berkaitan yang mensugesti sebagaian besar warga masyarakat.


7. Erward


Pengertian kebijakan publik berdasarkan Edward yaitu What governmernt say and do, or do not do. It is the goals or purposes of governments programs. Artinya apa yang dinyatakan dan dilakukan atau tidak dilakukan oleh pemerintah termasuk kebijakan publik.


8. Woll (1966)


Pengertian kebijakan publik berdasarkan Woll yaitu sejumlah kegiatan pemerintah untuk memecahkan perkara di masyarakat, baik secara pribadi maupun melalui banyak sekali forum yang mensugesti kehidupan masyarakat.


9. W.N. Dunn


Pengertian kebijakan publik berdasarkan W.N. Dunn yaitu suatu daftar tidakan yang saling bekerjasama yang disusun oleh instansi atau pejabat pemerintah antara lain dalam bidang pertahanan, kesehatan, pendidikan, kesejahteraan, pengendalian kriminalitas, dan pembangunan perkotaan.


10. Irfan Islami


Pengertian kebijakan publik berdasarkan Irfan Islami yaitu serangkaian tindakan yang ditetapkan dan dilaksanakan atau tidak dilaksanakan oleh pemerintah yang mempunyai tujuan atau berorientasi pada tujuan tertentu, demi kepentingan selurh masyarakat.


11. Thomas Dye


Pengertian kebijakan publik berdasarkan Thomas Dye yaitu segala sesuatu yang dikerjakan atau tidak dikerjakan oleh pemerintah, mengapa suatu kebijakan harus dilakukan dan apakah manfaat bagi kehidupan bersama harus menjadi pertimbangan yang holistik biar kebijakan tersebut mengandung manfaat yang besar bagi warganya dan berdampak kecil dan sebaliknya tidak menimbulkan dilema yang merugin, walaupun demikian niscaya ada yang diuntungkan dan ada yang dirugikan, disinilah letakanya pemerintah harus bijaksana dalam memutuskan suatu kebijakan.


12. Robert Eyestone


Pengertian kebijakan publik berdasarkan Robert Eyestone yaitu hubungan suatu unit pemerintah dengan lingkungannya.


13. Sulaiman (1988:5)


Pengertian kebijakan publik berdasarkan Sulaiman yaitu sebagai kebijakan negara/pemerintah yaitu kebijakan yang dikembangkan oleh badan-badan atau forum dan pejabat pemerintah.


14. Bill Jenkins


Pengertian kebijakan publik berdasarkan Bill Jenkins yaitu suatu keputusan berdasarkan hubungan kegiatan yang dilakukan oleh pemain drama politik guna memilih tujuan dan menerima hasil berdasarkan pertimbangan situasi tertentu


15. G. Peters


Pengertian kebijakan publik berdasarkan G.Peters yaitu sejumlah sebuah kegiatan pemerintah, baik yang dikerjakan sendiri atau melalui suatu forum lain yang akan mensugesti dalam kehidupan masyarakat


16. Carl Friedrich


Pengertian kebijakan publik berdasarkan Carl Friedrich yaitu sebuah ajuan arah tindakan atau sebuah kebijakan yang diajukan oleh seseorang, kelompok atau sebuah pemerintah biar untuk mengatasi suatu kendala atau untuk memanfaatkan sebuah kesempatan pada sebuah lingkungan tertentu dalam rangka untuk mencapai suatu tujuan atau sanggup merealisasikan suatu sasaran.


17. Henz Eulau dan Kenneth Previt


Pengertian kebijakan publik berdasarkan Henz Eulau dan Kenneth Previt yaitu sebagai suatu keputusan yang tetap dan yang ditandai oleh kelakuan yang bekerjasama dan berulang-ulang pada mereka yang menciptakan sebuah kebijakan dan yang melaksanakannya.


18. Amara Raksasataya


Pengertian kebijakan publik berdasarkan Amara Raksasataya yaitu sebuah rangkaian suatu tindakan yang saling berhubungan.


 Pengertian Kebijakan Publik Menurut Para Ahli  √ 20 Pengertian Kebijakan Publik Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)


19. Wikipedia


Pengertian kebijakan publik berdasarkan Wikipedia yaitu kebijakan-kebijakan yang dibentuk oleh pemerintah sebagai pembuat kebijakan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu di masyarakat dimana dalam penyusunannya melalui banyak sekali tahapan.


20. Leo Agustino (2008:7)


Pengertian kebijakan publik berdasarkan Leo Agustino yaitu serangkaian tindakan/kegiatan yang diusulkan oleh seseorang kelompok atau pemerintah dalam suatu lingkungan tertentu dimana terdapat hambatan-hambatan (kesulitan) dan kemungkinan-kemungkinan (kesempatan) dimana kebijakan tersebut diusulkan biar mempunyai kegunaan dalam mengatasinya untuk mencapai tujuan yang dimaksud.


Demikianlah telah dijelaskan ihwal 20 Pengertian Kebijakan Publik Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) semoga sanggup menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id