Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ 13 Pengertian Arsip Berdasarkan Para Mahir Terlengkap

Konten [Tampil]

13 Pengertian Arsip Menurut Para Ahli Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal Arsip. Yang mana klarifikasi ini berdasarkan pendapat para mahir dengan masing-masing pernyataan perihal pengertian Arsip. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan secama.



13 Pengertian Arsip Menurut Para Ahli Terlengkap


Mari kita bahas pengertian arsip berdasarkan para mahir dengan secama


Pengertian Arsip Menurut Para Ahli


Beginilah para mahir menyatakan arsip itu apa berdasarkan hasil riset dan pengalamannya.


1. Sularso Mulyono


Pengertian arsip berdasarkan Sularso Mulyono yakni penempatan kertas-kertas dalam tempat penyimpanan yang baik berdasarkan hukum yang telah ditentukan terlebi dahulu sedemikian rupa sehingga setiap kertas apabila dibutuhkan sanggup ditemukan kembali dengan gampang dan cepat.


2. The Liang Gie


Pengertian arsip berdasarkan The Liang Gie yakni suatu kumpulan warkat yang disimpan secara sistematis alasannya yakni mempunyai suatu kegunaan biar setiap kali dibutuhkan sanggup secara cepat ditemukan kembali.


3. Kamus Adminstrasi Perkantoran


Pengertian arsip berdasarkan Kamus Administrasi Perkantoran yakni kumpulan warkat yang disimppan secara teratur berencana alasannya yakni mmepunyai suatu kegunaan biar setiap kali dibutuhkan sanggup cepat ditemukan kembali


4. Wursanto


Pengertian arsip berdasarkan Wursanto yakni salah satu produk pekerjaan kantor (Office Work).


5. Undang-Undang No.43 Tahun 2009 perihal kearsipan pasal 1 angka 2.


Pengertian arsip berdasarkan Undang-Undang No.43 Tahun 2009 yakni rekaman kegitan atau insiden dalam bentuk banyak sekali dan diterima oleh forum negara, pemerintah daerah, forum pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan, dan perseorangan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.


6. Dr. Basir Barthos dalam buku Manajemen Kearsipan


Pengertian arsip berdasarkan Dr. Basir Barhos yakni setiap catatan tertulis baik dalam bentuk gambar ataupun skema yang memuat keterangan keterangan mengenai sesuatu obyek (pokok, persoalan) ataupun peristiwa.


7. Agus Sugiarto (2005:5)


Pengertian arsip berdasarkan Agus Sugiarto yakni kumpulan dokumen yang disimpan secara teratur berencana alasannya yakni mempunyai suatu kegunaan biar setiap kali dibutuhkan sanggup cepat ditemukan kembali.


8. Hadi Abubakar (1996:8-9)


Pengertian arsip berdasarkan Hadi Abubakar yakni Arsip dalam bahasa Indonesia berasal dari bahasa Yunani yakni “arche” yang mempunyai arti permulaan. Dalam beberapa waktu, arche menjelma “ta archia” Dalam hal ini ta archia memilii arti sebagai catatan. Selanjutnya ta arcia berubah lagi menjadi “archeon” yang berarti gedung pemerintahan.


9. Maulana (1974:18)


Pengertian kearsipan berdasarkan Maulana yakni suatu metode atau cara yang direncanakan dan dipergunakan untuk menyimpan, pemeliharaan arsip bagi individu maupun umum dengan menggunakan indeks yang sudah ditentukan, biasanya untuk keperluan filling ini dipergunakan lemari, laci cabinet dari materi baja tahan karat atau dari kayu yang terkunci, jauh dari ancaman yang tidak diinginkan.


10. Drs. Ig. Wursanto (1989:2)


Pengertian kearsipan berdasarkan Drs Ig. Wursanto yakni acara pengurusan atau pengaturan arsip dengan mempergunakan suatu sistem tertentu sehingga arsip-arsip sanggup ditemukan kembali dengan gampang dan cepat apabila sewaktu-waktu diperlukan.


11. Ensiklopedia Administrasi


Pengertian kearsipan berdasarkan Ensiklopedia Administrasi adalah:



  • Penyimpanan warkat (filing) yakni suatu bentuk pekerjaan tata perjuangan yang berupa penyusunan warkat-warkat secara sistematis sehingga bila dibutuhkan lagi warkat-warkat itu sanggup ditemukan kembali secara cepat.

  • Sistem penyimpanan warkat (filing sistem) yakni suatu rangkaian tata cara yang teratur berdasarkan sesuatu aliran untuk menyusun warkat-warkat sehingga bila dibutuhkan lagi warkat-warkat itu sanggup ditemukan kembali secara cepat.


12. Suraja (2006:33)


Pengertian arsip berdasarkan Suraja yakni naskah atau catatan yang dibentuk dan diterima oleh organisasi pemerintah, swasta dan perorangan mengenai suatu insiden atau hak dalam kehidupannya, dan dalam corak apapu, baik tunggal maupun berkelompok, yang memilki fungsi tertentu, dan disimpan secara sistematis, sehingga bila dibutuhkan dapa disediakan dengan gampang dan cepat. Arsip yakni suatu kumpulan warkat yang mempunyai kegunaan dan disimpan dengan sistemasis sehingga dikala diperllukan informasinya sanggup ditemukan kembali dengan cepat dan tepat.


 Pengertian Arsip Menurut Para Ahli Terlengkap √ 13 Pengertian Arsip Menurut Para Ahli Terlengkap


13. Maulana dalam Wursanto (1991:18)


Pengertian arsip berdasarkan Maulana yakni goresan pena yang sanggup menunjukkan keterangan perihal kejadian-kejadian dan pelaksanaan organisasi, yang lalu sanggup berwujud berupa surat-menyurat, data-data (bahan-bahan yang sanggup memberi keterangan) berupa barang cetakan, kartu-kartu, sheets dan buku catatan yang berisi koresponden, Peraturan Pemerintah dan lain sebagainya yang diterima dan dibentuk sendiri oleh setiap lembaga, baik pemerintah maupun swasta, kecil atau besar.


Demikianlah telah dijelaskan perihal 13 Pengertian Arsip Menurut Para Ahli Terlengkap semoga sanggup menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id