Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ingin Semua Dosa Dihapus? Bacalah Lafadz Istighfar Astagfirullah Pada Waktu Ini...!!!

Konten [Tampil]
Sungguh insan tidak akan pernah luput dari dosa Ingin Semua Dosa Dihapus? Bacalah Lafadz Istighfar Astagfirullah Pada Waktu Ini...!!!



Bacaan istighfar astaghfirullahSungguh insan tidak akan pernah luput dari dosa, dan hanya lafaz Astaghfirullahal'aziim lah yang selayaknya di ucap. "& mohonlah ampunan terhadap Allah; Sesunguhnya Allah maha pengampun lagi maha penyayang (QS. Al Muzzammil : 20). 


Saat setan menolak sujud kepada Nabi Adam, maka semenjak ketika itulah setan bersumpah untuk menarik hati manusia, menyesatkan pada gelimang dosa & kekufuran. Hati insan yang gampang tergodalah yang menjadi sasaran rayuan setan. Lalu setiap dosa yang terjadi apa penghapusnya? hari ini bakal mengulas keajaiban zikir astaghfirullah tersebut...

Baca Juga : Syarat doa semoga cepat terkabul

Manusia sering kali berlomba-lomba untuk memperoleh pahala, tetapi pada ketika yang sama dengan cara tidak sadar mereka pun sudah memperoleh dosa juga. Mereka shalat tetapi ia ria, mereka berinfak tetapi mereka arogan. 

Pahala yang susah payah didapat terhapus dengan mudahnya oleh bujukan setan untuk berbangga hati, merasa tinggi & melupakan dosa. Bahkan sebegitu mudahnya insan melaksanakan dosa, hingga asuh aswad yang turun dalam keadaan yang lebih putih dari susu pun menjadi hitam lantaran dosa-dosa yang dilakukan oleh keturunan Nabi Adam. 

Ya, memohon ampunan terhadap Allah yang haruslah kita lakukan. Tak sempat ada yang tahu seberapa banyak dosa yang kita perbuat. Tapi mengapa kau melupakan atau membatasi beristighfar ? Bahkan Rasulullah SAW yang sudah dijamin ampunan bagi dosa yang kemudian & yang tidak pernah berhenti beristighfar. Beliau bersabda "Wahai umat manusia, taubatlah (beristighfar) terhadap Allah lantaran saya rutin bertaubat kepada-Nya dalam sehari 100 kali." (HR.Muslim), itulah manfaat lafadz astaghfirullah.

Bahkan di simpulan hayatnya ketika bersandar pada Siti Aisyah RA, Rasul tak lupa mengucap "Ya Allah ampunilah aku,  kasihilah saya & kumpulkanlah saya bersama orang-orang yang Saleh." (HR. Bukhari). Kita sebagai insan biasa apakah layak buat kita berleha-leha meremehkan kewajiban memohon ampunannya? Dosa yang selalu menciptakan jiwa selalu gelisah & menciptakan hidup kita tidak tenang. Maka damaikan hati dengan istighfar, meminta maghfirah atau pertolongan dari kejelekan dosa. Sebaik-baiknya istighfar yaitu sayyidul istighfar, tergolong didalamnya makna taubat & penyerahan diri sepenuhnya terhadap Allah SWT.

Ibnu Taymiyah membahas bahwa dalam sayyidul Istighfar ini terdapat pengakuan-pengakuan besar, mengakui Allah sebagai pencipta yang Esa, hanya Allah yang berhak untuk disembah, mengaku tunduk sebagai hamba dengan ikatan kesepakatan untuk mentaati perintah & menjauhi larangannya. Sampai mengakui nikmat-nikmat Allah & mengakui banyaknya dosa-dosa & memohon ampun.

Sebuah hadits yang mengikuti ihwal Sayyidul Istighfar ini, sungguh mengatakan keutamaannya. Disebutkan bahwa siapapun yang mengucapkannya pada siang hari & meyakininya, kemudian ia mati pada hari itu sebelum waktu sore, maka ia yaitu penghuni surga. Begitu juga apabila seseorang mengucapkannya pada malam hari dengan yakin & ia mati sebelum waktu pagi tiba, maka nirwana sudah dipesan untuknya. Masya Allah.

Sungguh sayang amat disayang, Istighfar terkadang hanya berupa ucapan mulut tanpa mengakui dalam hati & berjanji tidak diulangi. Maka Istighfar yang tepat yaitu Istighfar yang diiringi dengan taubat. 


Cara dosa dihapus Allah

Taubat yang benar-benar taubat yaitu taubat nasuha. Yaitu kembalinya seorang hamba terhadap Allah dari dosa yang sempat dilakukannya, baik dengan sengaja atau lantaran ketidak tahuannya, dengan jujur, nrimo & disertai ketaatan yang membawa seorang hamba mencapai kedudukan para wali Allah yang muttaqin. Ketaatan tersebut menjadi pelindung terhadap beliau dari Setan. 

Taubat nasuha haruslah diikuti oleh penyesalan sungguh-sungguh atas dosa yang dilakukan, juga aspirasi berpengaruh untuk tidak mengulangi dosa tersebut. Apabila lakukanan dosa berkaitan dengan hak orang lain, maka wajib baginya untuk mengembalikan hak tersebut & minta maaf. Apabila dilakukan dengan kesungguhan maka Insya Allah, dosa kita akan terhapuskan.

Perbanyaklah membaca bacaan istighfar astaghfirullah & mohon ampunan kepada sang khalik, lantaran Rasulullah SAW bersabda "Barang siapa meniru Istighfar, pasti Allah membagikan jalan keluar bagi setiap kekecewaannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya & rizki dari arah yang tidak disangka-sangka." (HR. Ahmad)


Baca Juga : Subhanallah, inilah 7 golongan orang yang hanya di doa kan malaikat
Sumber http://www.faktakah.com