Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Download 2 Pola Makalah Perihal Pendidikan (.Docx)

Konten [Tampil]
Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat tiba di blog . Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan Contoh 2 Makalah perihal Pendidikan. Makalah Pendidikan yang pertama berjudul Dampak Globalisasi Terhadap Pendidikan, sedangkan makalah pendidikan yang kedua berjudul Pendidikan Dalam Perspektif Filosofis yang sanggup anda d0wnl0ad dengan format word (.docx)

 Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan  √ Download 2 Contoh Makalah perihal Pendidikan (.docx)
Preview Makalah Pendidikan (1) : Dampak Globalisasi Terhadap Pendidikan

BAB I

PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang

Globalisasi ialah suatu proses tatanan masyarakat yang populer diseluruh dunia dan tidak mengenal batas wilayah. Globalisasi pada hakikatnya ialah suatu proses dari gagasan yang dimunculkan, kemudian ditawarkan untuk diikuti oleh bangsa lain yang hasilnya hingga pada suatu titik kesepakatan bersama dan menjadi pedoman bersama bagi bangsa-bangsa di seluruh dunia (Edison A. Jamli, 2005). Proses globalisasi berlangsung melalui dua dimensi, yaitu dimensi ruang dan waktu. Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan menyerupai bidang ideologi, politik, ekonomi, dan terutama pada bidang pendidikan. Teknologi informasi dan komunikasi ialah faktor pendukung utama dalam globalisasi. Dewasa ini, teknologi informasi dan komunikasi berkembang pesat dengan banyak sekali bentuk dan kepentingan sanggup tersebar luas ke seluruh dunia. Oleh lantaran itu globalisasi tidak sanggup dihindari kehadirannya, terutama dalam bidang pendidikan.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang disertai dengan semakin kencangnya arus globalisasi dunia membawa dampak tersendiri bagi dunia pendidikan. Banyak sekolah di indonesia dalam beberapa tahun belakangan ini mulai melaksanakan globalisasi dalam sistem pendidikan internal sekolah. Hal ini terlihat pada sekolah – sekolah yang dikenal dengan billingual school, dengan diterapkannya bahasa aneh menyerupai bahasa Inggris dan bahasa Mandarin sebagai mata latih wajib sekolah. Selain itu banyak sekali jenjang pendidikan mulai dari sekolah menengah hingga perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang membuka aktivitas kelas internasional. Globalisasi pendidikan dilakukan untuk menjawab kebutuhan pasar akan tenaga kerja berkualitas yang semakin ketat. Dengan globalisasi pendidikan diharapkan tenaga kerja Indonesia sanggup bersaing di pasar dunia. Apalagi dengan akan diterapkannya perdagangan bebas, contohnya dalam lingkup negara-negara ASEAN, mau tidak mau dunia pendidikan di Indonesia harus menghasilkan lulusan yang siap kerja semoga tidak menjadi “budak” di negeri sendiri.

Persaingan untuk membuat negara yang besar lengan berkuasa terutama di bidang ekonomi, sehingga sanggup masuk dalam jajaran raksasa ekonomi dunia tentu saja sangat membutuhkan kombinasi antara kemampuan otak yang mumpuni disertai dengan keterampilan daya cipta yang tinggi. Salah satu kuncinya ialah globalisasi pendidikan yang dipadukan dengan kekayaan budaya bangsa Indonesia. Selain itu hendaknya peningkatan kualitas pendidikan hendaknya selaras dengan kondisi masyarakat Indonesia ketika ini. Tidak sanggup kita pungkiri bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yang berada di bawah garis kemiskinan. Dalam hal ini, untuk sanggup menikmati pendidikan dengan kualitas yang baik tadi tentu saja memerlukan biaya yang cukup besar. Tentu saja hal ini menjadi salah satu penyebab globalisasi pendidikan belum dirasakan oleh semua kalangan masyarakat. Sebagai pola untuk sanggup menikmati aktivitas kelas Internasional di perguruan tinggi terkemuka di tanah air diharapkan dana lebih dari 50 juta. Alhasil hal tersebut hanya sanggup dinikmati golongan kelas atas yang mapan. Dengan kata lain yang maju semakin maju, dan golongan yang terpinggirkan akan semakin terpinggirkan dan karam dalam arus globalisasi yang semakin kencang yang sanggup menyeret mereka dalam jurang kemiskinan. Masyarakat kelas atas menyekolahkan anaknya di sekolah – sekolah glamor di ketika masyarakat golongan ekonomi lemah harus bersusah payah bahkan untuk sekedar menyekolahkan anak mereka di sekolah biasa. Ketimpangan ini sanggup memicu kecemburuan yang berpotensi menjadi konflik sosial. Peningkatan kualitas pendidikan yang sudah tercapai akan sia-sia bila gejolak sosial dalam masyarakat akhir ketimpangan lantaran kemiskinan dan ketidakadilan tidak diredam dari sekarang.

1.2  Rumusan Masalah
Secara umum, rumusan masalah  pada makalah “Dampak Globalisasi Terhadap Pendidikan” ini sanggup dirumuskan menyerupai pada pertanyaan berikut.
a.       Apa dampak dari globalisasi untuk  dunia pendidikan?
b.      Penyebab buruknya pendidikan di kala globalisasi?   
c.       Cara penyesuan pendidikan di Indonesia pada kala globalisasi?

1.3  Tujuan
1.  Bagi Penulis
Makalah ini disusun untuk memenuhi kiprah yang diberikan dosen dalam mata kuliah pengantar pendidikan. Selain itu, bagi diri kami pribadi makalah ini juga diharapkan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan yang lebih bagi mahasiswa, baik dalam lingkup universitas negeri malang maupun di civitas akademika yang lain.
2.   Bagi Pembaca
Makalah ini dimaksudkan untuk membahas dampak globalisasi terhadap dunia pendidikan dan menambah ilmu pengetahuan mengenai globalisasi. Para pembaca yang mayoritas dari kaula mahasiswa bisa digunakan untuk langkah menuju ke pengetahuan yang lebih luas, sehingga kedepannya tercipta sdm-sdm yang unggul.
3.   Bagi Masyarakat
Diharapkan masyarakat bisa lebih memahami perihal arti penting globalisasi sehingga dampak negatif yang berimbas bisa leih diperkecil. Dan juga diharapkan semoga realisasi kegiatan positif terhadap adanya pendidikan semakin lebih baik.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Pengaruh  Globalisasi terhadap dunia Pendidikan
Perkembangan dunia pendidikan di Indonesia tidak sanggup dilepaskan dari dampak perkembangan globalisasi, di mana ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat. Era pasar bebas juga merupakan tantangan bagi dunia pendidikan Indonesia, lantaran terbuka peluang forum pendidikan dan tenaga pendidik dari mancanegara masuk ke Indonesia. Untuk menghadapi pasar global maka kebijakan pendidikan nasional harus sanggup meningkatkan mutu pendidikan, baik akademik maupun non-akademik, dan memperbaiki administrasi pendidikan semoga lebih produktif dan efisien serta memperlihatkan jalan masuk seluas-luasnya bagi masyarakat untuk mendapat pendidikan.
          Ketidaksiapan bangsa kita dalam mencetak SDM yang berkualitas dan bermoral yang dipersiapkan untuk terlibat dan berkiprah dalam kancah globalisasi, mengakibatkan dampak positif dan negatif dari dari dampak globalisasi dalam pendidikan dijelaskan dalam poin-poin berikut:

1.      Dampak Positif Globalisasi Terhadap Dunia Pendidikan Indonesia
    
Pengajaran Interaktif Multimedia
                Kemajuan teknologi akhir pesatnya arus globalisasi, merubah pola pengajaran pada dunia pendidikan. Pengajaran yang bersifat klasikal berkembang menjadi pengajaran yang berbasis teknologi gres menyerupai internet dan computer. Apabila dulu, guru menulis dengan sebatang kapur, sesekali membuat gambar sederhana atau memakai suara-suara dan sarana sederhana lainnya untuk mengkomunikasikan pengetahuan dan informasi. Sekarang sudah ada computer. Sehingga tulisan, film, suara, music, gambar hidup, sanggup digabungkan menjadi suatu proses komunikasi.


Preview Makalah Pendidikan (2) : Pendidikan Dalam Perspektif Filosofis

BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Pendidikan ialah upayamengembangkan potensi-potensi manusiawi penerima didik baik potensi fisikpotensi cipta, rasa, maupun karsanya, semoga potensi itu menjadi kasatmata dan dapatberfungsi dalam perjalanan hidupnya. Dasar pendidikan ialah cita-citakemanusiaan universal. Pendidikan bertujuan menyiapkan pribadi dalam keseimbangan, kesatuan. organis, harmonis, dinamis. guna mencapai tujuan hidup kemanusiaan. Filsafat pendidikan ialah filsafat yang digunakan dalam studi mengenai masalah-masalah pendidikan.
Tujuan filsafat pendidikan memperlihatkan ilham bagaimana mengorganisasikan proses pembelajaran yang ideal. Teori pendidikan bertujuan menghasilkan pemikiran perihal kebijakan dan prinsip-rinsip pendidikan yang didasari oleh filsafat pendidikan. Praktik pendidikan atau proses pendidikan menerapkan serangkaian kegiatan berupa implementasi kurikulum dan interaksi antara guru dengan penerima didik guna mencapai tujuan pendidikan dengan memakai rambu-rambu dari teori-teori pendidikan.  
B.     Rumusan Masalah
1.      Apakah pengertian dari filsafat?
2.      Apakah pengertian dari filsafat pendidikan?
3.      Bagaimana kekerabatan antara filsafat dengan filsafat pendidikan?
4.      Bagaimana pandangan filsafat perihal pendidikan?

C.    Tujuan Penulisan
1.      Untuk mengetahui pengertian dari filsafat.
2.      Untuk mengetahui pengertian dari filsafat pendidikan.
3.      Untuk mengetahui adanya kekerabatan antara filsafat dengan filsafat pendidikan.
4.      Untuk mengetahui bagaimana pandangan filsafat perihal pendidikan.

BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Filsafat dan Filsafat Pendidikan
1.      Pengertian Filsafat
Katafilsafat atau falsafat, berasal dari bahasa Yunani, dari kata philos, yang berarti cinta, senang, suka, dan kata sophia, yang berarti pengetahuan, hikmah, dan kebijaksanaan.
Menurut Hasan Shadini dalam Jalaludin (1997:9), filsafat ialah cinta kepada ilmu pengetahuan atau kebenaran, suka kepada nasihat dan kebijaksanaan.
Menurut Imam Barnadib dalam Jalaludin (1997:9), filsafat sebagai pandangan yang menyeluruh dan sistematis.
Jadi filsafat sanggup diartikan sebagai cara berfikir atau pandangan yang sistematis, menyeluruh, dan mendasar perihal suatu kebenaran.
 
2.      Pengertian Filsafat Pendidikan
Menurut Al Syaibani dalam Jalaludin (1997:13), filsafat pendidikan ialah aktifitas pikiran yang
teratur yang menjadikan filsafat tersebut sebagai cara untuk mengatur, dan menyelaraskan proses pendidikan. Artinya, bahwa filsafat pendidikan sanggup menjelaskan nilai-nilai dan maklumat-maklumat yang diupayakan untuk mencapainya, maka filsafat pendidikan dan pengalaman kemanusian merupakan faktor yang integral atau satu kesatuan. Sementara itu, filsafat juga didefinisikan sebagai pelaksana pandangan falsafah dan kaidah falsafah dalam bidang pendidikan, falsafah tersebut menggambarkan satu aspek dari aspek-aspek pelaksana falsafah umum dan menitik beratkan kepada pelaksanaan prinsip-prinsip dan kepercayaan yang menjadi dasar dari filsafat umum dalam upaya memecahkan persoalan-persoalan pendidikan secara praktis.

Menurut John Dewey dalam Jalaludin (1997:13 ), filsafat pendidikan merupakan suatu pembentukan kemampuan dasar yang fundamental, baik yang menyangkut daya pikir (intekektual) maupun daya perasaan (emosional), menuju kearah watak manusia, maka filsafat sanggup juga diartikan sebagai teori umum pendidikan.

3.      Hubungan Filsafat dengan Filsafat Pendidikan
Dalam banyak sekali bidang ilmu sering kita dengar istilah vertikal dan horisontal. Istilah ini juga akan terdengar pada cabang filsafat bahkan filsafat pendidikan.
Antara filsafat dan pendidikan terdapat kekerabatan horisontal, meluas kesamping yaitu kekerabatan antara cabang disiplin ilmu yang satu dengan yang lain yang berbeda-beda, sehingga merupakan synthesa yang merupakan terapan ilmu pada bidang kehidupan yaitu ilmu filsafat pada pembiasaan problema-problema pendidikan dan pengajaran. Filsafat pendidikan dengan demikian merupakan pola-pola pemikiran atau pendekatan filosofis terhadap permasalahan bidang pendidikan dan pengajaran.
Adapun filsafat pendidikan memperlihatkan kekerabatan vertikal, naik ke atas atau turun ke bawah dengan cabang-cabang ilmu pendidikan yang lain, menyerupai pengantar pendidikan, sejarah pendidikan, teori pendidikan, perbandingan pendidikan dan puncaknya filsafat pendidikan. Hubungan vertikal antara disiplin ilmu tertentu adalah kekerabatan tingkat penguasaan atau keahlian dan pendalaman atas rumpun ilmu pengetahuan yang sejenis.
Maka dari itu, filsafat pendidikan sebagai salah satu bukan satu-satunya ilmu terapan ialah cabang ilmu pengetahuan yang memusatkan perhatiannya pada penerapan pendekatan filosofis pada bidang pendidikan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan hidup dan penghidupan insan pada umumnya dan insan yang berpredikat pendidik atau guru pada khususnya.
Dalam buku filsafat pendidikan karangan Prof. Jalaludin dan Drs. Abdullah Idi mengemukakan bahwa Jhon S. Brubachen menyampaikan kekerabatan antara filsafat dan pendidikan sangat erat sekali antara yang satu dengan yang lainnya. Kuatnya kekerabatan tersebut disebabkan lantaran kedua disiplin tersebut menghadapi problema-problema filsafat secara bersama-sama.
Hubungan fungsional antara filsafat dan teori pendidikan, yaitu sebagai berikut :
a.       Filsafat,  dalam arti filosofis merupakan satu cara pendekatan yang digunakan dalam memecahkan proplematika pendidikan dan menyusun teori-teori pendidikan oleh para ahli.
b.      Filsafat, berfungsi member arah bagi teori pendidikan yang telah ada berdasarkan aliran filsafat tertentu yang mempunyai relevansi dengan kehidupan yang nyata.
c.       Filsafat, dalam hal ini filsafat pendidikan, mempunyai fungsi untuk memperlihatkan petunjuk dan arah dalam pengembangan teori-teori pendidikan menjadi ilmu pendidikan (paedagogik).
 


Download Makalah Pendidikan (1) : Dampak Globalisasi Terhadap Pendidikan (.docx)
Download Makalah Pendidikan (2) : PendidikanDalam Perspektif Filosofis (.docx)
Sumber http://artikelmateri.blogspot.com