Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Distribusi Frekuensi : Pengertian, Rumus Dan Teladan Tabelnya Lengkap

Pengertian, Rumus dan Tabel Distribusi Frekuensi



Distribusi Frekuensi – Hasil pengukuran dalam hal apapun biasanya disebut dengan data mentah. Besar dari hasil pengukuran yang didapatkan biasanya bervariasi. Bila diperhatikan lagi data mentah tersebut, akan sulit mengambil kesimpulan yang berarti. Untuk mendapat citra yang baik ihwal data tersebut, maka data mentah itu harus diolah terlebih dahulu.


 Teknik Pembuatan Tabel Distribusi Frekuensi √ Distribusi Frekuensi : Pengertian, Rumus dan Contoh Tabelnya Lengkap


Ketika kita dihadapkan pada sekumpulan data yang jumlahnya banyak, maka hal itu akan membantu dalam mengatur merangkum data dengan menciptakan tabel yang isinya daftar nilai data yang mungkin berbeda. Baik secara individu maupun berkelompok. Mungkin saja berbeda dengan frekuensi yang sesuai, yang sanggup mewakili beberapa nilai yang terjadi. Daftar dari sebaran nilai data dinamakan dengan daftar frekuensi atau sebaran frekuensi. Yang disebut juga dengan distribusi frekuensi.


Maka dari itu distribusi frekuensi ialah daftar nilai suatu data baik data individual maupun data yang telah dikelompokkan, yang disertai dengan nilai frekuensi yang sesuai. Pengelompokan data pada beberapa kelas bertujuan biar ciri penting dari data tersebut sanggup dilihat. Daftar frekuensi tersebut akan memberi citra yang khas mengenai keberagaman data. Sifat keragaman data penting untuk diketahui, sebab dalam pengujian statistik berikutnya harus memerhatikan sifat keragaman data. Dengan tidak memerhatikan keragaman data, secara umum penarikan kesimpulannya tidak sah.


Contoh tabel daftar nilai ujian mata kuliah statistik


 


79           49           48           74           81           98           87           80


80           84           90           70           91           93           82           78


70           71           92           38           56           81           74           73


68           72           85           51           65           93           83           86


90           35           83           73           74           43           86           88


92           93           76           71           90           72           67           75


80           91           61           72           97           91           88           81


70           74           99           95           80           59           71           77


63           60           83           82           60           67           89           63


76           63           88           70           66           88           79           75


 


Untuk menarik kesimpulan dari data tersebut tentu sangatlah sulit. Secara sepintas anda tidak sanggup memilih berapa nilai ujian yang terkecil atau terbesar. Anda juga belum mengetahui dengan tepat, berapa nilai ujian yang paling banyak atau berapa jumlah mahasiswa yang mendapat nilai tertentu. Sehingga anda harus mengolah datanya lebih dahulu untuk sanggup memberi citra atau keterangan yang lebih baik.


Anda sanggup membandingkan dengan tabel yang telah disusun pada sebuah daftar frekuensi. Tabel 2a merupakan daftar frekuensi dari sebuah data tunggal, sedangkan tabel 2b ialah daftar frekuensi yang disusun dari sebuah data yang telah dikelompokkan di kelas yang sesuai dengan selangnya. Kita sanggup mendapat informasi atau karakteristik dari sebuah data nilai ujian mahasiswa.


Tabel 2a


 


No          Nilai Ujian            Frekuensi


xi             fi


1              35           1


2              36           0


3              37           0


4              38           1


:               :               :


16           70           4


17           71           3


:               :               1


42           98           1


43           99           1


Total      80


 


Dari tabel 2a tersebut anda juga sanggup mengetahui ada sekitar 80 mahasiswa yang mengikuti ujian, dengan nilai ujian yang terkecil ialah 35. Dan nilai tertingginya ialah 90. Sedangkan untuk nilai 70 ialah nilai yang paling banyak diperoleh oleh mahasiswa, yaitu sekitar 4 orang. Tidak ada satu mahasiswa pun yang mendapat nilai 36, dan hanya ada 1 mahasiswa yang mendapat nilai 35.


Tabel 2b


 


















































Kelas ke-Nilai UjianFrekuensi fi
131 – 402
241 – 503
351 – 605
461 – 7013
571 – 8024
681 – 9021
791 – 10012
Jumlah80

 


Tabel 2b ialah sebuah daftar frekuensi dari data yang telah dikelompokkan. Daftar ini ialah daftar frekuensi yang paling serig digunakan. Kita sering mengelompokkan data pola ke dalam beberapa selang, untuk mendapat citra yang paling baik ihwal karakteristik data. Dari data itu anda juga sanggup mengetahui mahasiswa yang mengikuti ujian ada 80 orang. Selang kelas nilai yang paling banyak diperoleh ialah 71-80. Yaitu sekitar 24 orang mahasiswa. Tetapi cara ini sanggup menciptakan kehilangan identitas dari data yang asli. Contohnya kita mengetahui ada 2 orang yang mendapat nilai 31-40. Tetapi kita tak tahu persis ada berapa nilai dari kedua mahasiswa itu, apakah 31,32 atau 36.


Tabel 3


 




































































Kelas ke-Selang

Nilai Ujian
Batas KelasNilai Kelas

(xi)
Frekuensi

(fi)
131 – 4030.5 – 40.535.52
241 – 5040.5 – 50.545.53
351 – 6050.5 – 60.555.55
461 – 7060.5 – 70.565.513
571 – 8070.5 – 80.575.524
681 – 9080.5 – 90.585.521
791 – 10090.5 – 100.595.512
Jumlah80

 


Berikut ini beberapa istilah yang harus dipahami dalam menyusun sebuah daftar frekuensi.


 


Range : Selisih diantara nilai yang paling tinggi dan paling rendah, pada pola range di atas yaitu 99 – 35 = 64.


 


Batas bawah kelas : Nilai paling kecil yang ada di suatu kelas.


 


Batas atas kelas : Nilai yang paling besar yang ada di dalam kelas.


 


Batas kelas : Nilai yang digunakan untuk memisahkan antar kelas, tetapi tanpa adanya jarak diantara batas kelas dengan batas bawah kelas yang berikutnya. Batas kelas selalu dinyatakan dengan jumlah digit satu desimal yang lebih banyak, daripada data pengamatan asalnya. Hal itu dilakukan untuk menjamin adanya nilai pengamatan yang jatuh, sempurna di batas kelasnya. Sehingga menghindarkan keraguan pada sebuah kelas yang mana yang datanya harus ditempatkan.


 


Panjang/lebar antar kelas : Selisih diantara dua nilai batas bawah kelas yang berurutan atau selisih diantara dua nila batas atas kelas, yang berurutan. Atau selisih diantara nilai yang paling besar dan paling kecil, batas kelas bagi kelas tersebut.


 


Nilai tengah kelas : Nilai kelas ialah nilai tengah dari kelas yang bersangkutan, yang didapatkan dengan formula ½ yaitu batas atas kelas dan batas bawah kelas. Nilai yang dijadikan pewakil dari selang kelas tertentu, dengan perhitungan analisis statistik yang selanjutnya.


 


Banyak kelas : Total atau jumlah kelas.


 


Frekuensi kelas : Banyaknya tragedi atau nilai yang muncul di selang kelas tertentu. Contoh di kelas I frekuensinya ialah 2. Nilai frekuensinya = 2 sebab pada selang diantara 30,5-40,5 hanya ada 2 angka yang muncul yaitu nilai 31 dan 38.


 


Teknik Pembuatan Tabel Distribusi Frekuensi


Distribusi frekuensi dibentuk dengan alasan berikut :



  1. Sekumpulan data yang besar dan sanggup diringkas.

  2. Kita sanggup mendapat citra ihwal karakteristik data.

  3. Merupakan dasar di dalam pembuatan grafik yang penting contohnya histogram.


Ada banyaknya software atau teknologi komputasi, yang sanggup digunakan dalam menciptakan tabel daftar frekuensi dengan cara otomatis. Langkah-langkah dalam menyusun distribusi frekuensi yaitu :



  1. Mengurutkan data, biasanya diurutkan dari data yang paling kecil. Tujuannya biar range data sanggup diketahui dan dipermudah dengan cara menghitung frekuensi dari setiap kelas.

  2. Menentukan range. Range = nilai maksimun – nilai minimum.

  3. Menentukan banyak kelas yang diinginkan. Tidak usah terlalu banyak atau terlalu sedikit. Kisarannya antara 5-20. Tergantung dari banyak dan sebaran datanya. Banyak kelas = 1 + 3.3 log n, dimana n = banyaknya data

  4. Menentukan panjang atau lebar kelas interval. Panjang kelas (p) = [rentang]/[banyak kelas].

  5. Menentukan nilai ujung bawah kelas pada interval pertama.


Dalam menyusun sebuah distribusi frekuensi pastikan dahulu kelas tidak tumpang tindih biar nilai pengamatan masuk sempurna di dalam satu kelas. Pastikan juga tak ada data pengamatan yang tertinggal, atau tak sanggup dimasukan ke dalam kelas tertentu. Anda sanggup mencoba memakai lebar yang sama pada semua kelas. Walaupun terkadang tak mungkin menghindari interval yang terbuka, contohnya ” ≥ 91 ” (91 atau lebih). Karena mungkin juga ada kelas tertentu yang tidak mempunyai frekuensi nol.


Distribusi Frekuensi Relatif Kumulatif


Variasi yang penting dari sebuah distribusi frekuensi dasar ialah memakai nilai frekuensi relatif, yang disusun dengan cara membagi frekuensi pada setiap kelas dengan total seluruh frekuensi yang ada dengan banyaknya data. Sebuah distribusi frekuensi yang relatif meliputi beberapa batas kelas yang sama dengan TDF, namun frekuensi yang digunakan bukan frekuensi aktual. Melainkan frekuensi relatif. Frekuensi relatif ini terkadang dinyatakan dalam persen.


Frekuensi relatif =  Teknik Pembuatan Tabel Distribusi Frekuensi √ Distribusi Frekuensi : Pengertian, Rumus dan Contoh Tabelnya Lengkap


Contoh: frekuensi relatif kelas ke-1:


fi = 2; n = 80


Frekuensi relatif = 2/80 x 100% = 2.5%


 


Kelas ke-              Nilai Ujian            Frekuensi relatif (%)


1                             31 – 40  2.50


2                              41 – 50  3.75


3                              51 – 60  6.25


4                              61 – 70  16.25


5                              71 – 80  30.00


6                              81 – 90  26.25


7                              91 – 100 15.00


Jumlah  100.00


 


Distribusi Frekuensi Kumulatif


Variasi lainnya dari sebuah distribusi frekuensi standar ialah frekuensi kumulatif. Frekuensi kumulatif pada suatu kelas ialah nilai frekuensi untuk kelas tersebut yang ditambah dengan jumlah frekuensi pada seluruh kelas yang sebelumnya.


 









































Nilai UjianFrekuensi kumulatif kurang dari
kurang dari 30.50
kurang dari 40.52
kurang dari 50.55
kurang dari 60.510
kurang dari 70.523
kurang dari 80.547
kurang dari 90.568
kurang dari 100.580

 





































Nilai UjianFrekuensi kumulatif kurang dari
kurang dari 412
kurang dari 515
kurang dari 6110
kurang dari 7123
kurang dari 8147
kurang dari 9168
kurang dari 10180

 


Histogram


Histogram ialah pecahan dari grafik batang yang dimana skala horisontalnya mewakili beberapa nilai data kelas, dan skala vertikal yang mewakili nilai frekuensinya. Tinggi batangnya sesuai dengan nilai frekuensi, batang satu dengan yang lainnya saling berdempetan. Dan tak ada jarak atau gap diantara batang.


 Teknik Pembuatan Tabel Distribusi Frekuensi √ Distribusi Frekuensi : Pengertian, Rumus dan Contoh Tabelnya Lengkap


Poligon Frekuensi


Poligon frekuensi memakai segmen garis yang terhubung pada titik yang terletak sempurna di atas beberapa nilai titik tengah kelas. Ketinggian dari beberapa titik yang sesuai dengan frekuensi kelas, serta segmen garis yang diperluas ke kanan dan kiri sehingga grafik akan dimulai dan berakhir pada sumbu horisontal.


 Teknik Pembuatan Tabel Distribusi Frekuensi √ Distribusi Frekuensi : Pengertian, Rumus dan Contoh Tabelnya Lengkap


Ogive


Ogive merupakan grafik garis yang menggambarkan frekuensi kumulatif, menyerupai daftar distribusi frekuensi kumulatif. Beberapa batas kelas dihubungkan oleh segmen garis yang dimulai dari batas bawah kelas pertama, dan berakhir di batas kelas terakhir. Ogive berkhasiat untuk memilih jumlah nilai yang ada di bawah nilai tertentu.


 Teknik Pembuatan Tabel Distribusi Frekuensi √ Distribusi Frekuensi : Pengertian, Rumus dan Contoh Tabelnya Lengkap


Itulah pembahasan mengenai distribusi frekuensi secara lengkap. Semoga sanggup dipahami dan bermanfaat.


Baca Juga :




Sumber aciknadzirah.blogspot.com