Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pengertian Negara Federal Dan Ciri-Ciri Negara Federal (Lengkap)

Konten [Tampil]

Pengertian Negara Federal dan Ciri-ciri Negara Federal (Lengkap) – Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai negara federal. Apa itu negara federal ? kita akan mengetahuinya didalam pembahasan artikel kali ini.


Pengertian Negara Federal dan Ciri-ciri Negara Federal (Lengkap)


Untuk itu kita mulai saja pembahasan kali ini perihal negara federal. Sehingga sanggup memperlihatkan gosip bagi yang ingin mengetahui mengenai artikel yang akan dibahas kali ini. Untuk itu kita mulai saja pembahasannya dan akan diberikan klarifikasi mengenai artikel kali ini mari sama-sama kita simak artikel berikut ini.


Pengertian Negara Federal


Negara federal atau juga federal state berdasarkan C.F. Strong cukup sulit untuk sanggup dirumuskan alasannya negara federal yaitu konsep yang digabungkan diantara negara kesatuan dan juga negara konfederasi. Hal tersebut menurutnya sebuah konsep yang saling bertentangan tetapi bergabung menjadi apa yang disebut juga sebagai negara federal. Tetapi pada pelaksanaannya bahwa penyelenggaraan kedaulatan yang keluar dari negara-negara serpihan yang seluruhnya diserahkan kepada pemerintah federal sedangkan kedaulatan kedalam yang dibatasi.


Sedangkan berdasarkan K.C. Wheare pengertian dari negara federal yaitu negara yang dimana kekuasaan dibagi dengan sedemikian rupa sehingga pemerintah federal dan juga pemerintah negara serpihan dalam pada bidang-bidang tertentu bebas satu sama lainnya.


Ciri-Ciri Negara Federal


Didalam sebuah negara federal mempunyai ciri-ciri yang harus  memenuhi beberapa syarat dan juga memenuhi definisi dari suatu negara federal itu sendiri. Untuk sanggup mengetahuinya mari kita lanjutkan pembahasan kali ini.


Menurut C.F Strong untuk sanggup membentuk suatu negara federal membutuhkan dua syarat antara lain.



  1. Adanya perasaan sebangsa antara kesatuan dari politik yang hendak membentuk federasi tersebut.

  2. Keinginan pada suatu kesatuan politik yang ingin mengadakan federasi semoga sanggup mengadakan ikatan terbatas. Hal ini yang tentu saja mengakibatkan syarat yang penting dari terbentuknya suatu negara federal. Apabila suatu persatuan yang dikehendaki yaitu kedaulatan maka yang terbentuk yaitu negara kesatuan bukan negara federal.


 Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai negara federal √ Pengertian Negara Federal dan Ciri-ciri Negara Federal (Lengkap)


Sedangkan berdasarkan R. Kranenburg pengertian negara federal yaitu yang sanggup membedakannya dengan negara kesatuan yaitu sebuah negara yang sanggup meliputi dua ciri-ciri sebagai berikut.



  1. Negara dari suatu serpihan federasi mempunyai pouvoir constituant ataupun wewenang didalam pembentukan undang-undang dasar dan juga wewenang untuk sanggup membentuk undang-undang dasar sendiri dan juga wewenang untuk sanggup mengatur negara kesatuan organisasi dari bagian-bagian negara yaitu yaitu pemerintah tempat yang secara garis besar sudah ditetapkan oleh pembentukan dari undang-undang terpusat.

  2. Didalam negara federal suatu wewenang yang membentuk undang-undang sentra didalam mengatur hal-hal tertentu yang sudah terperinci satu per satu didalam konstitusi. Sedangkan didalam negara kesatuan wewenang dalam pembentukan undang-undang sentra yang ditetapkan didalam suatu rumusan umum dan juga wewenang pembentukan undang-undang rendahan ataupun lokal yang tergantung kepada tubuh pembentukan dari undang-undang sentra tersebut.


Sekian klarifikasi yang sanggup diberikan mengenai Pengertian Negara Federal dan Ciri-ciri Negara Federal (Lengkap), semoga dengan klarifikasi artikel kali ini sanggup membantu para pembaca untuk mendapat gosip dan juga menambah wawasan dari para pembacanya, semoga bermanfaat 🙂



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id