Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pengertian Biaya Peluang Dan Misalnya Dilengkapi Ciri-Cirinya Secara Umum

Konten [Tampil]

Memahami pengertian biaya peluang, contohnya, dan cirinya yang dibahas secara umum. Sering sekali kita sebagai insan dihadapkan dengan banyak sekali macam pilihan, untuk memenuhi kebutuhan hidup terutama yang bekerjasama dengan ekonomi. Tentunya kita harus mementingkan kebutuhan terpenting atau yang diprioritaskan ketika itu juga, dan secara tidak sadar bahwa ketika menentukan suatu pilihan, itulah yang di maksud dengan biaya peluang.


A. Apa itu biaya peluang?


Dalam hidup ini, tentunya setiap insan selalu dihadapkan dengan banyak sekali macam pilihan, terutama dalam maslah perekonomian. Dalam dunia ekonomi terdapat istilah yang dikenal dengan “Biaya Peluang” atau dalam bahasa Inggris disebut dengan “Opportunity Cost”.


Pengertian biaya peluang yaitu suatu biaya yang muncul akhir dari menentukan sebuah peluang terbaik dari beberapa peluang alternatif yang tersedia. Atau biaya peluang sanggup diartikan sebagai biaya yang harus dikorbankan untuk mendapat suatu pilihan lain.


Biaya peluang sanggup disebut sebagai biaya yang dikorbankan, sehingga biaya ini tidak di ambil dan tidak dipergunakan. Karena alasan dan kondisi tertentu seseorang akan menciptakan suatu pilihan. Biaya peluang muncul sebab di latar belakangi oleh kebutuhan, sebab kita sebagai insan mempunyai kebutuhan yang banyak maka untuk memenuhinya mengharuskan menentukan dan menentukan mana yang menjadi kebutuhan prioritas, sehingga pilihan iniah yang menjadikan munculnya biaya peluang. Baca Juga: Pengertian Kebutuhan Manusia dan Macamnya atau Jenisnya.


 Sering sekali kita sebagai insan dihadapkan dengan banyak sekali macam pilihan √ Pengertian Biaya Peluang dan Contohnya Dilengkapi Ciri-Cirinya Secara Umum

Gambar: pxhere.com


B. Ciri-Ciri Biaya Peluang


Berikut ini ciri dari biaya peluang, yang diantaranya:



  • Biaya peluang sanggup berupa keuntungan, waktu, kebahagiaan dan lain-lain. Sehingga Perhitungan terhadap biaya peluang tidak selalu bekerjasama dengan uang.

  • Saat mengambil keputusannya tergantung terhadap situasi dan tujuannya dari seseorang

  • Umumnya biaya peluang bekerjasama dengan kebutuhan sekunder dan tersier.


C. Beberapa Contoh Biaya Peluang


Berikut ini beberapa pola biaya peluang yang ada di kehidupan sehari-hari kita, diantaranya:


Ayah mempunyai uang Rp. 7.000.000, dan ayah berpeluang untuk berwisata ke dufan bersama keluarga atau dengan uang segitu aya sanggup membeli laptop untuk mendukung pekerjaaanya. Jika ayah tetapkan untuk membeli laptop maka ayah akan kehilangan peluang untuk berwisata ke dufan bersama keluarga. jadi biaya peluangnya yaitu berwisata ke dufan bersama keluarga sebab ayah kehilangan kesempatan tersebut kalau tetapkan untuk membeli laptop.


Setelah lulus sekolah Andi mendapat dua ajuan pekerjaan, yaitu bekerja di dalam kota dengan honor sebesar Rp. 4.500.000 dan bekerja di luar kota dengan honor Rp. 6.000.000. Jika Andi mengambil keputusan untuk bekerja di luar kota dengan honor sebesar Rp. Rp. 6.600.000 maka Andi harus mengorbankan peluang bekerja di dalam kota yang jaraknya tidak terlalu jauh dari rumahnya dengan honor sebesar Rp. 4.500.000.  Maka sanggup disimpulkan biaya peluang Andi yaitu bekerja di Dalam kota yang berjarak tidak terlalu jauh dari rumahnya dengan honor Rp. 4.500.000.


Wahyu mempunyai uang sebesar Rp. 200.000.000, uang tersebut cukup untuk membeli sebuah kendaraan beroda empat untuk pergi ke kantor atau membangun sebuah rumah untuk daerah tinggalnya. Karena Wahyu tetapkan untuk menciptakan rumah untuk daerah tinggalnya, maka beliau akan kehilangan peluang membeli sebuah kendaraan beroda empat yang sanggup digunakannya untuk berangkat ke kantor. Maka disini peluang biayanya yaitu kehilangan membeli sebuah mobil.


D. Kesimpulan Pembahasan


Dari pembahasan di atas sanggup di simpulkan bahwa pengertian biaya peluang yaitu suatu biaya yang muncul akhir dari menentukan sebuah peluang terbaik dari beberapa peluang alternatif yang tersedia.


Ciri-ciri dari biaya peluang,yaitu: 1). Perhitungan terhadap biaya peluang tidak selalu bekerjasama dengan uang; 2). Saat mengambil keputusannya tergantung terhadap situasi dan tujuan; 3). Umumnya biaya peluang bekerjasama dengan kebutuhan sekunder dan tersier.


Demikian pembahasan wacana arti biaya peluang secara umum, agar sanggup di pahami dan bermanfaat dalam menambah ilmu pengetahuan kamu, kalau terdapat kesalahan dalam kata-kata mohon di maafkan, cukup sekian dan terimakasih.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com