Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pengertian Aktivitas Kerja Dan Tahapan Penyusunannya Yang Perlu Di Ketahui

Konten [Tampil]

Berikut ini pengertian kegiatan kerja yang menjadi komponen penting bagi organisasi dalam mencapai tujuannya. Di dalam sebuah organisasi perusahaan atau lainnya, terdapat kegiatan kerja yang dimana kegiatan ini telah di susun sedemikian rupa untuk dilaksanakan, sehingga membantu organisasi dalam mencapai tujuan utamanya. Dengan adanya kegiatan kerja maka setiap anggota atau tim yang melaksanakan pekerjaan sanggup bekerja secara lebih efektif dan terstruktur. Untuk memahaminya silahkan baca penjelasannya lebih lanjut di goresan pena ini.


A. Apa pengertian kegiatan kerja?


Yang dimaksud Program Kerja ialah susunan planning kegiatan kerja yang sudah di rancang dan telah disepakati bersama untuk dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu. Program kerja harus dibentuk secara terarah, lantaran akan menjadi pegangan organisasi dalam mencapai tujuannya. Selain itu kegiatan kerja juga sanggup menjadi tolak ukur dalam pencapaian sasaran dikala melaksanakan pekerjaan, dan balasannya akan di penilaian pada masa final kepengurusan.


B. Tujuan dan Manfaat Perencanaan Program Kerja


a. Tujuan umum kegiatan kerja


1. Membantu Pencapaian visi dan misi


Jika kegiatan kerja dilaksanakan secara baik maka organisasi akan menjadi efektif dalam menjalakan kegiatannya, sehingga sanggup membantu dalam mencapai tujuan organisasi tersebut. Memang kepengurusan dalam organisasi mempunyai jangka waktu tertentu, sering bergonta-ganti kepengurusan dan tujuannya tidak sanggup tercapai dalam waktu yang dekat, tapi dengan kegiatan kerja yang dilaksanakan dengan baik maka akan mendekatkan organisasi tersebut kepada tujuan utamanya.


2. Membantu menjawab kebutuhan organisasi


Program kerja yang terjadwal dan sempurna akan menunjukkan solusi bagi semua dilema yang dihadapi oleh organisasi, baik itu dilema yang datangnya dari dalam maupun dari luar organisasi. Sehingga organisasi sanggup menciptakan seni administrasi yang sempurna untuk memecahkan dilema sehingga targetnya sanggup tercapai.


3. Membantu organisasi bekerja secara sistematis dan terstruktur


Dengan kegiatan kerja yang baik, maka sanggup membantu setiap anggota pada organisasi bekerja secara sistematis dan terstruktur, sehingga kinerja organisasi sanggup meningkat. Baca juga: Pengertian Organisasi dan Unsur-Unsurnya Lengkap.


 yang menjadi komponen penting bagi organisasi dalam mencapai tujuannya √ Pengertian Program Kerja dan Tahapan Penyusunannya Yang Perlu di Ketahui

gambar: pixabay.com


b. Manfaat dari kegiatan kerja


1. Memunculkan rasa kebersamaan di dalam organisasi


Setiap anggota organisasi akan mempunyai rasa kebersamaan dalam melaksanakan kegiatannya. Karena perencanaan kegiatan kerja telah di sepakati bersama, sehingga tujuan organisasi menjadi tujuan bersama juga.


2. Memunculkan rasa tanggung jawab terhadap kiprah masing-masing


Dengan kegiatan kerja yang telah di sepakati bersama, maka setiap anggota pada organisasi akan mempunyai rasa tanggung jawab terhadap tugasnya masing-masing. Dengan setiap anggota mempunyai rasa tanggung jawab maka sanggup membantu organisasi dalam mencapai tujuannya.


3. Citra baik organisasi semakin baik


Pihak yang berada di luar organisasi menyerupai masyarakat, akan melihat bahwa organisasi tersebut bekerja secara efektif, terstruktur, dan berperilaku baik dalam menjalankan tugasnya, sehingga menciptakan gambaran organisasi tersebut semakin baik.


C. Jenis-Jenis Program Kerja


Berikut ini jenis kegiatan kerja yang di bagi menjadi beberapa bagian, diantaranya:


a. Berdasarkan dari waktu perencanaannya



  1. Untuk satu periode kepengurusan – Berdasarkan jangka waktu ini maka rapat kerja umumnya hanya di lakukan satu kali saja, kemudian melaksanakan penilaian maupun koordinasi terhadap program-program kerja yang sudah di jalankan.

  2. Untuk satu waktu tertentu – Dalam kurun waktu ini biasanya rapat kerja dilakukan beberapa kali elama satu periode kepengurusan, jangka waktu tersebut bisa triwulan, caturwulan, dan lain-lain.


b. Berdasarkan sifat kegiatan kerja pada organisasi



  1. Sifatnya  kontinyu / terus menerus

  2. Sifatnya secara mendadak.

  3. Sifatnya yang diadaptasi dengan kondisi yang akan datang.


c. Berdasarkan sasaran atau tujuan targetnya



  1. Dibuat menurut jangka waktu yang panjang.

  2. Dibuat menurut jangka waktu yang pendek.


D. Tahapan Penyusunan Program Kerja


Berikut ini tahapan dan hal-hal yang harus di perhatikan dikala menyusun suatu kegiatan kerja, diantaranya:


1. Analisis


Melakukan analisa dan mendiskusikan bersama terhadap  hal-hal yang dianggap penting, sehingga perlu di utamakan dalam menciptakan kegiatan kerja yang nantinya akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan organisasi.


2. Ide dasar


Menentukan inspirasi dasar untuk kegiatan kerja yang akan di susun. Dalam mendiskusikan maupun merumuskan inspirasi untuk kegiatan kerja harus sesuai dengan apa yang ditemukan dalam diskusi dan berafiliasi dengan dilema yang ditemukan.


3. Tujuan


Merupakan tujuan yang akan di wujudkan melalui kegiatan kerja yang di susun. Tujuan ini harus sesuai dengan inspirasi dasar yang di tentukan dan harus realistis sesuai dengan dilema yang dihadapi dan harus di pecahkan.


4. Subyek Sasaran


Maksudnya menentukan subyek yang menjadi sasaran dari kegiatan kerja yang dirancang. Dalam menentukan subyek, yang perlu di perhatikan yaitu kemampuan yang dimilikinya supaya kegiatan kerja yang di susun sanggup terealisasi dengan baik dan efektif.


5. Ukuran Keberhasilan


Merupakan indikator yang nantinya menjadi penilaian apa kegiatan kerja telah berhasil atau belum. Dalam membuatnya harus dicantumkan cara memperoleh indikator tersebut, contohnya dengan cara kuesioner, pengamatan, wawancara, dll.


6. Menetukan model, metode, dan materi


Maksudnya menetukan  jenis model, metode, dan bahan kegiatan-kegiatan yang akan dipakai untuk melaksanakan kegiatan kerja yang telah di susun.


7. Tempat dan Waktu


Menentukan kawasan dan waktu yang sempurna dalam melaksanakan kegiatan kerja tersebut. Karena dengan mentukan kawasan dan waktu yang sempurna maka sanggup menunjukkan kelancaran dalam menjalankan kegiatan kerja.


8. Tim Pelaksana


Penting sekali menentukan tim pelaksanaan dalam menjalankan kegiatan kerja. Ketika menentukan tim pelaksanaan harus memperhitungkan secara sempurna tenaga anggota yang ada pada organisasi. Dengan menentukan tim pelaksana maka organisasi akan terhindar dari penumpukan kiprah atau kiprah pada anggota tertentu, dan setiap tim sanggup fokus terhadap kiprah dan tanggung jawabnya masing-masing. Baca juga: Pengertian Struktur Organisasi dan Fungsinya.


D. Kesimpulan


Dari uraian di atas maka sanggup di simpulkan bahwa pengertian program Kerja yaitu susunan planning kegiatan kerja yang sudah di rancang untuk dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu.


Tujuan dari kegiatan kerja secara umum yaitu: 1). Membantu Pencapaian visi dan misi suatu organisasi; 2). Membantu menjawab kebutuhan organisasi; 3). Membantu organisasi bekerja lebih sistematis dan terstruktur;


Demikian goresan pena yang menjelaskan perihal arti kegiatan kerja, biar sanggup kau pahami. Jika terdapat kesalahan mohon maaf, terimakasih.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com