Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menggerikan! Ditemukan Planet Raksasa Milik Alien Jauh Dari Bumi

Konten [Tampil]
- Planet alien raksasaDitemukan planet raksasa berukuran 8 kali jupiter. planet raksasa ialah planet yang sering disebut jovian (planet yang menerima julukan si badan raksasa). Astronom kembali menemukan planet raksasa ajaib milik alien. Tapi temuan kali ini cukup istimewa, alasannya planet ajaib ini berada pada posisi terjauh dari planet ajaib yang sudah ditemukan astronom.


lanet raksasa ialah planet yang sering disebut jovian  MENGGERIKAN! Ditemukan Planet Raksasa Milik Alien Jauh dari Bumi
foto planet raksasa
Ditemukan planet raksasa ini memang masih dalam Galaksi Bima Sakti, posisinya ditemukan pada ring pertama dari sentra Galaksi Bima Sakti. Baca juga: 5 Planet Yang Bisa Ditempati Manusia Jika Kiamat Terjadi


Planet Raksasa Milik Alien Jauh dari Bumi

Dikutip dari Space.com, Kamis 16 April 2015, penemuan planet raksasa alien terjauh ini merupakan planet yang disebut bola gas raksasa berjarak lebih dari 13 ribu tahun cahaya dari bumi.

"Kami tak mengetahui kalau planet lebih umum di 'tonjolan' pusat, atau piringan galaksi kita. Inilah, kenapa pengamatan ini sangat penting," ujar Jennifer Yee, astronom dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics, dalam pernyataan resminya tentang planet alien raksasa.

Planet yang dijuluki planet raksasa oleh teleskop Spitzer milik Badan Antariksa Nasional AS (NASA) menemukan planet itu dengan teknik mikrolensing. Teleskop itu juga menerima pertolongan dari teleksop di bumi yakni Polish Optical Gravitational Lensing Experiment (OGLE) Warsaw Telescope pada akomodasi Las Campanas Observatory di Chile. Planet berukuran raksasa berukuran berukuran 8 kali jupiter.

Teknik mikrolensing mendeteksi planet alien dengan mengambil momentum, ketika satu bintang lewat di depan pengamat, dalam konteks ini ialah teleskop di bumi, atau di antariksa.

Saat bintang lewat, gravitasi bintang akan memperbesar cahaya bintang yang berada di belakangnya. Aksi ini seakan-akan dengan lensa. Selama pembesaran itu, planet dari bintang itu akan membuat 'titik sinar'.

Tantangannya, yaitu menangkap seberapa jauh bintang yang lebih bersahabat dari Bumi.

Mikrolensing cenderung memperbesar bintang yang berada di belakang, tetapi biasanya bintang di depan terlihat pengamat.

Untuk mengatasi tantangan ini, Teleskop Spitzer dibantu dengan OGLE, yang secara rutin menyelidiki mikrolensing.
lanet raksasa ialah planet yang sering disebut jovian  MENGGERIKAN! Ditemukan Planet Raksasa Milik Alien Jauh dari Bumi
Posisi planet raksasa alien berdasarkan (www.space.com)
Dalam temuan planet ajaib terjauh itu, Teleskop Spitzer melihat 'titik sinar' pada perbesaran sekitar 20 hari sebelum OGLE. Dengan membandingkan delay antara apa dilihat Spitzer dan OGLE, astronom sanggup menghitung jarak planet tersebut dari bumi. Usai mengetahui jarak tersebut, astronom bisa memperkirakan massa planet ajaib itu, yang setengah dari Planet Jupiter.

Selama ini, teknik mikrolensing telah berkontribusi atas inovasi 30 planet asing.

Temuan ini ialah yang pertama bagi Spitzer bisamenemukan planet dengan teknik mikrolensing. Keberhasilan ini, sehabis teleskop NASA itu melaksanakan upaya selama 22 kali dengan OGLE dan teleskop darat lainnya.

Namun, astronom masih akan memanfaatkan Spitzer pada 120 perjuangan mikrolensing sepanjang trend panas tahun ini. Penemuan planet raksasa alien terus dilakukan penelitian lebih lanjut guna memastikan kebenaran ada alien disana.

Nah itulah planet yang menerima julukan planet raksasa yang sering diberi sebutan planet raksasa jovian.

Baca Juga: Tornado Raksasa di Matahari Ini Dapat Menampung 7 Bumi Sekaligus!

Sumber http://www.faktakah.com