Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gawat..! Jikalau Bintang Raksasa Meledak, Akankah Bumi Ikut Hancur?

Konten [Tampil]
Efek Hancurnya Bintang Raksasa Terhadap Bumi Gawat..! Jika Bintang Raksasa Meledak, Akankah Bumi Ikut Hancur?

Efek Hancurnya Bintang Raksasa Terhadap Bumi

- Bintang raksasa meledakJika matahari sebagai sentra tata surya kita meledak, tentu saja kehidupan bumi akan musnah. Namun apa yang bisa terjadi dikala bintang raksasa meledak? Akankah bumi juga akan hancur?

Ilmuwan dari NASA dan Scientific Amerika melaporkan kalau dikala ini bintang Eta Carinae tengah memasuki masa supernova alias kolaps dan meledak jawaban kehabisan materi bakarnya. Nah, saking besarnya bintang tersebut, ledakan Eta Carinae diprediksi oleh ilmuwan bisa mengakhiri kehidupan di bumi.

Baca Juga: MENGGERIKAN! Ditemukan Planet Raksasa Milik Alien Jauh dari Bumi

"Bintang itu (Eta Carinae) sudah menemui ajalnya, dan cahayanya yang bisa membawa kematian massal bisa mengarah ke bumi dikala ini," ujar Scientific Amerika, Daily Mail (19/12).

Bagaimana tidak, Eta Carinae memiliki bobot sekitar 90 kali dari bobot matahari kita! Selain itu, Eta Carinae yang kerap disebut 'bintang kematian' oleh para ilmuwan itu berada pada jarak yang cukup 'dekat' dari bumi, adalah 7500 tahun cahaya.

Ledakan dari Eta Carinae sanggup melontarkan semburan sinar gamma (GRB) paling berpengaruh yang ada di galaksi Bima Sakti. Semburan sinar gamma tersebut sanggup merusak lapisan ozon bumi.


Efek Hancurnya Bintang Raksasa Terhadap Bumi Gawat..! Jika Bintang Raksasa Meledak, Akankah Bumi Ikut Hancur?

Nah, pada dikala lapisan ozon bumi hilang maka tidak ada lagi tameng yang melindungi insan dan makhluk hidup lain dari sinar matahari yang sanggup memanggang kulit dalam seketika. Belum lagi paparan radiasi yang sanggup memicu kanker kulit massal.

Akan tetapi, seorang fisikawan berjulukan Dr. Alan Duffy menyampaikan kalau ledakan tersebut hampir tidak mungkin menghancurkan kehidupan di bumi. Sebab, ledakan Eta Carinae diklaim tidak mengarah ke bumi dan jarak bumi ke bintang raksasa itu dianggapnya masih cukup jauh dan bulan sebagai pelndung bumi akan terkena terlebih dahulu.

Lalu, mana yang benar? Kita tunggu saja penelitian ilmuan berikutnya. Nah itulah artikel mengenai bintang raksasa meledak yang akan berdampak jelek ke bumi.

Baca juga: Penemuan Tulang Paha Alien Di Mars

Sumber http://www.faktakah.com