Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pengertian Hipo (Hierarky Input Proses Output) Berdasarkan Jogiyanto (2005A:787)

Konten [Tampil]
Dibawah ini adalah Pengertian HIPO (Hierarky Input Proses Output) Menurut Jogiyanto (2005a:787), pada bukunya yang berjudul "Jogiyanto. 2005. Analisis Dan Desain. Yogyakarta: Andi Offset". Berikut kutipannya ;


Menurut Jogiyanto (2005a:787) mengemukakan “metodologi yang dikembangkan dan didukung oleh IBM. HIPO bahu-membahu yaitu alat dokumentasi program. Akan tetapi kini HIPO juga banyak dipakai sebagai alat desain dan teknik dokumentasi dalam siklus perkembangan sistem. HIPO berbasis pada fungsi, yaitu tiap-tiap modul didalam sistem digambarkan oleh fungsi utamanya.


2. Tingkatan Dalam HIPO
Menurut Jogiyanto (2005a:788) HIPO mengunakan tiga macam diagram untuk masing-masing tingkatannya, yaitu sebagai berikut :

a. Visual Table Of Contens (VTOC)
Diagram ini meggunakan hubungan dari fungsi-fungsi di sistem secara berjenjang.

b. Overview Diagram
Overview diagram memakai secara garis besar hubungan dari input, proses dan output. Bagian input menandakan item-item data yang akan dipakai oleh bab proses. Bagian proses berisi sejumlah langkah-langka yan menggabarkan kerja dari fungsi. Bagian output berisi item-item data yang dihasilkan atau dimodifikasi oleh langkah-langkah proses.


c. Detail diagram
Detail diagram merupakan diagram tingkatan yang paling rendah di diagram HIPO. Diagram ini berisi elemen-elemen dasar dari paket yang meggambarkan seca rinci kerja dari fungsi.

DAFTAR PUSTAKA :
Jogiyanto. 2005. Analisis Dan Desain. Yogyakarta: Andi Offset

BACA JUGA : Pengertian HIPO (Hierarky Input Proses Output) Menurut Puspitawati & Sri Dewi Anggadini


Sumber http://www.hendrisetiawan.com