Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hukum Kesepakatan Nikah Beda Agama Berdasarkan Al-Qur'an, Halal Atau Haram?

Konten [Tampil]
akhir ini banyak kabar mengenai ijab kabul beda agama Hukum Pernikahan Beda Agama Menurut Al-qur'an, Halal Atau Haram?
Kontroversi ijab kabul beda agama. Akhir-akhir ini banyak kabar mengenai ijab kabul beda agama, adapun alasan orang melaksanakan ijab kabul beda agama entah unutk apa, dan kita sebagai Muslim mungkin bakal bertanya mengenai mengenai ijab kabul beda agama dalam pandangan Islam.

Pasti saja ijab kabul beda agama ini menjadi pertimbangan banyak orang Islam, khususnya apabila mereka tinggal di tempat yg secara umum dikuasai penduduk aslinya ialah orang-orang yg memeluk agama agama non Islam, misalnya apabila mereka berada di Tiongkok, Amerika, Russia, Jerman, ataupun bahkan Australia.

Nah yang jadi pertanyaan dasar : apakah pernikahan beda agama diperbolehkan? dan bagaimana pandangan islam wacana ijab kabul beda agama?

Baca Juga : 5 Permintaan Konyol Wanita Yang Mustahil Diwujudkan Pasangannya

Hukum ijab kabul beda agama berdasarkan al-qur'an

Bagaimana pandangan islam wacana ijab kabul beda agama? Bagi umat Islam di luar negeri yg merupakan negara minoritas Muslim, niscaya bakal sangat bimbang untuk melaksanakan ijab kabul beda agama dalam Islam, takut lantaran tidak tahu aturan niscaya dari ijab kabul tersebut. Belum juga dengan banyaknya kabar-kabar yg belum niscaya kebenarannya mengenai ijab kabul beda agama. Namun sesungguhnya, ada suatu aturan yg mengatur ijab kabul beda agama antara dua insan insan yg sama-sama tinggal di dunia ini. Hukum tersebut terbagi menjadi 2 berdasarkan aturan Islam, yaitu:

  1. Pernikahan antara perempuan Islam dengan laki-laki yg memeluk agama non Islam
  2. Pernikahan laki-laki Islam terhadap perempuan yg memiliki kepercayaan di luar Islam



Mengenal Lebih Dalam Mengenai Pernikahan Beda Agama Dalam Perspektif Islam

Kita dikala ini mengenal bahwa ada 2 aturan mengenai ijab kabul beda agama berdasarkan Islam, yaitu antara laki-laki muslim dengan perempuan non-muslim, & perempuan muslim dengan laki-laki non-muslim. Pada kesempatan hari ini, kita bakal mengulas keduanya dengan cara tidak mengecewakan mendalam.


#1. Pernikahan Wanita Muslim Dengan Pria Non-Muslim

Islam amat keras dengan aturan yg mengatur menikahnya perempuan muslim dengan pasangan non-muslim, hingga-sampai dasar aturan ijab kabul dituliskan pada Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 221. Isi artian dari surat tersebut lebih menyatakan mengenai ijab kabul beda agama dalam perspektif Islam untuk para wanita. Dalam surat tersebut, tertulis bahwa janganlah menikahkan orang-orang musyrik dengan perempuan mukmin, paling tidak hingga para orang musyrik tersebut memeliki keimanan yg sama dengan perempuan mukmin yg bakal mereka nikahi. 

Lewat surat tersebut, sudah terang bahwa haram hukumnya bagi seorang perempuan Islam untuk melamar laki-laki yg memeluk kepercayaan bukan Islam.


#2. Pernikahan Pria Muslim Dengan Wanita Non-Muslim

Pandangan Islam mengenai ijab kabul yang berbeda agama untuk laki-laki lebih lengkap lagi, lantaran tetap terbagi menjadi 2 kategori, yaitu kategori menikah dengan pakar kitab & menikah bukan dengan pakar kitab. Berikut klarifikasi lebih mendalamnya:

Baca Juga :  Inilah yang terjadi jikalau memaafkan kekasih yang selingkuh


Pria Beragama Islam Dengan Wanita di bukan Islam Namun Merupakan Pakar Kitab

Hukumnya diperbolehkan dengan surat Al-Maidah ayat 5 sebagai dasar hukumnya. Di surat tersebut dituliskan bahwa halal mengonsumsi makanan dari orang-orang yg mendalami Al Kitab, & halal untuk melamar wanitanya. Al Kitab yg dimaksudkan dalam ayat ini ialah Taurat serta Injil, lantaran keduanya merupakan agama di dunia yg berarti inti ajarannya tidak jauh berbeda dengan pedoman Al-Qur’an.


Pria Beragama Islam Dengan Wanita non islam, dan Tidak Pakar Kitab

Hukumnya haram berdasarkan banyak ulama. Hukum ijab kabul beda agama berdasarkan al-qur'an ialah surat Al-Baqarah ayat 222, dimana tertulis bahwa kita tidak boleh melamar wanita-wanita yg musyrik, paling tidak hingga mereka menganut kepercayaan yg sama dengan sang pria.

Nah, hal tersebut tadi ialah bagamana Islam memandang perbedaan agama dalam suatu pernikahan. Saat ini mereka yg tinggal di negara muslim minoritas tak usah ragu lagi dengan aturan mengenai ijab kabul beda agama dalam perspektif Islam.


Solusi ijab kabul beda agama

Solusi ijab kabul beda agama yaitu "Jangan Menikah Dengannya" lantaran haram!

Baca Juga : Alasan besar mengapa islam melarang pacaran

Nah itulah artikel tentang pernikahan beda agama yang sering terjadi di dunia, ada juga dampak ijab kabul beda agama yang sering dibicarakan orang yang akan menciptakan keluarga tidak harmonis.
Sumber http://www.faktakah.com