Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Mengenal Jenis Virus Yang Sering Menyerang Dalam Budidaya Ikan Lele

Konten [Tampil]

KABARTANI.com – Mengenal Jenis Virus Yang Sering Menyerang Dalam Budidaya Ikan Lele,,Bagi pembudidaya ikan lele niscaya akan merasa galau kalau lele yang dibudidaya terjangkit virus, dan sanggup menciptakan ikan lele yang dibudidaya mati, hal ini niscaya banyak ditakuti oleh para budidaya ikan lele.


Terlebih dahulu kita harus selalu meragukan ikan lele kalau timbul tanda-tanda yang tak biasa maka kita harus lakukan pengecekan apakah lele yang kita pelihara sedang terjangkit virus. Mengenai virus yang sering menyerang ikan lele dalam budidaya ikan lele salah satunganya Virus Channel Catfish atau semacam herpes pada ikan lele.


Biasanya serangan virus Channel catfish atau Virus herpes ini menyerang ikan yang terinfeksi selain itu virus ini juga menyerang ikan yang terlihat lemah.


Ciri-ciri ikan lele yang terjangkit virus ini diantaranya yaitu sebagai berikut :



  • Biasanya lele berenang dengan berputar-putar

  • Ikan lele sering muncul vertikal tegak di permukaan air

  • Bagian sirip dan perut ikan lele terjadi pendarahan.


Faktor pemicu yang menjadikan Virus ini yaitu lele fluktuasi suhu air, degradasi kualitas air dan padat penebaran yang tinggi.


Pengendalian Virus Channel catfish atau Virus herpes pada ikan lele,untuk mencegah serangan virus ini yaitu dengan cara memperbaiki administrasi budidaya, menjaga kebersihan bak dan dukungan pakan yang berkualitas.


Cara Mengobati Ikan Lele Yang Telah Terserang Virus Channel catfish atau Virus herpes yaitu sebagai berikut :



  • Berikan daun pepaya dan mengkudu ke dalam bak yang dipakai untuk budidaya lele

  • Lakukan pergantian daun pepaya dan mengkudu tersebut setiap 2 hari 1 kali.

  • Lakukan Pergantian air dalam bak setiap seminggu 1 kali.

  • Lakukan pergantian air pada bak cukup 50 % saja.


Baca Juga :



Demikianlah sedikit ihwal serangan salah satu virus yang sering menyerang budidaya ikan lele, biar yang sedikit ini sanggup menambah pengetahuan dan manfaat bagi anda yang gemar budidaya ikan lele.




Sumber https://kabartani.com