Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ 9 Anggota Panitia Sembilan Beserta Dengan Tugasnya Lengkap

Konten [Tampil]

Anggota Panitia Sembilan dan Tugasnya



Anggota Panitia Sembilan Beserta dengan Tugasanya Lengkap – Hingga dikala ini, atmosfer sebagai warga negara Indonesia telah kami pelajari ihwal bagaimana proses ini terjadi dengan pembentukan Panitia Sembilan. Apa yang dimaksud dengan Panitia Sembilan?


 Latar Belakang Pembentukan Panitia Sembilan √ 9 Anggota Panitia Sembilan Beserta dengan Tugasnya Lengkap


Panitia Sembilan merupakan sebuah kepanitiaan kecil dimana didalamnya mempunyai kiprah khusus dengan jumlah anggota sembilan orang dalam menyusun rumusan dasar negara indonesia. alasannya ialah intinya negara indonesia ialah salah satu yang mempunyai peranan penting untuk dimiliki oleh bangsa atau negara.


Latar Belakang Pembentukan Panitia Sembilan


Detik-detik final dari persidangan BPUPKI yang mana di ketuai oleh  Dr. Radjiman Widyodiningrat membentuk panitia kecil dengan beranggotakan 8 orang, Ir. Soekarno pada dikala itu di tunjuk sebagai ketua, panitia tersebut di namakan panitia delapan.


Tugas dari panitia ini ialah untuk menilik serta mengklarifikasi dari semua saran, ide, anjuran atau gagasan yang diterima baik itu secara mulut atau secara goresan pena yang mana masih ada kaitannya dengan pembentukan dasar negara Indonesia merdeka, Mulai bekerja kepanitiaan ini pada tanggal 2 juli sampai 9 juli tepatnya pada masa reses BPUPKI.


Pembentukan panitia ini pada dua bulan sebelum diumumkannya proklamasi kemerdekaan atau lebih tepatnya pada tanggal 22 Juni 1945, Panitia sembilan ini di ketuai oleh Ir. Soekarno. Kesemua anggota panitia sembilan secara setuju menunjuk Ir. Soekarno sebagai ketua.


Ini alasannya ialah kepanitiaan ini dengan sengaja di bentuk bertujuan sanggup menuntaskan problem yang masih ada hubungannya dengan dasar negara. Yang menjadi pertanyaan ialah siapa saja nama-nama atau anggota dari panitia sembilan tersebut? Silahkan anda simak selengkapnya dibawah ini.


Anggota Panitia Sembilan


Tugas Panitia Sembilan, Anggota Panitia Sembilan, Latar belakang Panitia Sembilan dan Isi Piagam Jakarta


Panitia sembilan ini mempunyai anggota – anggota diantaranya adalah:



  1. Ir. Soekarno (Ketua)

  2. Drs. Mohammad Hatta (Wakil Ketua)

  3. Mr. Achmad Soebarjo (Anggota)

  4. Mr. Mohammad Yamin (Anggota)

  5. KH. Wachid Hasyim (Anggota)

  6. Abdoel Kahar Moezakir (Anggota)

  7. Abikoesno Tjokrosoejoso (Anggota)

  8. H. Agus Salim (Anggota)

  9. Mr. A.A Andries Maramis (Anggota)


Itulah beberapa nama anggota panitia sembilan, sedangkan untuk kiprah dari Panitia Sembilan ialah sebagai berikut :


Tugas – Tugas Panitia Sembilan


Ada beberapa kiprah dari keanggotaan panitia sembilan, di antaranya ialah :



  1. Bertanggung jawab penuh atas perumusan atau pembentukan dasar negara Indonesia merdeka.

  2. Memberikan usul-usul atau saran baik secara mulut maupun tulisan, disamping itu juga membahas dan merumuskan dasar negara Indonesia merdeka.

  3. Lalu sehabis mengusulkan pendapat mereka juga menampung dari banyak sekali aspirasi ihwal pembentukan dasar negara Indonesia dari banyak sekali tokoh.

  4. Setelah mengusulkan pendapat dan juga menampung aspirasi dari banyak sekali tokoh ihwal pembentukan dasar negara Indonesia merdeka, langkah dan kiprah selanjutnya yaitu meraka harus menyusun sebuah naskah rancangan pembentukan dasar negara Indonesia yang lalu dari Mr Mohammad Yamin di beri nama Piagam Jakarta (Jakarta Charter)


Pada tanggal 22 Juni tahun 1945 panitia sembilan jadinya mendapat hasil rumusan berupa Piagam Jakarta atau lebih dikenal dengan nama Jakarta Charter. Dari Piagam Jakarta inilah yang menjadi asal permintaan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 dengan perubahan sila pertama dengan ber-atas dasarkan beberapa pertimbangan yang ada kaitannya dengan negara kesatuan. Sedangkan untuk isi piagam Jakarta itu sendiri ialah sebagai berikut :



  1. Isi Piagam Jakarta

  2. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk – pemeluknya

  3. Kemanusiaan yang adil dan beradab

  4. Persatuan Indonesia

  5. Kerakyatan yang di pimpin oleh hikmat kecerdikan dalam permusyawaratan perwakilan

  6. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia


Kemudian pada tanggal 1 Juli melaksanakan perancangan Undang-Undang Dasar dengan menyetujukan bahu-membahu isi pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 tersebut akan diambil dari Piagam Jakarta. Lalu selanjutnya Panitia perancang Undang-Undang Dasar membentuk suatu panitia kecil perancang Undang-Undang Dasar yang diketuai oleh Mr Soepomo dan hasil rumusan perancang panitia kecil ini akan dihaluskan oleh jago bahasa.


Demikianlah ulasan yang membahas tentang Anggota Panitia Sembilan Beserta dengan Tugasanya Lengkapini. Semoga dengan adanya pembahasan kali ini kita sanggup mendapat ilmu yang berkhasiat dan juga sanggup menambah wawasan kita semua. Terima kasih sudah membaca ulasan ini.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com