Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Manajer : Pengertian, Tugas, Fungsi Dan Tanggung Jawabnya Lengkap

Konten [Tampil]

Tugas, Fungsi Dan Tanggung Jawab Manajer



Fungsi Manajemen – Tugas manajer ialah beberapa hal yang harus dipahami di dalam sebuah organisasi khususnya di sebuah perusahaan. Tugas dari seorang manajer mempunyai daerah yang khusus di dalam dunia manajemen, yang harus dipahami oleh seluruh pihak. Khususnya orang-orang yang terlibat di dalam proses manajemen. Sederhananya manajer ialah orang yang memanaj atau mengatur proses manajemen. Definisi lainnya dari manajer ialah seseorang yang mempunyai pengalaman, wawasan, dan kemampuan yang baik sehingga disadari oleh organisasi sebagai seseorang yang capable dalam mengarahkan, memimpin, memanage, dan melaksanakan pengembangan pada organisasi dalam mencapai tujuannya.


 Tugas manajer ialah beberapa hal yang harus dipahami di dalam sebuah organisasi khususny √ Manajer : Pengertian, Tugas, Fungsi Dan Tanggung Jawabnya Lengkap


Dengan demikian perlu dipelajari kiprah dan tanggung jawab manajer di dalam proses administrasi untuk lebih memahami, dan melaksanakan proses administrasi dengan baik.


Tugas Manajer


Tugas manajer secara umum baik di kantor maupun perusahaan, pada pada dasarnya sama saja. Karena pada prinsipnya perusahaan merupakan organisasi yang mempunyai tujuan laba. Tugas pokok seorang manajer diantaranya yaitu sebagai berikut :


1. Memimpin organisasi atau perusahaan


Tugas manajer dalam memimpin suatu perusahaan ialah kiprah utama seorang manajer. Terutama di suatu perusahaan, seorang manajer mempunyai kiprah yang berbeda-beda tergantung di mana posisi manajer itu bekerja. Tugas seorang manajer dalam suatu perusahaan dibagi menjadi tiga lini, yaitu lini pertama, menengah dan puncak. Masing-masingnya mempunyai tupoksi yang berbeda-beda. Contohnya manajer perusahaan mempunyai kiprah dalam mengatur taktik pemasaran dan melalui pencapaiannya semakin akrab dengan tujuan dari perusahaan itu sendiri. Manajer produksi juga mempunyai kewajiban dalam mengatur departemen produksi semoga selaras dengan tujuan dari perusahaan. Sama halnya dengan kiprah dari manajer secara umum yang memimpin jalannya proses, dalam administrasi organisasi atau perusahaan yang sesuai dengan posisi dimana mereka berada. Oleh alasannya ialah itu memimpin proses administrasi di dalam suatu organisasi atau perusahaan, ialah kiprah pokok dari seorang manajer.


2. Mengendalikan dan mengatur organisasi atau perusahaan


Tugas seorang manajer selain memimpin ialah memastikan bahwa setiap langkah yang dilaksanakan oleh organisasi atau perusahaan sudah sesuai dengan planning atau tujuan awal dari organisasi. Sehingga kiprah manajer ialah untuk mengatur dan mengendalikan sumberdaya serta proses administrasi di dalam organisasi atau perusahaan semoga efektif dan efisien.


3. Membangun kepercayaan diantara karyawan


Manajer merupakan orang yang memimpin sekelompok orang di bawah komandonya. Sebagai pemimpin dan pelaksana administrasi yang paling tinggi, manajer harus memahami bahwa berjalannya administrasi harus dilaksanakan dengan seni. Misalnya seni dalam berkomunikasi dan membangun kepercayaan antar karyawan khususnya di dalam tim yang sama. Tugas manajer suatu perusahaan harus membangun komunikasi yang baik, dengan bawahannya. Bukan hanya untuk membangun kepercayaan diantara manajer dan karyawannya saja, tapi juga harus bisa membuat perilaku saling percaya antar karyawan yang satu dengan yang lainnya. Hal itu sudah menjadi kiprah manajer yang penting lantaran tidak ada soliditas di dalam tim, di suatu organisasi atau perusahaan sehingga tercapainya tujuan ialah hal yang mustahil.


4. Mengembangkan kualitas organisasi atau perusahaan


Tugas lainnya dari seorang manajer ialah memikirkan bagaimana sebuah organisasi atau perusahaan bisa berkembang. Jika memimpin suatu organisasi laba, maka manajer harus berpikir bagaimana profit dan aset perusahaan bisa meningkat. Dalam organisasi pemerintahan, manajer atau pemimpin harus memikirkan bagaimana peningkatan kesejahteraan rakyat dan contoh lainnya. Tugas manajer juga menjadi tanggung jawab yang besar pada apa yang ia pimpin. Tugas dan tanggung jawab manajer ini juga untuk membuatkan kualitas organisasi atau perusahaan. Bukan hanya dilaksanakan dalam pandangan makro atau luas. Tapi juga harus dilaksanakan dengan membuatkan per individu atau per kelompok. Contohnya kiprah seorang manajer perusahaan di departemen pemasaran untuk meningkatkan kinerja timnya, ialah dengan cara melatih tim taktik pemasaran. Sehingga dengan tim yang mempunyai kemampuan yang khusus, pencapaian tujuan dari suatu perusahaan menjadi lebih gampang tercapai.


5. Mengevaluasi acara organisasi atau perusahaan


Melakukan sebuah penilaian pada sumber daya organisasi atau perusahaan, yang menjadi kiprah pokok dari seorang manajer. Di dalam hal ini manajer harus memahami perencanaan organisasi, hingga bisa melihat penyimpangan yang terjadi. Dari hal tersebut manajer akan mengevaluasi acara organisasi yang dianggap tak sesuai, dengan perencanaan dan tujuan organisasi dan mengarahkan kembali ke langkah yang tepat.


6. Menjadi problem solver bagi setiap permasalahan di perusahaan atau organisasi


Diantara seluruh kiprah manajer, kiprah pokok dari seorang manajer yang tidak kalah pentingnya ialah harus bisa menjadi problen solver dari setiap permasalahan yang dialami oleh organisasi. Bukan hanya bertugas dan berkewajiban dalam mengarahkan dan mengevaluasi tapi juga bisa memberi ide, gagasan, dan solusi terkait dari beberapa informasi yang terjadi di dalam proses organisasi.


Tanggung Jawab Manajer


Bukan hanya mempunyai kiprah utama, tetapi seorang manajer juga mempunyai tanggung jawab khusus dalam menjalankan administrasi di sebuah organisasi atau perusahaan. Tanggung jawab manajer secara khusus diantaranya yaitu :


1. Mencapai tujuan organisasi dan perusahaan bersama dengan karyawan yang dipimpin


Tugas dan tanggung jawab manajer secara khusus ialah berusaha bekerja sama dengan setiap karyawan atau staff yang dipimpinnya, untuk mencapai tujuan perusahaan bersama-sama. Tercapainya tujuan dari suatu perusahaan atau departemen ialah tanggung jawab yang besar, dari seorang manajer lantaran melalui manajerlah perencanaan dan langkah dari suatu tujuan akan diambil.


2. Bertanggung jawab pada setiap proses administrasi secara keseluruhan


Manajer mempunyai kiprah dan fungsi yang sama dalam sebuah manajemen. Tugas dan fungsi manajer lebih kepada pelaksana fungsi administrasi tersebut. mulai dari perencanaannya hingga evaluasi. Manajer juga harus memastikan fungsi tersebut dengan baik.


Fungsi Manajer


Fungsi manajer di dalam suatu organisasi atau perusahaan menitikberatkan pada kiprah pokok manajer untuk menjalankan fungsi administrasi pada suatu organisasi. Berikut klarifikasi mengenai fungsi manajer :


Fungsi Perencanaan


Manajer dengan jajarannya mempunyai kiprah untuk merencanakan langkah dalam mencapai tujuan organisasi, yang sesuai dengan kebijakan atau hukum organisasi. Manajer harus mempertimbangkan sumberdaya yang diperlukan, langkah atau cara yang diambil dan memprediksi hasil dari langkah-langkah tersebut.


Fungsi Pengaturan


Tugas manajer di dalam fungsinya ialah untuk mengatur karyawan atau tim melalui wewenang dan kekuasaan, yang dimiliki dan mengkoordinir dalam mencapai tujuan organisasi.


Fungsi Pengawasan


Tugas manajer ialah untuk menyediakan standar kualitas kerja baik kinerja karyawan ataupun barang dan jasa yang diproduksi, sehingga bisa menjadi contoh dalam sebuah acara manajemen. Standar itu juga bisa dipakai untuk proses pengawasan yang waktunya ditentukan oleh pihak manajemen.


Fungsi Kepemimpinan


Manajer juga harus bisa membuat orang lain, khususnya yang ada di dalam tim untuk bekerja sesuai dengan arahan. Karena kemampuan dari kepemimpinannya menjadi keahlian yang dimiliki oleh seorang manajer. atau kepemimpinan menjadi kiprah pokok seorang manajer yang harus dikuasai.


Fungsi Evaluasi


Tugas seorang manajer dalam fungsi administrasi yang terakhir ialah penilaian menurut perencanaan dan standar kualitas yang telah dibuat. Tugas manajer ialah untuk melaksanakan penilaian dengan bermacam-macam cara, menyerupai SWOT,  Balanced Scorcard dan lain sebagainya. Melalui langkah ini sebuah organisasi diharapkan sanggup lebih berkembang.


Demikian klarifikasi lengkap mengenai fungsi manajer, dengan kiprah dan tanggung jawabnya. Semoga memberi manfaat.


Baca Juga :




Sumber aciknadzirah.blogspot.com