Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Vitamin: Pengertian Vitamin A B C D E K Dan Fungsi Vitamin

Konten [Tampil]
 Pengertian Vitamin A B C D E K dan Fungsi Vitamin √ VITAMIN: Pengertian Vitamin A B C D E K dan Fungsi Vitamin
Fungsi Vitamin. Hai sobat semua, hari ini saya mau share suatu bahan mengenai vitamin. Namun yang bakal kami bahas pada postingan ini selain arti vitamin saja, namun juga mengenai macam-macam vitamin & fungsi vitamin bagi tubuh kita.

Wajib baca; 100 Bahaya Ikan Lele : Mengandung 3000 Sel Kanker

Pasti dari kalian sudah sering mendengar istilah vitaminkan? Ya istilah vitamin sudah sangat sering kami dengar, saat kami tetap duduk dibangku SD, kami sudah menerima pelajaran mengenai vitamin.

Kegunaan vitamin sangat penting bagi tubuh kita, meski sesungguhnya tubuh kami hanya membutuhkannya dalam jumlah yang sedikit. Vitamin ini dibutuhkan oleh tubuh semoga kondisi kami tetap fit & tidak gampang terjangkit penyakit. Sebenarnya jenis jenis vitamin sangat banyak, alasannya vitamin untuk setiap masakan berbeda kandungannya.

Nah tidak usah berlama-lama, eksklusif saja kami bahas mengenai definisi vitamin, jenis vitamin dan fungsi vitamin.

Apa itu Vitamin?


Pengertian vitamin A B C D E K

Definisi vitamin yaitu senyawa organik rumit yang esensial yang berperan dalam pertumbuhan & fungsi biologis tubuh lainnya.

Contohnya yang sudah saya utarakan pada pembahasan diatas, tubuh kita memerlukan yang namanya asupan vitamin. Namun vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kami dalam kadar yang sedikit. Namun mesikipun begitu, apabila tubuh kami sampai kekekuranganan yang namanya vitamin, maka bakal menciptakan kami terjangkit penyakit yang berjulukan Avitaminosis ataupun penyakit kekekuranganan vitamin.

Jadi untuk menjaga kesehatan tubuh kita, sudah sepatutnya kami memerhatikan masakan yang kami konsumsi serta vitamin yang ada didalamnya.

Pengertian vitamin dan fungsinya bagi tubuh


Selanjutnya kami bakal mengulas jenis jenis dari vitamin, nah yang bakal kami jadikan contoh untuk membagi macam-macam vitamin tersebut ialah berdasarkan larut tidaknya vitamin tersebut dalam air & lemak, lebih detailnya sumber vitamin sebagai berikut :

1. Vitamin yang Larut Dalam Air


Untuk jenis jenis vitamin yang larut dalam air, ada 2 yaitu vitamin B & vitamin C. Berikut untuk detail lengkapnya:

Vitamin B

  1. Vitamin B dibagi menjadi beberapa macam, antara lain yaitu B1, B2, B3, B5, B6, B11, & B12. Kami bakal mengulasnya satu persatu:
  2. Vitamin B1,berperan dalam proses metabolisme karbohidrat serta absorpsi air & lemak didalam tubuh. Butuh diperhatikan, apabila kalian kekekuranganan vitamin ini, maka kalian bakal terkena penyakit beri-beri. Untuk  mencegahnya kalian sanggup mengkonsumsi masakan misalnya daging, kacang-kacangan, ikan, & hati.
  3. Vitamin B2 berperan dalam merangsang saraf mata semoga bekerja optimal. Apabila kekekuranganan vitamin ini, maka bakal mengdampakkan gangguan penglihatan. Untuk mencegahnya sobat sanggup mengkonsumsi masakan misalnya telur, keju, sayur, & hati.
  4. Vitamin B3 berperan dalam mencegah penyakit yang berjulukan pelagra. Untuk mencegahnya kalian sanggup mengkonsumsi bayam, kol, usus & tomat.
  5. Vitamin B5 berperan dalam menjaga kandungan konsentrasi gula darah semoga tetap berada diambang normal. Vitamin ini banyak terdapat pada buah-buahan, kuning telur & daging.
  6. Vitamin B6 berperan dalam pembentukan sel darah serta merangsang kerja urat saraf. Vitamin tipe ini banyak terdapat pada biji-bijian, sayur & buah-buahan.
  7. Vitamin B11 berperan dalam proses pembentukan sel darah. Kekekuranganan vitamin ini bakal mengdampakkan penyakit kekekuranganan darah akut ataupun anemia akut.
  8. Vitamin B12 berperan dalam mencegah penyakit anemia. Vitamin ini banyak terdapat pada susu, hati & ikan.

Vitamin C

  1. Vitamin C sangat dibutuhkan oleh tubuh kami dalam mencegah penyakit sariawan, perkara gusi berdarah, & darah sukar membeku. Apabila kalian ingin mencegah beberapa penyakit tadi, kalian sanggup mengkonsumsi buah-buahan misalnya jeruk, mangga & buah lainnya.

2. Vitamin yang Larut Dalam Lemak

Jenis jenis vitamin yang larut dalam lemak yaitu sebagai berikut:
  1. Vitamin A. Vitamin ini berperan dalam mencegah penyakit mata & menjaga kesehatan tubuh kami agat tetap bugar. Apabila seseorang kekeurangan vitamin A, maka orang tersebut bakal gampang sekali terjangkit penyakit mata, kulit pecah-pecah, & pendarahan pada selaput usus & ginjal. Sumber vitamin A sanggup kalian temui pada sayur-sayuran yang berwarna kuning, telur, susu, & minyak hewani.
  2. Vitamin D berperan dalam menjaga kesehatan tulang kita. Apabila kami kekekuranganan vitamin ini, maka kesehatan tulang kami bakal terganggu & gampang sekali terjangkit penyakit misalnya rakitis, & penyakit tulang lainnya. Untuk mencegahnya kalian sanggup memakan masakan misalnya minyak ikan, susu, kuning telur, & mentega.
  3. Vitamin E berperan dalam menjaga kesuburan khususnya pada wanita. Dengan adanya kandungan vitamin E yang pas dalam tubuh seorang perempuan maka bakal terus bagus. Pasalnya vitamin E sanggup mencegah kemandulan & keguguran.Sumber vitaminnya sanggup kalian bisakan dengan mengkonsumsi toge, kuning telur, ragi & lemak.
  4. Vitamin K berperan dalam proses pembekuan darah pada tubuh. Kekekuranganan vitamin ini bakal mengdampakkan darah sukar membeku & apabila tidak segera ditangai bakal berujung pada kematian. Untuk mencegahnya silahkan kalian konsumsi sayur-sayuran, toge, biji-bijian & hati.

Fungsi vitamin secara umum


Dengan jumlah yang pas dalam tubuh, vitamin bakal sangat bermanfaat. Berikut beberapa fungsi utama vitamin:
  1. Mampu mencegah beberapa penyakit
  2. Mempertahankan fungsi jaringan semoga tetap normal
  3. Menolong beberapa proses penting dalam tubuh
  4. Berperan dalam pertumbuhan & perkembangan sel
Nah itulah postingan bahan biologi ihwal pengertian vitamin, jenis vitamin dan fungsi vitamin. Semoga PR bahan tujuan DI/TII di jawa barat bisa terlesaikan dengan melihat sejaah diatas. Apabila ingin bertanya mengenai pengertian vitamin berdasarkan para ahli, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca postingan pengertian vitamin, jenis jenis vitamin dan manfaat vitamin. Baca Juga:


Bagi sobat yang ingin copas isi postingan bahan vitamin, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan Link Aktif Menuju ke Postingan Ini, apabila tidak dicantumkan, maka blog sobat bakal saya laporkan ke DMCA.
Sumber http://www.faktakah.com