Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Cara Budidaya Jamur Merang Memakai Media Kardus Bekas

Konten [Tampil]

Kabartani.com – Cara Budidaya Jamur Merang Menggunakan Media Kardus Bekas. Sobat jamur merang sangat gampang sekali untuk dibudidayakan, bahkan dengan majemuk media menyerupai serbuk gergaji kayu, jerami dan ada juga yang menggunakan kardus bekas.


Menggunakan kardus bekas?? yaa..kita sanggup memanfaatkan kardus bekas untuk dijadikan media tumbuh jamur merang. Kardus menjadi alternatif media tumbuh jamur merang yang mulai dilirik beberapa petani alasannya yakni jamur merang yang dihasilkan ternyata lebih bagus, warnanya lebih putih, baunya yang tidak apek, dan lebih kenyal.


Kelebihan lainnya, yaitu mempunyai waktu panen jamur merang relatif lebih singkat, sehingga hal ini menjadi modal utama untuk mulai menjalankan bisnis budidaya jamur merang menggunakan media tanam dari kardus bekas.


Secara umum, dalam budidaya jamur merang menggunakan media kardus bekas tak jauh berbeda dengan cara konvensional, hanya saja media tanamnya yang membedakan.


Kardus yang dipakai pun tak sembarangan, yang sanggup dipakai yakni jenis kardus yang cukup tebal, biasanya dipakai untuk mengepak rokok, minuman gelas atau kaleng, maupun bekas bungkus mie instan.


 Cara Budidaya Jamur Merang Menggunakan Media Kardus Bekas √ Cara Budidaya Jamur Merang Menggunakan Media Kardus Bekas


Penasaran bagaimana cara membuatnya? berikut informasinya:



  1. Buatlah kubung dengan ukuran 4 x 6 meter persegi dan tinggi sekitar 3,5 meter menggunakan kayu atau bamboo.

  2. Kubung sanggup anda buat di dalam kamar rumah atau di halaman belakang rumah yang dilapisi dengan rangka kayu atau bambu anyaman semoga lebih murah.

  3. Setelah jadi, lapisi kubung dengan plastik polytilin atau plastic tipis semoga kering dan terhindar dari bakteri.

  4. Selanjutnya potong kardus yang sudah anda kumpulkan menjadi bab yang kecil-kecil kemudian direndam dalam air.

  5. Dalam perendaman ini, tambahkan kapur dan dedak (makanan hewan). Jika tidak ada dedak, Anda juga sanggup menggunakan bekatul, dan limbah sayuran.

  6. Gunakan materi alami dan hindari penggunaan pupuk kimia dalam pembuatan media ini alasannya yakni sanggup mempengaruhi hasil dan kualitas jamur.

  7. Setelah tercampur, masukkan ke dalam plastik polibag dan pindahkan polibag ini dalam kumbung dengan cara dibariskan dalam larikan rak semoga pertumbuhan jamur terjaga.

  8. Setelah itu diamkan sekitar 5 sampai 10 hari semoga media tanam tercampur dengan baik.

  9. Setelah siap, lakukan sterilisasi untuk membunuh kuman di sekitar kumbung dan bersihkan lantai dan sekitar kumbung semoga higienis dan siap ditanami.

  10. Untuk waktu penanaman dilakukan sehari sehabis sterilisasi dengan cara menaburkan bibit jamur secara merata di atas media tanam dan lakukan ini dikala sore untuk mencegah dampak panas lingkungan.

  11. Amati dan monitor proses pertumbuhan bibit dalam 3 hari ke depan, dan lakukan penyiraman setiap 3 hari sekali secara merata sehabis bibit tumbuh sampai waktu panen.


Simak juga 



Demikian gosip bagaimana Cara Budidaya Jamur Merang Menggunakan Media Kardus Bekas. Semoga bermanfaat.



Sumber https://kabartani.com