Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Sesudah Instal Ulang Windows 10, Ini Yang Harus Kau Lakukan

Konten [Tampil]
 Kemarin FajrInfo habis menginstal ulang komputer kantor dengan Windows  √ Setelah Instal Ulang Windows 10, Ini Yang Harus Kamu Lakukan

Kemarin FajrInfo habis menginstal ulang komputer kantor dengan Windows 10 nih. (
Nggak ada yang nanya juga sih ya...
) Apakah komputer atau laptop kau sudah diinstal ulang dengan sistem operasi Windows 10 juga sobat? Jika demikian, berikut ini FajrInfo akan memperlihatkan tips dan trik yang harus dilakukan sesudah menginstal ulang Windows 10.

Windows 10 merupakan sistem operasi buatan Microsoft yang paling mutakhir kini ini. Menurut beberapa forum survei, perkembangan penggunanya selalu mengalami peningkatan yang baik. Dalam sistem operasi Windows 10, Microsoft memperlihatkan pengalaman yang berbeda kepada penggunanya dengan sistem operasi sebelumnya. Karena pada Windows 10 terdapat banyak fitur yang sanggup menunjang kebutuhan mobilitas pengguna dikala ini.

Tampilan user interface yang modern dan ditunjang dengan pembaruan di beberapa acara bawaan Windows, menciptakan perbedaan tersebut semakin menonjol. Kemudian dengan adanya Windows Store, memungkinkan pengguna untuk mengunduh banyak sekali macam konten digital maupun aplikasi-aplikasi yang terdapat pada toko aplikasi miliki Microsoft tersebut.

Pada Windows 10, terdapat tombol sajian Start bawaan dengan tampilan modern. Berbeda dengan tombol sajian Start pada Windows 7 apalagi Windows 8 yang ketika itu banyak pengguna yang kecewa dengan digantikannya tombol Start untuk sajian tile kotak-kotak.

Begitulah sedikit citra mengenai sistem operasi Windows 10. Berikut ini beberapa tips dan trik yang seharusnya kau lakukan kalau telah menginstal ulang dengan sistem operasi Windows 10. Setelah instal ulang, diusahakan komputer atau laptop selalu terkoneksi dengan internet.

 Kemarin FajrInfo habis menginstal ulang komputer kantor dengan Windows  √ Setelah Instal Ulang Windows 10, Ini Yang Harus Kamu Lakukan

Apa Yang Harus Dilakukan Setelah Melakukan Instal Ulang Windows 10?


1. Menjalankan Windows Update

Pastikan Windows 10 kau terkoneksi dengan internet untuk melaksanakan pembaruan pada sistem Windows 10. Pembaruan ini sangat direkomendasikan lantaran pada pembaruan pertama akan mencari dan mengunduh perbaikan celah pada sistem Windows 10. Kemudian sistem juga akan mencari dan memasang driver yang sesuai dengan perangkat yang dipasang Windows 10 semoga sanggup melaksanakan kinerjanya dengan baik.

Baca juga: Pengaruh Blue Light Perangkat Digital Bagi Kesehatan

Maka persiapkanlah koneksi internet yang stabil dan kuota internet yang memadai semoga tidak ada hambatan dalam proses pembaruan. Proses pembaruan ini sanggup memakan waktu cukup banyak. Oleh lantaran itu, lakukanlah disaat waktu-waktu luang yang tidak akan mengganggu kegiatan sehari-hari kamu.

Untuk melaksanakan pembaruan, caranya yaitu dengan menekan tombol Start kemudian pilih Settings (ikon gear) atau sanggup juga dengan memakai tombol kombinasi Windows + I. Lalu scroll ke bawah dan klik pilihan Update & security, kemudian klik tombol Check for updates.

 Kemarin FajrInfo habis menginstal ulang komputer kantor dengan Windows  √ Setelah Instal Ulang Windows 10, Ini Yang Harus Kamu Lakukan

2. Mengatur Personalisasi pada tampilan Windows 10

Untuk melaksanakan pembiasaan pada personalisasi tampilan Windows 10 caranya sangat mudah, yaitu klik kanan pada tampilan desktop, kemudian pilih Personalize yang paling bawah. Kemudian akan muncul jendela personalisasi yang sanggup kau atur sesuai dengan keinginan. Kamu sanggup merubah gambar latar belakang (background) desktop, merubah aksentuasi warna Windows yang kau suka, merubah gambar layar kunci (lockscreen), dan banyak lainnya.

 Kemarin FajrInfo habis menginstal ulang komputer kantor dengan Windows  √ Setelah Instal Ulang Windows 10, Ini Yang Harus Kamu Lakukan

3. Memasukkan Akun Microsoft

Akun Microsoft sangat bermanfaat bagi kau pengguna Windows 10. Karena dengan memasukkan akun Microsoft pada perangkat Windows 10, kau akan dimudahkan dengan fitur sinkronisasi otomatis semoga data personalisasi kau terbackup dengan baik. Hal ini bukan berarti perangkat kita harus selalu terkoneksi ke internet, lantaran cukup hanya dengan satu kali login saja. Untuk masuk ke akun Microsoft pada Windows 10, caranya yaitu dengan mengklik sajian Start > Settings (ikon gear) > Accounts > Sign in with a Microsoft account instead. Lalu selanjutnya tinggal memasukkan akun Microsoft kamu.

Jika sudah memasukkan akun Microsoft, maka kau sanggup dengan leluasa untuk mengunduh aplikasi-aplikasi yang ada di Windows Store. Namun apabila kau belum mempunyai akun Microsoft tersebut, maka klik pada pilihan Create one atau dengan mengakses outlook.com pada browser kamu.

 Kemarin FajrInfo habis menginstal ulang komputer kantor dengan Windows  √ Setelah Instal Ulang Windows 10, Ini Yang Harus Kamu Lakukan

4. Mengatur PIN untuk login

Sebenarnya pengaturan PIN ini merupakan opsional sebagai pengganti keamanan password ketika membuka Windows 10. Penggunaan PIN sanggup mengamankan gosip password akun Microsoft kita kalau perangkat Windows 10 tidak hanya dipakai oleh kau saja. Oleh lantaran itu, alangkah lebih baiknya untuk mengaktifkan pengamanan PIN ini pada perangkat Windows 10 kamu.

Baca juga: Memasang Dua Microsoft Office Dalam Satu Komputer

PIN pada Windows 10 ini hanya memakai kombinasi empat angka tanpa aksara dan karakter lainnya. Cara mengaktifkannya ialah dengan mengklik sajian Start > Settings (ikon gear) > Accounts > Signin options, kemudian masukkan PIN yang kau kehendaki.

 Kemarin FajrInfo habis menginstal ulang komputer kantor dengan Windows  √ Setelah Instal Ulang Windows 10, Ini Yang Harus Kamu Lakukan

5. Menonaktifkan Windows Update Secara Otomatis

Update otomatis pada Windows 10 ini selalu berjalan secara realtime, ketika perangkat pertama dihidupkan dan terkoneksi internet, maka acara ini akan berjalan secara otomatis pada latar belakang. Untuk mematikannya, Microsoft memang tidak menyediakannya pada sajian Settings. Maka pada langkah ini kita akan melaksanakan sanksi pada sistem services Windows 10 secara langsung. Caranya yaitu dengan menekan kombinasi tombol Windows + R untuk membuka acara Run kemudian ketik services.msc kemudian tekan enter pada keyboard.

Pada tampilan pengaturan Services, carilah acara yang berjulukan Windows Update, kemudian klik kanan dan pilih Properties. Kemudian ubah pada pengaturan Startup type menjadi Disabled kemudian klik OK. Setelah itu, update otomatis pada Windows 10 kau tidak akan aktif secara otomatis lagi selama kau tidak mengecek pembaruan (update) pada sajian Settings.

 Kemarin FajrInfo habis menginstal ulang komputer kantor dengan Windows  √ Setelah Instal Ulang Windows 10, Ini Yang Harus Kamu Lakukan

6. Menginstal .Net Framework 3.5

Pada dasarnya, Windows 10 sudah mempunyai sumbangan .Net Framework 4.5 untuk menjalankan program-program tertentu yang memerlukan basis .Net Framework. Akan tetapi masih banyak acara yang memakai basis .Net Framework 3.5.

Baca juga: Cara Menampilkan Trafik Data Internet Pada Windows 10

Hal tersebut cukup menjadi hambatan lantaran pada Windows 10 belum tertanam basis .Net Framework 3.5 ini, sehingga pengguna harus memasangnya semoga sanggup menjalankan semua program. Untuk memasang .Net Framework, kau sanggup mengikuti tutorialnya di cara instal .Net Framework 3.5 Secara Offline.

Pembahasan mengenai hal-hal yang harus dilakukan sesudah melaksanakan instal yang FajrInfo bagikan di atas ialah merupakan suatu opsianal. Maksudnya ada beberapa hal yang butuh pembiasaan dengan kondisi yang teman alami. Maka dari itu keputusan dalam melakukannya selalu ada di tangan teman selaku penggun perangkat Windows 10 tersebut.

Demikian beberapa tips dan trik yang FajrInfo berikan perihal apa yang harus dilakukan sesudah instal ulang Windows 10 semoga penggunaan pada Windows 10 kau menjadi maksimal dan nyaman. Setelah melaksanakan langkah-langkah di atas, untuk selanjutnya kau sanggup menginstal program-program yang diharapkan untuk menunjang pekerjaan dan kiprah kamu. Setelah itu, bagaimana berdasarkan kau perihal kinerja Windows 10 dibandingkan dengan Windows sebelumnya?
Sumber http://www.fajrinfo.com