Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Peta Geologi Bungku Morowali : Lengkap Dengan Ringkasan Fisiografi, Stratigrafi, Tektonik Dan Struktur

Konten [Tampil]
Di bawah ini merupakan ringkasan (resume) dari Geologi Regional Lembar Bungku, Morowali yang terdiri atas fisiografi, stratigrafi, serta struktur geologi. Peta lengkapnya beserta atribut geologi resolusi tinggi sanggup anda dapatkan pada tautan yang disediakan di bawah gambar peta. Pergunakan Peta Geologi ini secara bijak, khususnya untuk kepentingan kemajuan pendidikan geologi di Indonesia.

Baca juga: Geologi Gunung Karangetang Sulawesi Utara

Berkaitan dengan resume regional dalam artikel ini, akan lebih baik jikalau anda mengambil peta geologinya secara pribadi serta melihat sendiri keterangan lengkapnya pada bab atribut peta. Sesuaikan juga dengan posisi geografis lokasi yang ingin anda "compile" atau sandingkan dengan Peta Geologi Bungku, Morowali ini.

 Peta lengkapnya beserta atribut geologi resolusi tinggi sanggup anda dapatkan pada tautan ya √ Peta Geologi Bungku Morowali : Lengkap dengan Ringkasan Fisiografi, Stratigrafi, Tektonik dan Struktur
Gambar Peta Geologi Bungku Morowali Sulawesi Tengah.


Fisiografi Bungku

Morfologi di tempat Lembar Bungku sanggup dibagi menjadi lima satuan, yakni dataran rendah, dataran menengah, pebukitan menggelombang, kras serta pegunungan. Morfologi dataran rendah umumnya mempunyai ketinggian antara 0-50 m mdpl. Morfologi dataran menengah menempati tempat sekitar Desa Tokolimbu juga Tosea. Morfologi pebukitan menggelombang, berketinggian antara 100 - 400 m mdpl. Morfologi karst, mempunyai ketinggian antara 400-800 m mdpl, dicirikan oleh adanya pebukitan kasar, sungai bawah tanah maupun dolina. Pola ajaran sungai umumnya meranting. Beberapa sungai mempunyai teladan hampir sejajar, adalah S. Bahudopi, S. Bahumahoni juga S. Wosu.

Stratigrafi Lembar Bungku

Satuan batuan di Lembar Bungku sanggup dikelompokkan atau ditempatkan dalam dua mendala, adalah Mendala Banggai-Sula dan Mendala Sulawesi Timur (Sukamto, 1975a).
  1. ALUVIUM (Qa) : lumpur, lempung, pasir, kerikil, serta kerakal.
  2. FORMASI TOKALA (TRJt) : perselingan batugamping klastika, batupasir sela, wake, serpih, napal, lempung pasiran dengan sisipan argilit.
  3. FORMASI NANAKA (Jn) : konglomerat, batupasir mikaan, serpih dan lensa batubara.
  4. FORMASI MASIKU (JKm) : batusabak, serpih, flit, batupasir, batugamping dengan buncak rijang. Batusabak, berwarna kelabu hingga coklat kehitaman, berlapis baik, padat.
  5. FORMASI SALODIK (Tems) : kalsilutit, batugamping pasiran, napal, batupasir juga rijang.
  6. FORMASI MATANO (Km) : kalsilutit, napal, serpih dan rijang. Kalsilutit, berbutir halus, berwarna kelabu, padat-keras, lapisannya baik, tebal lapisan berkisar antara 10 - 15 cm.
  7. FORMASI TOMATA (Tmpt) : perselingan batupasir konglomerat, batulempung, tufa dengan sisipan lignit.
  8. KOMPLEKS ULTRAMAFIK (Ku) : harzburgit, lherzolit, wehrlit, websterit, serpentinit, dunit, diabas dan gabro.

Tektonika dan Struktur Geologi

Struktur utama di lembar Bungku berupa patahan (sesar) dan lipatan. Sesar mencakup sesar turun, sesar geser, sesar naik maupun sesar sungkup. Penyesaran diduga berlangsung semenjak Mesozoikum. Lipatan yang terdapat di Lembar ini tergolong lipatan terbuka, tertutup, maupun pergentengan.

Kekar terdapat dalam hampir semua satuan batuan, tetapi terutama dalam batuan beku maupun batuan sedimen Mesozoikum. Sejarah pengendapan batuan sedimen serta perkembangan tektonik di Lembar Bungku diduga sangat dekat hubungannya dengan perkembangan Mendala Banggai-Sula yang sudah terkratonkan pada final Paleozoikum.

Lihat juga: Peta Geologi Obi Halmahera

Demikian Resume dari Peta Geologi Bungku Morowali beserta tautan peta-nya yang sanggup geologinesia berikan. Besar impian kami, semua peta geologi yang diberikan disini sanggup dipergunakan sebaik-baiknya. Jika ada tautan peta yang rusak, mohon sanggup diinfokan melalui kolom komentar. Kami akan berusaha untuk memperbaikinya.
Sumber http://www.geologinesia.com