Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pengertian Manajemen Secara Umum Berdasarkan Para Hebat | Ciri-Ciri, Fungsi Tujuannya

Konten [Tampil]

Pengertian Administrasi – Barangkali kata manajemen sudah tidak abnormal lagi di telinga. Kita sering kali mendengar kata ini dalam banyak sekali bidang bisnis maupun pekerjaan. Karena peranannya yang memang sangat sentral demi terciptanya keteraturan dalam banyak sekali aspek pekerjaan.


Baik, di artikel kali ini Inspirilo akan menyajikan pembahasan mengenai manajemen dan segala hal yang menyertainya. Apa itu administrasi, pengertiannya secara umum dan berdasarkan para mahir dan juga ciri-cirinya. Kenapa harus ada administrasi, apa manfaat, fungsi dan tujuannya? Sebegitu pentingkah yang namanya administrasi? Baik mari kita kaji secara lebih lanjut.


Pengertian Administrasi Secara Umum


 Barangkali kata manajemen sudah tidak abnormal lagi di indera pendengaran √ Pengertian Administrasi Secara Umum  Menurut Para Ahli | Ciri-ciri, Fungsi  Tujuannya
Pixabay.com

Apa itu administrasi? Administrasi dalam bahasa Inggris disebut “Administration” yang secara harfiah berarti “pengaturan”.


Atau dalam artian secara sempit, makna manajemen yang biasa kita temui dalam keseharian yaitu berkaitan dengan kegiatan pembukuan keuangan. Selain itu kata manajemen juga lekat dengan hal pencatatan, surat menyurat, mengetik. Dan juga mengelola data-data dalam software komputer ibarat Microsoft Excel.


Secara lebih luas lagi, pengertian manajemen yaitu sebuah proses perjuangan yang dilakukan dua individu atau lebih. Dengan memanfaatkan banyak sekali media pendukung guna tercapainya tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan bersama.


Adapun definisi atau pengertian manajemen secara umum ialah serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan pengaturan dan juga pengawasan suatu hal dalam sebuah forum / organisasi demi terciptanya keteraturan untuk mencapai tujuan & sasaran yang telah ditetapkan di awal.


Ya manajemen ini punya andil yang cukup besar untuk berjalan atau tidaknya sebuah forum secara baik. Tanpa adanya administrasi, pasti akan terjadi ke-semrawutan di badan organisasi. Artinya semua aspek yang jadi pendukung akan tidak teratur dan cenderung berantakan.


Beda halnya kalau manajemen dijalankan secara benar, teliti dan menyeluruh. Maka kegiatan organisasi / forum tentu bisa dikontrol dan berjalan dengan baik.


Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli


 Barangkali kata manajemen sudah tidak abnormal lagi di indera pendengaran √ Pengertian Administrasi Secara Umum  Menurut Para Ahli | Ciri-ciri, Fungsi  Tujuannya
Pixabay.com

Berikut yaitu pendapat dan pemaparan dari para mahir atau pakar ekonomi terkait dengan pengertian atau definisi administrasi.



  • George Terry


Adminstrasi berarti pengaturan, pengendalian dan penataan kinerja. Di dalamnya terdapat pergerakan dengan fungsi dan peranan masing-masing untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.



  • Ulbert


Definisi / pengertian manajemen yakni perjuangan persiapan yang dilakukan secara terstruktur ihwal pencatatan pendataan dan informasi. Dengan tujuan menyajikan data yang gampang untuk diserap dan bisa segera dipulihkan kalau dirasa ada yang tidak sesuai.



  • The Liang Gie


Administrasi bisa diartikan sebagai kegiatan perjuangan penataan sekelompok orang yang tergabung dalam sebuah proses kerjasama untuk tujuan bersama.



  • Wijana


Administrasi merupakan sebuah penggabungan dari semua fungsi guna mengefisienkan dan mengefektifkan kinerja sesuai dengan kebijakan pelaksanaan.



  • Sondang P. Siagian


Pengertian manajemen ialah sejumlah proses saling bekerja di antara dua orang atau lebih dengan berdasar pada hukum atau regulasi tertentu guna mencapai sasaran dan tujuan.



  • William Leffingwell dan Edwin Robinson


Administrasi berdasarkan William Leffingwell merupakan jalan masuk cabang dari fungsi manajemen. Di dalamnya terdapat fungsi pelaksanaan kerja organisasi secara terstruktur dan terarah. Agar pekerjaan bisa berjalan secara efektif dan efisien.



  • Arthur Grager


Administrasi ialah serangkaian fungsi dalam berkomunikasi untuk sebuah pelaksanaan kinerja organisasi



  • Soewarno Handayaningrat


Administrasi dalam cakupan lebih sempit yaitu kegiatan yang terdiri dari proses pembukuan, pencatatan keuangan, pengetikan, korespondensi, penjadwalan dan lainnya yang bersifat administratif



  • Simon


Administrasi yaitu sebuah acara pekerjaan dari sebuah kelompok yang saling bekerja sama dalam menyusun data kegiatan organisasi. Dengan kiprah dan peranannya masing-masing yang saling mendukung dan melengkapi.



  • FX.Soedjadi


Administasi merupakan sebuah acara bersifat prosedural yang meliputi kegiatan fisik ibarat mencatat (mengetik), menyusun, meniru dan lain-lain.



  • John M. Pfiffer dan Robert V


Administrasi dalam kenegaraan berarti sebuah proses ihwal pelaksanaan hukum dan kebijakan. Individu dengan strata lebih tinggi dalam hal ini berfungsi membimbing dan memperlihatkan isyarat guna memastikan agenda sanggup terlaksana.



  • Munawardi Reksohadiprowiro


Administrasi secara sempit sanggup diartikan sebagai instuksi atau perintah. Yang mana meliputi penataan dan pengaturan kerja secara sistematis. Dari situ diharapkan bisa menghasilkan pandangan yang menyeluruh mengenai fakta dan kondisi organisasi secara nyata.



  • Leonard D. White (1958)


Administrasi merupakan rangkaian proses pengaturan dan penataan yang dilakukan sebuah kelompok dalam sebuah organisasi atau perusahaan.



  • Wiliaw H. Newman (1963)


Administrasi merupakan perwujudan dari pengawasan dan kepempimpinan seseorang terhadap individu anggotanya guna mencapai tujuan bersama.



  • Menurut WH EVANS


Administrasi bisa diartikan sebagai fungsi manajemen (pengaturan) yang menjadi pola dalam proses operasi organisasi. Yang mana meliputi pengolahan data, isu dan mengkomunikasikannya dengan seluruh anggota organisasi.



  • Wilson 1987


Administrasi merupakan ilmu penataan dan pengorganisasian. Di dalamnya memuat proses pengawasan dan kepemimpinan yang bersifat resmi dalam mengatur birokrasi.


Jenis Administrasi


 Barangkali kata manajemen sudah tidak abnormal lagi di indera pendengaran √ Pengertian Administrasi Secara Umum  Menurut Para Ahli | Ciri-ciri, Fungsi  TujuannyaBerdasarkan ruang lingkup kerjanya, manajemen secara umum juga ada beberapa jenis yang biasa kita kenal, antara lain.



  • Administrasi Keuangan :


Kegiatan manajemen atau pengelolaan yang berkaitan dengan uang atau anggaran (budget) yang dipunyai suatu organisasi /perusahaan. Dengan menjalankan manajemen keuangan secara baik, maka akan tercipta tata keuangan yang rapi dan terang arus masuk dan keluarnya. Untuk apa pemakaian anggaran tersebut dari mana saja sumbernya. Dengan begitu, keuangan bisa terkontrol, keuntungan rugi bisa diketahui dengan pasti tanpa mengawang-awang.



  • Administrasi Perkantoran :


Lebih mengacu pada acara pencatatan, penagihan, personalia, logistik  dan hal lainnya berkaitan dengan kegiatan kantor dalam sebuah organisasi perusahaan. Adapun ruang lingkupnya meliputi pengelolaan staf, pengadaan peralatan kerja, reparasi dan juga perencanaan agenda kerja staf dan pengawasannya.



  • Administrasi Negara :


Jenis manajemen yang lebih kompleks dan luas lagi cakupannya. Karena menyangkut kegiatan bernegara yang dilakukan oleh para negarawan atau aparatur negara. Yang terdiri dari 3 forum yaitu legislatif, yudikatif dan eksekutif. Kesemua prosesnya dilakuan tentu untuk tercapainya tujuan negara.



  • Administrasi publik :


Menyangkut kebijakan-kebijakan publik dari suatu lembaga



  • Administrasi lingkungan hidup :


Dilakukan dalam rangka pengelolaan dan penataan lingkungan hidup oleh suatu kelompok



  • Administrasi kependudukan :


Pencatatan data penduduk dan segala hal yang menyertainya. Biasanya dilakukan oleh Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil di masing-masing wilayah.



  • Administrasi pendidikan :


Administrasi yang dilakukan dalam ruang lingkup pendidikan, misal sekolah dan forum pendidikan lainnya. Tujuannya tidak lain untuk turut meningkatkan mutu kualitas pembelajaran.



  • Administrasi perdagangan :


Pencatatan arus masuk keluar barang dan keuangan serta keuntungan rugi dari suatu acara perniagaan (dagang).


Ciri ciri Administrasi


 Barangkali kata manajemen sudah tidak abnormal lagi di indera pendengaran √ Pengertian Administrasi Secara Umum  Menurut Para Ahli | Ciri-ciri, Fungsi  Tujuannya


Dikatakan sebagai manajemen bila di dalamnya memuat ciri-ciri yang mendukung. Bukan manajemen namanya kalau ruang lingkupnya tidak terpenuhi dan kegiatan yang dilakukan itu cenderung tidak teratur.


Berikut yaitu ciri-ciri manajemen yang bisa diidentifikasi secara langsung.


1. Adanya sekelompok individu (organisasi)


Ya ibarat dijelaskan di atas, maka dalam sebuah proses manajemen sanggup terjadi kalau di dalamnya terdapat sekelompok orang. Dalam sebuah organisasi misalnya, haruslah terdiri 2 orang atau lebih yang saling mendukung.


2. Terdapat kerjasama saling melengkapi


Dalam proses manajemen pastinya akan terjadi kekerabatan kerja saling mendukung / kerjasama di antara para individu di sebuah organisasi. Artinya tiap individu dalam kelompok tadi akan punya kiprah sendiri-sendiri yang saling mendukung peranan individu lainnya.


3. Terjadi proses edukasi, bimbingan dan pengawasan


Pada proses manajemen perkantoran khususnya, haruslah terdapat bimbingan dari individu dengan tingkat jabatan lebih tinggi ke orang bawahannya. Sehingga di dalamnya juga nanti bakal meliputi kepemimpinan yang harus bertanggung jawab dari pemimpin. Yang mana pemimpin tersebut juga punya fungsi pengawasan guna memantau kinerja anggotanya.


4. Memiliki tujuan kelompok


Administrasi haruslah mempunyai tujuan atau sasaran yang ditetapkan oleh kelompok. Tujuan berfungsi biar kegiatan kerja dan manajemen bisa terarah. Tanpa adanya tujuan, maka administrasipun tidak akan berjalan maksimal dan mendatangkan hasil yang diharapkan.


Tujuan Administrasi


 Barangkali kata manajemen sudah tidak abnormal lagi di indera pendengaran √ Pengertian Administrasi Secara Umum  Menurut Para Ahli | Ciri-ciri, Fungsi  Tujuannya
Pixabay.com

Administrasi dilakukan tentu bukan tanpa tujuan. Dengan melaksanakan manajemen secara baik diharapkan bisa memperlancar arus pekerjaan. Dan berikut yaitu beberapa tujuan manajemen dalam sebuah organisasi.



  • Mengefektifkan pekerjaan, khsusunya di bab kontroling (pengawasan)

  • Dengan administrasi, seseorang bisa dengan gampang memantau pekerjaan dan pendataan yang dilakukan staff

  • Bertujuan guna menilai kinerja pengelolaan dan penataan organisasi

  • Bisa dengan gampang melihat kondisi sehat tidaknya usaha. Untuk lalu dilakukan upaya penanganan.

  • Dengan data manajemen yang rapi, seseorang bisa menyusun progam lanjutan guna lebih meningkatkan kinerja.

  • Dapat mengamankan kegiatan usaha


Unsur Administrasi


 Barangkali kata manajemen sudah tidak abnormal lagi di indera pendengaran √ Pengertian Administrasi Secara Umum  Menurut Para Ahli | Ciri-ciri, Fungsi  Tujuannya
Pixabay.com

Setelah memahami ihwal pengertian manajemen di atas, baik secara umum, luas, sempit dan berdasarkan para ahli. Perlu juga untuk mengetahui unsur administrasi. Apa saja unsur yang menyertai sebuah proses administrasi.


Berikut yaitu 8 Unsur Administrasi yang dikemukakan oleh The Liang Gie dalam Administrasi Perkantoran Modern.


1. Kelompok Organisasi


Organisasi di sini lebih merujuk pada daerah bernaungnya kelompok yang melaksanakan proses administrasi. Dalam kegiatan bisnis, biasa kita lihat sebuah kantor dan staffnya dengan segala hal yang menyertainya guna menjalankan kegiatan administrasi.


2. Pengaturan (Manajemen)


Dalam melaksanakan kegiatan manajemen tentu diharapkan adanya seorang manajer yang berfungsi sebagai pengatur. Dalam menjalankan fungsinya, ia menggerakkan, dan mengatur staff operasional.


3. Komunikasi diantara anggota


Administrasi dalam bisnis tidak bisa berjalan tanpa adanya komunikasi. Tujuannya biar tercapai sinkronisasi / kesesuaian di antara divisi-divisi yang ada.


4. Staff (kepegawaian)


Tenaga pegawai terang dibutuhkan untuk menunjang proses manajemen organisasi secara maksimal. Di dalam kepegawaian ini terdapat beberapa aspek yang satu-sama lain saling berkaitan. Antara lain yaitu penerimaan (recruitment), penempatan kerja, pemberdayaan sampai pemberhentian.


5. Keuangan (Monetery)


Administrasi dilakukan salah satunya untuk tujuan kontrol keuangan. Yang mana hal itu dimaksudkan untuk bisa mengetahui arus keluar dan masuknya uang sehingga bisa dipertanggungjawabkan.


6. Pengadaan


Staff manajemen dalam hal ini berfungsi guna melaksanakan kontrol. Untuk lalu dilakukan pengadaan, penyimpanan sampai pemusnahan barang yang dirasa tidak terpakai lagi.


7. Adanya tata perjuangan yang jelas


Di dalamnya terdapat kegiatan seperi pembukuan dan pencatatan segala macam transaksi atau arus keluar masuk yang terjadi.


8. Hubungan masyarakat (Public Relation)


Dalam hal ini, penting adanya suatu sistem administrasi. Gunanya untuk membuat kekerabatan baik dengan masyarakat, atau dalam hal ini disebut konsumen (customer).


Fungsi Administrasi


Administrasi dalam sebuah organisasi sangat penting untuk diterapkan. Hal itu dikarenakan adanya fungsi manajemen yang bisa mendukung kelangsungan organisasi tersebut untuk jangka waktu lama. Dan berikut yaitu beberapa fungsi administrasi


1. Fungsi Perencanaan (Planning)


Dalam sebuah kegiatan organisasi atau bisnis tentu diharapkan yang namanya perencanaan. Baik itu untuk jangka pendek, menengah ataupun jangka panjang.


Untuk itu di sini manajemen memegang peranan penting dalam rangka merencanakan hal tersebut di atas. Di antara perwujudannya yaitu berkaitan dengan pengumpulan dan pengolahan data. Kemudian menyusun data tersebut untuk sanggup diputuskan planning kedepannya.


2. Fungsi Penyusunan (Organizing)


Penyusuna di sini tidak hanya terbatas pada pengaturan arsip secara rapi dan sistematis. Melainkan lebih dari itu juga dalam hal membangun kinerja yang baik dengan komunikasi antara anggota yang efektif.


3. Fungsi Koordinasi (Coodinating)


Dengan dalam hal koordinasi, di dalamnya terdapat manajemen dan pekerjaan guna memastikan segala sesuatunya berjalan dengan baik. Setiap pekerjaan bisa berjalan sesuai dengan porsi dan jadwalnya. Lalu tidak terjadi bentrok satu sama lain, dan kekosongan yang menjadikan waktu terbuang percuma. Sehingga acara para individu dengan pekerjaannya bisa terkoordinasi dengan baik.


4. Fungsi Pelaporan (Reporting)


Ini juga fungsi yang sangat begitu terasa dengan dilakukannya sistem administrasi. Dengan adanya manajemen yang baik, maka proses pelaporan bisa dilakukan secara sempurna dan siklus akuntansi bisa berjalan baik. Selain itu, baik buruknya kinerja perjuangan bisa dilihat dari report yang diberikan untuk lalu bisa dicarikan solusi dan upaya peningkatan.


5. Fungsi Penyusunan Anggaran (Budgeting)


Budgeting dalam hal manajemen merupakan acara yang berkaitan dengan anggaran. Dalam situasi ibarat apa, dan berapa jumlah anggaran yang harus dikeluarkan. Semua bisa ditentukan dengan dilakukannya sistem manajemen yang rapih dan terstruktur. Dengan begitu keuangan sanggup lebih terkontrol dan tidak terjadi kebocoran.


6. Fungsi Penempatan kiprah (Staffing)


Fungsi manajemen yang satu ini berperan penting dalam hal kepegawaian. Sebuah kegiatan perjuangan tentu akan sangat dipengaruhi oleh kualitas sumber daya manusianya. Untuk itu, manajemen kepegawaian di sini akan membuat sistem yang bisa sangat mendukung kegiatan kepegawaian. Dari mulai recruitment (perekrutan), penempatan, dan pemberdayaan staff dalam ruang lingkup organisasi.


7. Fungsi Pembimbingan (Directing)


Ini berkaitan dengan kekerabatan atau interaksi dalam organisasi dari atasan pada bawahan. Adanya isyarat mutlak diharapkan guna membuat kinerja yang sevisi di antara para anggota. Yang lalu bisa berdampak positif terhadap kelangsungan organisasi.


Manfaat Administrasi


Telah disinggung dari klarifikasi lengkap di atas akan pentingnya manajemen dengan segala macam fungsi dan tujuannya. Sehingga terkait manfaat manajemen barangkali sudah tidak perlu ditanyakan lagi. Akan banyak sekali manfaat yang didapat. Khususnya dalam hal keteraturan dari banyak sekali aspek.


Sebagaimana file-file dalam komputer, bisa dibayangkan kalau tidak diatur dan dibuatkan tata peletakan yang baik, maka akan sangat berantakan. Efeknya kita akan kesulitan mengoranisirnya, bahkan untuk sekadar menemukan file yang dicari.


Tapi kalau diorganisir dengan baik, selain yummy dilihat, waktu pun jadi efisien. Karena tidak perlu kebingungan dikala hendak mencari sebuah file.


Ruang lingkup dari manajemen sendiri juga sebetulnya sangatlah luas. Khususnya dalam bidang bisnis, dan tergantung jenis bisnisnya ibarat apa.


Untuk itu seorang petugas manajemen (administrator) haruslah memenuhi kualifikasi. Setidaknya ada beberapa hal yang perlu dijadikan perhatian, antara lain:



  • Paham ihwal maksud dan pengertian administrasi

  • Memiliki keahlian dalam hal penataan dan pengorganisasian

  • Mengerti dan bisa untuk senantiasa meningkatkan kemampuan prosedural administrasi

  • Membuat laporan serta mengontrol budget yang digunakan


Dengan pengelolaan manajemen yang efisien maka akan sangat bisa mendukung divisi perusahaan lainnya. Karena manajemen bisa jadi penghubung antara karyawan dengan manajemen.


Sekilas Perbedaan Admnistrasi dan Manajemen


Secara bahasa sanggup kita ketahui bahwa dua istilah ini terlihat berbeda. Namun pada prakteknya, Anda bisa teliti lebih dalam dan akan menemukan bahwa keduanya kuranglebih sama. Tapi tetap ada perbedaan di dalamnya.


Manajemen itu berkaitan ihwal planning dan juga tindakan yang akan diambil. Namun manajemen lebih merujuk pada penyusunan dan penetapan kebijakan dan juga penentuan sasaran / tujuan.


Selain itu manajemen mempunyai peranan guna menentukan. Berbeda dengan manajemen yang berfungsi dan mempunyai kiprah eksekutif dalam sebuah organisasi.


***


Itulah tadi klarifikasi lengkap mengenai pengertian administrasi secara umum dan juga berdasarkan para ahli. Lengkap disertai juga dengan ciri-ciri, tujuan, fungsi dan unsur-unsur dalam sebuah proses administrasi. Semoga artikel Pengertian manajemen ini bermanfaat dan semakin menambah pengetahuan teman sekalian.


Sekian dan terima kasih.



Sumber https://inspirilo.com