Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Laporan Keuangan Dan Macam-Macamnya Lengkap

Konten [Tampil]

Pengertian Laporan Keuangan Dan Macam-Macamnya Lengkap – Kali ini kita akan membahas mengenai laporan keuangan. Sering kali kita berbicara semoga mengatur laporan keuangan di dalam kehidupan kita semoga sanggup mengatur dengan baik keuangan yang kita miliki.


Namun tidak hanya dikehidupan sehari-hari melainkan laporan keuangan juga di gunakan dalam perusahaan semoga sanggup mengatur keuangan perusahaan supaya tidak mengalami kerugian. Seperti itulah yang lebih kita ketahui. Untuk sanggup lebih terperinci mengenai artikel kali ini, mari kita lanjutkan pembahasannya di bawah ini.


Pengertian Laporan Keuangan


Laporan keuangan merupakan laporan yang pertanda kondisi dari keuangan perusahaan pada ketika ini maupun dalam suatu periode tertentu. Sedangkan maksud dari laporan keuangan ialah untuk sanggup pertanda kondisi keuangan dari perusahaan ketika ini ialah merupakan suatu kondisi keuangan perusahaan terkini. Sedangkan kondisi perusahaan terkini ialah suatu keadaan keuangan perusahaan pada tanggal tertentu (untuk neraca) dan juga periode tertentu (untuk laporan keuntungan rugi).


 Kali ini kita akan membahas mengenai laporan keuangan Pengertian Laporan Keuangan Dan Macam-Macamnya Lengkap


Laporan keuangan biasa dibentuk per periode, misalnya 3 bulan sekali ataupun 6 bulan sekali sebagai keperluan interen perusahaan. Untuk laporan keuangan yang lebih luas biasanya dilakukan setahun sekali. Dengan adanya sebuah laporan keuangan kita sanggup mengetahui dari kondisi keuangan perusahaan terkini sesudah menganalisis laporan keuangan tersebut. sedangkan inti dari laporan keuangan ialah menggambarkan pos-pos keuangan perusahaan yang didapatkan dari suatu periode. Didalam praktiknya kita sanggup mengenal banyak sekali macam laporan keuangan contohnya.


Macam-Macam Laporan Keuangan


Di dalam laporan keuangan terdapat majemuk laporan keuangan, untuk sanggup mengetahui dengan terperinci apa saja macam-macam dari laporan keuangan. Mari sama-sama kita lanjutkan pembahasan di bawah ini.



  1. Neraca, yaitu laporan keuangan yang sanggup mengatakan jumlah aktiva (harta), kewajiban (utang), dan juga modal perusahaan (ekuitas) dari sebuah perusahaan pada periode tertentu.

  2. Laporan Laba Rugi, yaitu laporan keuangan yang sanggup mengatakan kondisi perjuangan suatu perusahaan di dalam suatu periode tertentu.

  3. Laporan Perubahan Modal, ialah laporan keuangan yang sanggup menggambarkan jumlah modal yang dimiliki suatu perusahaan pada ketika ini.

  4. Laporan Catatan Atas Laporan Keuangan, ialah laporan keuangan yang dibentuk berkaitan dengan laporan keuangan yang diberikan.

  5. Laporan Arus Kas, yaitu laporan keuangan yang sanggup mengatakan arus kas masuk dan juga arus kas keluar perusahaan. Arus kas masuk yaitu berupa pendapatan maupun derma dari pihak lainnya. Sedangkan arus kas keluar yaitu biaya-biaya yang sudah dikeluarkan oleh perusahaan.


Sekian klarifikasi yang sanggup diberikan mengenai Pengertian Laporan Keuangan Dan Macam- Macamnya Lengkap, laporan keuangan merupakan suatu hal yang sanggup pertanda suatu kondisi dari suatu perusahaan. Serta memiliki macam-macam laporan keuangan didalam suatu laporan keuangan. Semoga bermanfaat 🙂



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id