Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ 11 Pola Makna Ilokusi Beserta Artinya

Konten [Tampil]

Makna ilokusi merupakan makna kias yang terkandung dalam suatu pernyataan atau suatu kalimat. Makna yang terkandung dalam pernyataan tersebut berisi makna khusus yang bersama-sama tidak terlalu berafiliasi dengan kalimat atau pernyataan yang hendak disampaikan. Untuk mengetahui menyerupai apa bentuk makna ini, maka di artikel ini akan disajikan beberapa referensi dari salah satu diantara jenis-jenis makna kata tersebut. Adapun beberapa referensi makna ilokusi beserta maknanya tersebut yakni sebagai berikut ini!



  1. Awas, ada orang gila!

    • Pernyataan ini bermakna biar orang-orang waspada terhadap kehadiran orang asing yang ada di sekitar mereka.



  2. Awas, ada anjing galak!

    • Pernyataan di atas bermakna biar orang-orang berhati-hati akan kehadiran anjing galak yang ada di sekitar mereka.



  3. Wah, kusut sekali rambutmu itu!

    • Makna yang terkandung dalam pernyataan di atas yakni bahwa orang yang rambutnya kusut itu mesti memperbaiki rambut kusutnya tersebut.



  4. Mau hingga kapan kamu hidup menyerupai itu?

    • Kalimat di atas memiliki makna sindiran atau motivasi biar orang yang mendapatkan kalimat tersebut bisa memperbaiki kehidupannya biar hidupnya tidak begitu-begitu saja.



  5. Pudar sekali warna cat rumahmu.

    • Kalimat di atas bermakna sindiran terhadap warna cat dari rumah tersebut sekaligus perintah untuk mengecat kembali rumah tersebut biar warna catnya bisa kembali terlihat cerah.



  6. Apa kamu tidak aib berpakaian menyerupai itu?

    • Makna kalimat di atas yakni perintah atau suruhan kepada orang yang mendapatkan kalimat ini untuk mengganti pakaiannya dengan pakaian yang lebih pantas. Sebab, pakaian yang ia pakai ketika ini tidaklah pantas untuk dikenakan olehnya.



  7. Aku rasa sebaiknya sampah itu tidak ditaruh di jalanan.

    • Makna pernyataan di atas yakni bahwa sampah yang ada di jalanan tersebut semestinya ditaruh atau dibuang ke kawasan sampah, bukan ditaruh atau dibuang di sembarang tempat, apalagi di jalan.



  8. Apakah dengan merengek, segala permasalahanmu bisa terselesaikan?

    • Kalimat di atas bermakna bahwa permasalahan seseorang tidak sanggup tamat dengan cara merengeki duduk kasus tersebut, melainkan dengan cara mencari solusi atau cara untuk menuntaskan permasalahan tersebut.



  9. Sampai kapankah kamu akan menjalani hidupmu dengan cara menyerupai itu?

    • Kalimat di atas bermakna bahwa seseorang yang mendapatkan kalimat di atas harus merubah cara hidupnya biar lebih baik lagi. Sebab, cara hidup yang diambilnya ketika ini merupakan cara hidup yang tidak baik.



  10. Mengapa engkau memurungkan wajahmu, sedangkan langit hari ini begitu cerah?

    • Makna kalimat di atas yakni bahwa seseorang yang mendapatkan kalimat ini jangan terus larut dalam kesedihan. Sebab, kebahagiaan niscaya akan tiba menggantikan kesedihan laiknya langit yang bersinar begitu cerah di hari ini.



  11. Kalau hidupmu hanya sekadar makan, monyet pun juga bisa melakukannya.

    • Makna kalimat atau pernyataan di atas yakni bahwa kita hidup tidak hanya sekadar makan. Melainkan, kita juga mesti berkarya dan bermanfaat untuk orang lain.




Demikianlah beberapa referensi makna ilokusi dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin mengetahui beberapa contoh makna kata lainnya, maka pembaca bisa membuka artikel contoh makna lokusi, makna denotasi dan contohnya, makna idiomatik dan contohnya, makna leksikal dan contohnya, serta makna konotasi dan contohnya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan bagi para pembaca sekalian, baik itu mengenai makna kata khususnya, maupun mengenai bahasa Indonesia pada umumnya. Sekian dan juga terima kasih.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com