√ Hoki Vs Bo Hoki, Penasaran? Baca Ini..
Banyak yang bertanya pada saya, Coach, saya ingin bisnis saya tambah maju, tambah keren, tambah HOKI…di tahun ini..
Tapi berdasarkan shio saya katanya kurang HOKI, berdasarkan ramalan saya juga kurang bagus, katanya harus hati-hati kalau tidak sanggup terjadi problem untuk keuangan..
Nah, bagaimana berdasarkan Coach untuk mendapat HOKI? walau ramalan menyampaikan saya kurang HOKI..
Nah, pebisnis, pengalaman saya menjadi pengusaha sekian puluh tahun, dan juga meng-coaching sekian banyak pemilik bisnis dan pengusaha.
Definisi HOKI bagi saya ialah ‘LIHAT KANAN KIRI CARI PELUANG & AMBIL PELUANGNYA SELAGI ADA KESEMPATAN”.
Maksudnya apa? Saya ingin bercerita sedikit mengenai Kuda Berkacamata vs Kuda Polos. Kuda yang berkacamata alias ditutup kanan kiri di pinggir matanya untuk hanya fokus ke depan, itu hidupnya lebih stabil, dan gitu-gitu saja. Sedangkan, kuda polos yang matanya dibuka untuk melihat kanan kiri, ia bebas menjelajahi gunung, sungai, lautan, hutan rimba, hingga padang rumput yang luas..
Kuda yang berkacamata, hidupnya monoton, hanya perjalanan dari sangkar kuda di rumah sang pemilik kuda, ke pasar, antar ke sawah, jalan2 bentar, pulang lagi ke kandang. Hidup hanya 1 x namun hanya adventurenya hanya itu-itu saja, padahal dunia begitu indah..
Saya tidak menyampaikan bahwa Kuda berkaca mata itu tidak happy, mereka mungkin happy juga dengan kebiasaan ibarat itu. Nah, apa kekerabatan dongeng sederhana ini dengan pengusaha.
Banyak pengusaha Toko Konventional mengeluh, “Aduh kini dengan gencarnya mini market modern, yang buka 24 jam, menciptakan bisnis saya kehilangan omset, dan customer..Jaman Sekarang Susah..!” Sekarang Bisnis Minimart HOKI.., laris keras..”
Mengapa Bisnis Minimart HOKI? apa hubungannya dengan kuda berkacamata? Pebisnis yang saya hormati, saya mempelajari mengapa minimart modern lebih disukai dan diminati konsumen. Dan, di ketika krisis mereka tetap berjaya, mereka membuka kacamata mereka, melihat kanan kiri, memantau gaya hidup konsumen, memperhatikan cara mereka berbelanja, mempelajari jarak tempuh mereka berbelanja, menganalisa hari-hari tertentu kapan saja konsumen memborong kebutuhan sehari-hari, mengamati produk-produk TOP TEN apa saja yang dikonsumsi konsumen di banyak sekali kategori mulai dari kebutuhan rumah tangga, dapur, kebersihan, makanan, hingga sabun basuh mobil.
Mereka melaksanakan USAHA-USAHA untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan, dengan memasang AC, memberi penerangan yang TERANG, memberi display yang menarik, mentraining Kasir & Staff dengan contoh pelayanan pelanggan, memfasilitasi dengan ATM, menciptakan kenyamanan dengan memperlihatkan Toilet & Tempat duduk untuk ngopi, buka hingga 24 jam, menyediakan kemudahan cara bayar banyak sekali vendor, memperlihatkan konsumen kenyamanan untuk menentukan sendiri produk mereka, memperlihatkan pelayanan antar barang, dsb..Jadi wajarkah bila konsumen berpindah hati berbelanja ke toko minimart modern?
Apa USAHA-USAHA yang dilakukan toko traditional untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada konsumen? Nah, itu yang seharusnya dipikirkan dengan membuka kacamata dan melihat peluang yang sanggup dipikirkan untuk di implementasikan pada bisnis-bisnis traditional.
Dengan membuka mata indera pendengaran dan pikiran, akan banyak sekali adventure dan pengalaman gres untuk menjalani usaha, sehingga perjuangan yang dijalankan akan lebih berbeda dengan sentuhan dan sensasi gres dan kreatif.
Contoh: Bisa saja toko traditional mengubah toko mereka menjadi Toko & Salon & Tempat Nongkrong. Atau, sanggup juga toko traditional juga memperlihatkan kemudahan basuh mobil, dan gallery lukisan antik.
Nah, coba pikirkan sesuatu yang baru, unik dengan membuka mata, telinga, dan aliran baru, sehingga peluang akan tiba dan HOKI akan semakin BESAR..
Semoga membantu anda membuka pikiran dan wawasan dan kreatifitas anda!
Jika ingin berkonsultasi untuk meningkatkan potensi bisnis anda, silakan hubungi :
Hendra Hilman International Business Clinic & Consultancy (0811-201-2121)
Salam Pengusaha !
Sumber aciknadzirah.blogspot.com