Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Perihal Cmos Pada Komputer

Konten [Tampil]
Selamat malam sahabat dimanapun kalian berada, kali ini saya akan membahas mengenai perangkat kecil yang terdapat di dalam komputer yang kiprahnya tidak sanggup dianggap spele, yaitu CMOS ( baterai ).

Complementary metal oxide semiconductor (CMOS) ialah jenis chip semi-konduktor yang menyimpan data tanpa membutuhkan sumber daya eksternal. CMOS dalam sebuah komputer langsung (PC), menangani petunjuk dasar komputer yang diharapkan untuk menginisialisasi komponen perangkat keras dan ketika boot up. Pengaturan ini dikenal sebagai pengaturan basic input output (BIOS), juga disebut sebagai pengaturan CMOS. CMOS mengontrol banyak sekali fungsi, termasuk Power On Self Test (POST).

Peran Cmos sangat penting juga dalam menyimpan data-data kecil menyerupai data waktu dan tanggal dikomputer. Cmos berbentuk menyerupai uang logam dan letaknya di motherboard dengan slot yang telah tersedia.

Selamat malam sahabat dimanapun kalian berada √ Tentang CMOS pada Komputer

Ketika power supply komputer disulut, CMOS menjalankan serangkaian investigasi untuk memastikan sistem berfungsi dengan benar. Salah satu investigasi termasuk menghitung pemakaian random access memory (RAM). Karena delay boot time inilah, sehingga beberapa orang menonaktifkan fitur ini dalam pengaturan CMOS, menentukan untuk quick boot. Jika menginstal RAM yang gres lebih baik jikalau fitur ini diaktifkan dulu hingga RAM telah diperiksa dengan baik barulah dinonaktifkan.

Setelah POST selesai, CMOS menyidik pengaturan lainnya. Memeriksa format Hard disk dan konfigurasi Redundant Array of Independent Disk (RAID), preferensi boot, kehadiran peripheral, dan tweak overclocking. Banyak pengaturan sanggup secara manual diubah konfigurasi CMOS untuk meningkatkan kinerja. Namun, perubahan ini hanya boleh dilakukan oleh pengguna berpengalaman. Mengubah pengaturan sembarangan sanggup menciptakan sistem tidak stabil, mengakibatkan crash, atau bahkan mencegah komputer untuk boot.

Konfigurasi CMOS sanggup diakses selama tahap POST dari boot up, dengan menekan tombol tertentu sebelum sistem operasi menginisialisasi. Biasanya memakai kunci Del tetapi Motherboard lain mungkin lain juga yang digunakan. Ada juga pilihan untuk melindungi pengaturan CMOS dengan meminta password untuk mengubah pengaturan. Perubahan akan disimpan ketika keluar dengan menekan tombol F10, lalu komputer reboot untuk memakai pengaturan baru.

Kebanyakan motherboard memperlihatkan manual daftar seluruh opsi-opsi yang tersedia dalam CMOS. Patut dicatat bahwa ini akan bervariasi sesuai dengan desain motherboard dan produsen BIOS. Dua produsen BIOS yang paling populer ialah Phoenix dan Award, sedangkan perusahaan menyerupai Dell dan Compaq memproduksi sendiri chip BIOS.

CMOS yang sudah habis biasanya ditandai dengan perintah sebelum masuk windows yang disuruh menekan F2, itu salah satunya dan tidak sanggup menyimpan data waktu dan tanggal. Akan ada tampilan menyerupai dibawah kalau CMOS sudah habis.

Sumber http://www.gudangilmukomputer.com