Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Keterangan Waktu Simple Past Tense Yang Lebih Bervariasi

Konten [Tampil]

EnglishCoo – Keterangan waktu Simple Past Tense bisa bikin kalimat bahasa Inggris lebih kreatif dan informatif. Yesterday, last week, two days ago, & masih banyak lagi.


Saat mengajar Simple Past Tense, awalnya saya minta pelajar bikin kalimat Simple Past Tense. Saya ingin tahu sejauh mana pengetahuan mereka perihal pola ini.


Ternyata banyak pelajar menyebut aktivitas yang mereka lakukan kemarin (yesterday). Entah alasannya yaitu grogi, lupa atau alasannya yaitu ikutan teman, ya kalimatnya jadi kurang bervariasi.


Nah, kau tentu sudah tahu kalau Simple Past Tense nggak hanya perihal kemarin saja. Sejam lalu, hari Minggu lalu, bulan lalu, dan pada ketika perjalanan setahun kemudian juga bisa digunakan menjadi kalimat Simple Past.


Pengetahuan apa yang kau perlukan untuk bisa menghasilkan kalimat bervariasi? Agar kalimat yang kau bikin nggak monoton dan seragam kayak teman-temanmu?


Waktu yang berbeda-beda. Yup, perlu berguru keterangan waktu (Adverbs of Time). Saat menciptakan kalimat, kau perlu tahu keterangan waktu Simple Past Tense semoga kalimat bikinanmu nggak pasaran atau terkesan ikut-ikutan.


Selain membuatmu jadi lebih kreatif, keterangan waktu (Time Expressions) berkhasiat untuk memberi gosip perihal kapan. Yap, kapan sesuatu terjadi. So, kalimatmu jadi lebih kreatif dan informatif. Mantap kan?


Ada 5 subpoin yang akan dibahas dalam postingan ini. Selain keterangan waktu Simple Past Tense, juga diberi pola kalimat beserta artinya semoga tambah mengerti. Apa saja kelima subpoin itu?



  1. yesterday, yesterday morning/afternoon/evening

  2. last … Sunday/week/month/year

  3. a/an/one … ago (singular) atau … ago

  4. past date/month/year atau past event

  5. always, usually, frequently, often, sometimes, never, once, twice,dan adverb of frequency lainnya


Seperti biasa, subpoin di atas nggak harus dibaca berurutan. Jika kau perlu klarifikasi perihal keterangan waktu (Adverbs of Time) pola Simple Past Tense yang ada “ago”-nya, bisa pribadi loncat ke subpoin 3.


Jangan lupa gunakan kata kerja Verb 2 ya. Masih ingat perihal kata kerja Past Tense ini? Jika ingin menelusuri bahan perihal kata kerja verb 2, kau bisa lihat daftar bahan pada final artikel ini.


Lanjut.


 


1. Keterangan Waktu Simple Past Tense: yesterday, yesterday … (morning/ noon/ afternoon/ evening)


 Keterangan waktu Simple Past Tense bisa bikin kalimat bahasa Inggris lebih kreatif dan in √ Keterangan Waktu Simple Past Tense yang Lebih Bervariasi

Keterangan waktu ini paling terkenal digunakan oleh pelajar ketika menciptakan kalimat dengan pola Simple Past Tense. Agar nggak ngebosenin dan lebih spesifik, kau bisa tambahin morning, afternoon, evening sehabis keterangan waktu yesterday.



  • yesterday morning = kemarin pagi

  • yesterday noon = kemarin siang

  • yesterday afternoon= kemarin siang menjelang sore

  • yesterday evening = kemarin sore menjelang malam


Selain itu, kau bisa menambahkan waktu atau jam berapa tepatnya aktivitas itu dilakukan. Misalnya yesterday at 9 a.m. yang artinya kemarin jam 9 pagi atau yesterday at 9 p.m. yang artinya kemarin jam 9 malam.


Nangkep maksudnya? Kalau masing melayang-layang, nggak apa-apa. Kita akan melihat pola kalimat semoga lebih jelas. Yuk simak penggunaan keterangan waktu Simple Past Tense berikut ini.



  1. Gita ran 20 km yesterday. (Gita berlari 20 km kemarin.)

  2. Gita ran 20 km yesterday morning. (Gita berlari 20 km kemarin pagi.)

  3. I visited my friend yesterday at 5 p.m. (Saya mengunjungi sobat saya kemarin jam 5 sore.)

  4. They gave a surprise and bought me a delicious cake yesterday afternoon. (Mereka memberi kejutan dan membeli camilan elok yummy kemarin siang.)

  5. We played Cashflow game yesterday evening. (Kami bermain permainan Cashflow kemarin sore.)


Nah, bisa lihat sendiri kan kalau kata “yesterday” bisa dipasangkan dengan kata keterangan yang lain. Dan Boom… bisa menghasilkan keterangan waktu lebih kreatif dan spesifik.


Coba bikin kalimatmu sendiri memakai kata keterangan di atas. Atau mau tahu keterangan waktu yang lain? Yuk cus ke subpoin 2.


Sudah paham penggunaan A, An, The dalam Bahasa Inggris? Pernahkah kau memakai Other atau Another dalam kalimat?Jangan lewatkan bahan dasar berikut:




 


2. Keterangan Waktu Simple Past Tense: Last … (Sunday/week/month/year)


 Keterangan waktu Simple Past Tense bisa bikin kalimat bahasa Inggris lebih kreatif dan in √ Keterangan Waktu Simple Past Tense yang Lebih Bervariasi

Pernah mendengar keterangan waktu pola Simple Past Tense yaitu “last…”? Atau kau pernah menggunakannya dalam kalimat bahasa Inggris menyerupai I went to Clara’s haouse last Monday. yang artinya Senin kemudian saya pergi ke rumah Clara.


Jika kau sudah pernah memakai keterangan waktu ini, kau bisa lanjut ke subpoin ketiga. Tapi kalau mau lihat pola dari penggunaan “last..” ya monggo.


Last berarti terakhir atau lalu. Kata apa saja bisa dipasangkan dengan “last”? Sebenarnya sih apa saja boleh, yang penting menawarkan waktu atau kapan. Boleh hari, bulan, tahun, menyerupai berikut ini.



  • last Saturday = hari Sabtu lalu

  • last night = semalam / tadi malam

  • last week = ahad lalu

  • last January = Januari lalu

  • last month = bulan lalu

  • last year = tahun lalu


Bagaimana kalau ingin menyampaikan 2 tahun lalu, apakah menjadi last two years? Kamu bisa bilang two years ago (pelajari perihal penggunaan “ago” pada subpoin ketiga.


Bagaimana dengan pola kalimat memakai keterangan waktu (Adverbs of Time) Simple Past Tense “last”? Tenang, ini dia pola beserta artinya, simak ya.



  1. I went shopping with Rania last Saturday. (Saya pergi berbelanja bersama Rania hari Sabtu lalu.)

  2. We watched TV last night and didn’t do our homework. (Kami nonton TV tadi malam dan tidak mengerjakan PR.)

  3. My father and I cooked special dishes last week. (Ayah dan saya memasak hidangan Istimewa ahad lalu.)

  4. Did you met her in the city last January? (Apakah kau bertemu dengannya di kota Januari lalu.)

  5. They ate sushi last month. (Mereka makan sushi bulan lalu.)

  6. She didn’t get a Chirstmas present last year. (Ia tidak mendapat hadiah Natal tahun lalu.)


Gampang kan? Jika pengen menambah pengetahuan perihal keterangan waktu, lanjut ke subpoin 3.


Masih belum hapal nama-nama hari dalam Bahasa Inggris? Materi dasar ini sanggup membuatmu semakin mahir. Jangan lewatkan Nama Hari dalam Bahasa Inggris Gampang Cara Mengucapkannya.


 


3. Keterangan Waktu Simple Past Tense: a/an/one … ago (singular) atau … ago (plural)


 Keterangan waktu Simple Past Tense bisa bikin kalimat bahasa Inggris lebih kreatif dan in √ Keterangan Waktu Simple Past Tense yang Lebih Bervariasi

Selain memakai kata “last”, kau juga bisa memakai keterangan waktu “ago”. Kata ini berarti: yang kemudian atau silam. Pokoknya terjadi di masa lampau deh.


Masih ingat pola keterangan waktu dengan memakai kata “last” pada subpoin 2? Misalnya: last week, last month, last year. Semua keterangan waktu di atas bisa diubah menjadi:



  • a week ago = seminggu lalu

  • a month ago = satu bulan yang lalu

  • a year ago = setahun lalu

  • an hour ago = satu jam yang lalu

  • one minute ago = satu menit yang lalu

  • a long time ago = dahulu kala


Ada beberapa pertanyaan: Apakah keterangan waktu “ago” untuk kalimat Simple Past Tense hanya digunakan untuk satu atau singular saja? Bagaimana dengan jumlah waktu yang lebih dari satu, contohnya dua tahun lalu?


Yap kau juga bisa memakai keterangan waktu pola Simple Past Tense yaitu “ago” untuk jumlah lebih dari satu. Coba perhatikan pola berikut beserta artinya. Kamu niscaya lebih paham deh.



  • three weeks ago = tiga ahad lalu

  • six months ago = 6 bulan lalu

  • two years ago = dua tahun lalu

  • ten hours ago = 10 jam yang lalu

  • a few minutes ago = beberapa menit yang telah berlalu

  • four days ago = 4 hari yang lalu


Mantap! Udah sanggup banyak pola keterangan waktu Simple Past Tense memakai kata “ago”, kini waktunya praktek bikin kalimat. Dicoba yuk biar semakin paham.



  1. Siti Jumilah came to my house three weeks ago. (Siti Jumilah tiba ke rumah saya 3 ahad lalu.)

  2. They travelled to California a month ago. (Mereka pergi ke California sebulan lalu.)

  3. There were lots of trees in this forest five years ago. (Ada banyak pohon di hutan ini 5 tahun lalu.)

  4. I made a cup of coffee an hour ago. (Saya menciptakan secangkir kopi sejam yang lalu.)

  5. We didn’t eat pizza a few days ago. (Kami tidak makan pizza beberapa hari lalu.)

  6. Did you call me ten minutes ago? (Apa kau meneleponku 10 menit yang lalu?)


Perhatikan penggunaan kata “ago” untuk singular (satu) dan plural (lebih dari satu). Bisa kau melihat bedanya? Jika teliti dan memperhatikan dengan secama, tentu bisa melihat perbedaannya.


Pelajari keterangan waktu semoga kreatif ketika menciptakan kalimat Bahasa Inggris. Yuk pilih tenses ingin dipahami:




 


4. Keterangan Waktu Simple Past Tense: past date/month/year atau past event


 Keterangan waktu Simple Past Tense bisa bikin kalimat bahasa Inggris lebih kreatif dan in √ Keterangan Waktu Simple Past Tense yang Lebih Bervariasi

Lanjut ke subpoin keempat ya. Nah, kali ini kita nggak akan fokus pada sebuah kata menyerupai sebpoin sebelumnya. Trus fokus pada apa dong?


Kita akan fokus pada peristiwa/kegiatan masa lampau yang bisa menjadi keterangan waktu (Time Expressions) pola Simple Past Tense. Masih belum paham? Oke, nggak masalah.


Jadi gini, yang dimaksud past date/month/year/event itu contohnya pada tahun 1998 (sekarang tahun 2017), pada tanggal 12 Januari (sekarang 30 Januari), ketika ulang tahun lalu, ketika kakek seumuran denganku, dan lain sebagainya. Mau dalam bahasa Inggris? Nih disimak ya!



  • in 1998 = pada tahun 1998

  • on January 12th = pada tanggal 12 Januari

  • on my last birthday = pada ketika ulang tahunku yang lalu

  • when my grandfather was a boy like me. = ketika kakek yaitu anak pria sepertiku

  • during 2003 = selama tahun 2003

  • when I got up this morning = ketika saya bangkit pagi ini


Gimana pola kalimatnya ya?



  1. My niece was born in 1998. (Keponakanku lahir pada tahun 1998.)

  2. My grandfather was a sucessful scout leader when he was my age. (Kakekku yaitu pemimpin pramuka yang sukses ketika ia seusiaku.)

  3. I was very happy because she kissed me on my last birthday. (Aku sangat bahagia alasannya yaitu ia menciumku ketika ulang tahunku yang lalu.)

  4. There was nobody in my house when I got up this morning. (Tidak ada siapa-siapa di rumah ketika saya bangkit tadi pagi.)


Peristiwa atau aktivitas masa kemudian apa masih kau ingat hingga sekarang? Nah, itu bisa kau buat menjadi keterangan waktu pola Simple Past Tense. Trus bikin deh kalimatnya menyerupai itu.


Kamu punya pengalaman seru? Ceritakan aktivitas sehari-hari (Daily Activity) atau dongeng aktivitas hari libur final pekan. Jangan lupa baca dulu:




 


5. Keterangan Waktu Simple Past Tense: always, usually, frequently, often, sometimes, never, once, twice,dan adverb of frequency lainnya


 Keterangan waktu Simple Past Tense bisa bikin kalimat bahasa Inggris lebih kreatif dan in √ Keterangan Waktu Simple Past Tense yang Lebih Bervariasi

Lha, bukannya keterangan ini digunakan dalam kalimat Present Tense saja ya? Yap, saya biasanya memakai keterangan waktu ini dalam kalimat Simple Present Tense.


Dan, ternyata kata keterangan frekuensi ini bisa digunakan untuk menciptakan kalimat perihal masa lampau. Sudah tahu kan artinya masing-masing kata tersebut? Yuk pribadi lihat pola kalimat beserta artinya.



  1. He never came to my house. (Dulu ia tidak pernah tiba ke rumah saya.)

  2. We frequently cooked our favourite dinner together. (Dulu kami sering kali memasak sajian makan malam bersama.)

  3. When they were kids, they didn’t always get their wish. (Ketika mereka masih kecil, mereka tidak selalu mendapat impian mereka.)

  4. Once upon a time, there lived a poor widow. (Pada suatu hari hiduplah seorang janda miskin.)


***


Semoga semakin bakir memakai keterangan waktu Simple Past Tense dalam kalimat bahasa Inggris ya. Let’s practice so you make progress!


Pengen tahu lebih banyak perihal Simple Past Tense? Nih, semua materinya ada di bawah ini. Tinggal klik bahan yang ingin kau pahami.






Sumber https://englishcoo.com