Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Teladan Resensi Film Soekarno Karya Hanung Bramantyo

Konten [Tampil]

Contoh Resensi Film Soekarno Karya Hanung Bramantyo – Di bawah ini, terdapat sebuah resensi dari film populer Indonesia, ialah Soekarno.


Identitas Resensi


Sutradara : Hanung Bramantyo

Produser : Raam Punjabi

Pemeran :


– Ario Bayu : Soekarno

– Lukman Sardi : Moh. Hatta

– Tanta Ginting : Sutan Syahrir

– Tika Bravani : Fatmawati

– Maudy Koesnaedi : Inggit Ganarsih

– Sujiwo Tejo : Soekemi Sosrodiharjo (Ayah Soekarno)

– Mathias Muchus : Ayah Fatmawati

– Rully Kertaredjasa : ibu Fatmawati

– Ferry Salim : Jenderal Sakaguchi

– Stefanus Wahyu : Sayuti Melik

– Agus Kuncoro : Gatot Mangkuprojo

– Elang : Karto Suwiryo

– Agus Mahesa : Ki Hajar Dewantara

– Hamid Salad : Ahmad Soebardjo

– Hengky Solaiman : Koh Ah Tjun

– Emir Mahira : Soekarno muda

– Aji Santosa : Soekarno kanak-kanak

– Ria Irawan ; Mucikari


Studio : Dapur Film

Distributor : MVP Pictures

Tanggal rilis : 11 Desember 2013

Durasi : 137 menit

Negara Bahasa : Bahasa Indonesia


Film ini berisikan ihwal pengalaman sejarah bangsa Indonesia yang mengambil dongeng tokoh sejarah sang proklamator yang juga merupakan presiden RI yang pertama yakni Soekarno. Kebesaran namanya dikenal sampai mancanegara dimulai ketika kemerdekaan Indonesia dan menggagas konferensi Asia Afrika yang melatarbelakangi pembebasan negara terjajah dari kolonialisme. Pada ketika itu juga Indonesia menegaskan untuk tidak memihak Blok barat maupun Blok timur dengan mendeklarasikan gerakan Non Blok.


Sinopsis


Soekarno terlahir dengan nama kecil Kusno, ayahnya mengganti nama Kusno menjadi Soekarno yang terinspirasi dari nama tokoh ksatria dalam pewayangan yakni adipati Karno. Ayah Soekarno mempunyai impian semoga Soekarno sanggup menjadi orang besar berjiwa ksatria. Pada usia Soekarno yang ke-24, ia dipenjara oleh pemerintah kolonial Belanda alasannya meneriakkan kata-kata “Kita Harus Merdeka” di atas podium Sarekat Islam. Selanjutnya Soekarno diasingkan ke Ende, kemudian di buang ke Bengkulu.


Di Bengkulu Soekarno aktif dalam organisasi massa Muhammadiyah namun ia istirahat sejenak dalam acara politiknya. Dipengasingan ia bertemu dengan seorang gadis berjulukan Fatmawati, Soekarno pun jatuh cinta pada Fatmawati.Pada ketika itu Soekarno masih beristrikan Inggit Ganarsih. Dengan berat hati Inggit merelakan suaminya menikahi Fatmawati. Ditengah-tengah kemelut rumah tangga Soekarno, Jepang tiba ke Indonesia dengan mengampanyekan perang Asia Timur Raya. Soekarno pun terpanggil untuk merencanakan srategi poloitiknya.



style="display:inline-block;width:336px;height:280px"
data-ad-client="ca-pub-9290406911233137"
data-ad-slot="2698768695">


Mohh. Hatta dan Syahrir mengingatkan Soekarno bahwa Jepang mempunyai niatan yang sama menyerupai Belanda yakni menjajah Indonesia. Rakyat Indonesia hendak dimanfaatkan untuk kepentingan perang Jepang. Syahrir dengan tegas menolak kedatangan Jepang, namun Soekarno mempunyai pemikiran lain. Jika kita cerdas, kita yang akan memanfaatkan jepang. Bukan kita yang dimanfaatkan. Hatta mengikuti keyakinan Soekarno sedangkan Syahrir dan kelompok pemudanya menolak tawaran Soekarno, bahkan dengan terang-terangan Syahrir mencemooh Soekarno dan Hatta.


Ketika Jepang mendatangi Indonesia, Belanda dalam keadaan kocar kacir. Banyak diantara petinggi Belanda yang mati dihukum oleh Jepang. Namun Jepang tidak semena-mena menghadapi Soekarno, Ketika itu Soekarno masih berada di Bengkulu dan Jepang berencana untuk membawa Soekarno ke Jawa dengan tujuan semoga soekarno mau membujuk rakyat Indonesia semoga mendukung Jepang dalam peperangan Asia Timur Raya. Dengan propaganda Jepang yang disebut dengan 3A, yakni Jepang Cahaya Asia, Jepang sobat Asia, dan Jepang pelindung Asia, Jepang berupaya untuk menarik simpati rakyat Indonesia.


Soekarno merasa pemanfaatan situasi ketika ini sanggup dilakukan dengan berilmu untuk memberi peluang kepada bangsa Indonesia semoga memeroleh kemerdekaannya. Namun Syahrir dengan keras menolak pemikiran Soekarno dan menuduh Soekarno sebagai antek-antek Jepang. Mohh. Hatta dengan tegas menjadi penengah diantara keduanya. Pada kesudahannya mereka bersepakat untuk membagi Tugas, Soekarno dan Hatta mencari celah untuk memanfaatkan Jepang, sedangkan Syahrir menghimpun massa perjaka sebanyak-banyaknya untuk mendukung perjuangan.


Di ketika yang sama, Amerika Serikat mengalami kekalahan di Pearl Harbour. Dengan kalap amerika menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki di Jepang untuk mengakhiri perang. Jepang mengalah kepada tentara Amerika. Kejadian ini diketahui oleh Syahrir dan kemudian menyampaikannya pada Soekarno dan Hatta. Syahrir memaksa Soekarno dan Hatta untuk tidak lagi mengikuti akad jepang atas kemerdekaan Indonesia yang rencananya akan diproklamirkan pada tanggal 22 agustus 1945.


Disaat soekarno sedang mempertimbangkan beberapa hal untuk mengambil langkah-langkah menuju kemerdekaan, kelompok perjaka mulai bergerak. Mereka melaksanakan penculikan terhadap Soekarno dan Hatta serta fatmawati ke Rengasdengklok pada tanggal 15 Agustus 1945. Syahrir yang tidak mengetahui akan kejadian ini begitu mengetahuinya, ia murka besar. Meski dalam beberapa hal ia bertentangan dengan Soekarno, namun ia begitu menghormati Soekarno. Ia menyatakan bahwa Soekarno dan Hatta merupakan tokoh yang penting dalam usaha kemerdekaan Indonesia. Syahrir mendesak semoga para perjaka mengembalikan Soekarno dan Hatta ke Jakarta. Sampai pada kesudahannya kemerdekaan Indonesia pun terwujud dengan melalui beberapa tahap . Soekarno membacakan naskah teks proklamasi, selanjutnya pengibaran bendera merah putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya.


Kelebihan yang terdapat dalam Film soekarno ini terletak pada tugas dan fungsi film berlatar belakang sejarah yang bisa menjadi media pembelajaran sejarah yang tergolong efektif. Melalui film banyak generasi muda yang cenderung lebih tertarik mempelajari sejarah bangsa, ketimbang membaca buku sejarah yang cenderung membosankan. Melalui isi dongeng dalam film, Bangsa Indonesia ketika ini sanggup mengetahui bahwa kemerdekaan negara Indonesia yang kini ini merupakan hasil usaha keras tokoh-tokoh bangsa terdahulu. Sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk mengisi kemerdekaan ini dengan berkarya dn mengabdi pada bangsa Indonesia.



Sumber https://www.kakakpintar.id