√ 9 Faktor Pendorong Perdagangan Internasional
9 Faktor Pendorong Perdagangan Internasional – Perdagangan internasional sanggup terjadi apabila ada komitmen bersama antar dua Negara yang saling membutuhkan sebagai perjuangan pemenuhan kebutuhan masing-masing Negara. Banyak sekali manfaat yang ditimbulkan oleh perdagangan internasional.
Salah satunya yaitu perdagangan internasional sanggup meningkatkan pendapatan Negara. Ada beberapa faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional. Nah, berikut ini yaitu faktor pendorong peradagangan internasional.
1. Usaha untuk Memenuhi kebutuhan
Faktor pendorong kebutuhan nasional yang utama yaitu adanya impian untuk memperoleh barang atau jasa yang tidak sanggup diproduksi di dalam negeri sendiri. Hal ini dikarenakan intinya tidak semua Negara sanggup menghasilkan semua barang atau jasa. Contohnya yaitu Negara-negara Industri tidak sanggup memproduksi materi baku menyerupai kain, karet, dan lain sebagainya, sehingga mereka harus mengimpor dari Negara lain penghasil materi baku industri, menyerupai Indonesia.
Begitu juga sebaliknya, Negara berkembang menyerupai Indonesia belum sanggup memproduksi alat—alat industry modern menyerupai pesawat terbang, kereta api, dan lain-lain sehingga Negara kita melaksanakan impor barang-barang tersebut dari Negara-negara maju.
2. Perbedaan Kekayaan Sumber Daya Alam
Setiap Negara mempunyai keadaan geografis yang berbeda- beda, sehingga perbedaan tersebut menjadkan setiap Negara mempunyai kekayaan sumber daya alam yang berbeda-beda pula. Pada dasarnya, sumber daya alam yaitu faktor produksi negara. Oleh alasannya yaitu itu, setiap Negara mempunyai keanekaragaman kondisi produksi.
Misalnya, Negara Indonesia kaya akan hasil buminya menyerupai Cengkeh, lada, kopi, dan sebagainya sedangkan Negara Australia merupakan penghasil binatang ternak, menyerupai sapi. Dengan demikian kedua negara tersebut sanggup melaksanakan pertukaran. Indonesia yang membutuhkan daging mengimpor dari
Australia dan Australia mengimpor hasi bumi dari Indonesia. Keanekaragaman produksi inilah yang menjadi faktor pendorong perdagangan internasional.
3.Perbedaan Selera
Selera ternyata sanggup menimbulkan perdagangan internasional. Contohnya yaitu Negara A sebagai penghasil daging sapi dan Negara B sebagai penghasil daging ayam dengan jumlah yang sama.
Namun, masyarakat Negara A lebih menyukai daging ayam, sedangkan Negara B menyukai daging sapi. Kondisi menyerupai ini sanggup mendorong terjadinya perdagangan internasional yang akan menghasilkan laba bagi kedua Negara.
style="display:inline-block;width:336px;height:280px"
data-ad-client="ca-pub-9290406911233137"
data-ad-slot="2698768695">
4. Perbedaan Iklim
Iklim ternyata juga sanggup mendorong terjadinya perdagangan internasional. Perbedaan iklim setiap Negara mengakibatkan terbatasnya potensi sumber daya alam. Akibatnya, tidak semua barang untuk memenuhi kebutuhan sanggup dipenuhi sendir oleh Negara tersebut. Oleh alasannya yaitu itu, Negara akan mengimpor dari Negara lain.
Sebagai contoh, Indonesia merupakan produsen tempe terbesar di dunia alasannya yaitu rakyatnya gemara mengkonsumsi tempe. Namun, alasannya yaitu iklim di Indonesia yang kurang manis mengakibatkan kedelai tidak sanggup tumbuh dengan baik di Indonesia, sehingga untuk memenuhi kebutuhan kedelai Indonesia mengimpor dari Negara lain yang menghasilkan kualitas kedelai terbaik.
5. Adanya impian untuk memperluas pasar dan menambah keuntungan
Ada kalanya para produsen menjalankan produksinya dengan tidak maksimal alasannya yaitu takut akan menimbulkan kelebihan produksi sehingga akan mengakibatkan kerugian. Namun, beberapa produsen sengaja melaksanakan produksi besar-besaran untuk menambah laba sehingga akan mendorong mereka untuk melaksanakan perdagangan internasional.
6.Keinginan memperoleh laba dan meningkatkan pendapatan Negara
Perdagangan internasional sanggup meningkatkan pendapat suatu Negara. Hal ini akan mendorong setiap Negara melaksanakan perdagangan internasional baik ekspor maupun impor. Keuntungan tersebut didapat dari pajak kegiatan ekspor dan impor, dan juga hasil ekspor barang produksi Negara itu sendiri.
7. Adanya kelebihan produk dalam negeri
Terkadang suatu Negara melaksanakan produski secara besar-besaran sehingga menimbulkan kelebihan produk. Untuk menghindari kerugian, mereka harus menjualnya ke pasar yang lebih luas. Oleh alasannya yaitu itu, kelebihan barang produksi sanggup mendorong perdagangan internasional.
8. Keinginan membuka kerja sama, hubungan politik dan pertolongan dari negara lain.
Perdagangan internasional sanggup menimbulkan rasa persahabatan bagi kedua Negara. Oleh alasannya yaitu itu, perdagangan internasional sanggup dijadikan alasan untuk melaksanakan hubungan internasional bagi suatu Negara.
9.Terjadinya periode globalisasi
Era globalisasi menimbulkan suatu Negara tidak sanggup memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri, sehinga semua barang atau jasa bebas masuk ke Negara lain.
Nah, menurut uraian di atas sanggup disimpulkan bahwa faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional yaitu adanya rasa saling membutuhkan. Selain itu alasannya yaitu terpaksa dengan adanya periode globalisasi dunia, sehingga mau tidak mau setiap negara harus ikut didalamnya.
Sumber https://www.kakakpintar.id