√ Pengertian Dan Ciri Perusahaan Dagang
Pengertian dan Ciri Perusahaan Dagang – Jika dipelajari secara mendalam, kegiatan sebuah perusahaan sanggup diklasifikasikan ke dalam tiga macam diantaranya yakni perusahaan dagang, perusahaan jasa, dan perusahaan pabrikasi. Dalam sektor real, pasar dibedakann atas dua jenis yakni pasar berbentuk barang dan pasar dalam bentuk jasa. Sekilas wacana perusahaan jasa berkenaan dengan pengertiannya ialah perusahaan yang dibangun oleh perseorangan atau kolektif yang kegiatan utamanya yakni pergerakan dibidang penjualan jasa atau melayani jasa tertentu. Pendapatan yang didapatkan melalui perusahaan jasa tersebut yakni berupa hasil dari penjualan jasa. Contohnya pada perusahaan konsultasi berguru atau bimbingan berguru yang menjual jasa bimbingan berguru intensif, kursus bahasa asing, ojek online, pijat refleksi, perusahaan travel haji dan umroh, jasa titipan kilat, forum training kepemimpinan, event organizer, dan lain sebagainya. Pernyataan serta pola tadi sedikit menggambarkan mengenai perbedaan antara perusahaan barang dan jasa. Sekilas melalui pernyataan tersebut menggambarkan wacana menyerupai apa perusahaan jasa. Berikut ini merupakan pembahasan mengenai pengertian perusahaan dagang beserta ciri-ciri umumnya!
A. Pengertian Perusahaan Dagang
Selanjutnya perusahaan dagang merupakan perusahaan yang memilki kegiatan pokok yang mengerjakan pembelian sebuah barang yang selanjutnya akan diperjualkan kembali baik dengan perubahan bentuk fisik maupun tidak. Selain itu juga fungsi dari barang tersebut sanggup jadi diubah atau pun tidak bergantung dari keterbutuhan konsumen. Perusahaan jenis ini mendapat penghasilan melalui penjualan barang dagangan untuk kebutuhan konsumsi. Contoh dari perusahaan jenis ini diantaranya yakni toko perlengkapan sekolah, toko buku, toko mainan, toko konveksi, warung kuliner padang, toko peralatan olah raga, toko peralatan musik dan lain-lain.
B. Ciri Perusahaan Dagang
Perusahaan dagang mempunyai ciri dan karakteristik yang berbeda dari perusahaan jasa dan perusahaan industry . Oleh karenanya, perusahaan dagang dalam hal siklusnya mempunyai karakteristik yang khas. Karakteristik atau ciri-ciri perusahaan dagang, yakni sebagai berikut!
style="display:inline-block;width:336px;height:280px"
data-ad-client="ca-pub-9290406911233137"
data-ad-slot="2698768695">
– Pada kegiatan usahanya yakni mengerjakan pembelian serta penjualan barang tanpa mengerjakan proses produksi atau tanpa adanya proses produktivitas.
– Omset atau pendapatan pokok didapatkan melalui kegiatan perdagangan barang.
– Nilai persedian awal + Pembelian Bersih -Persediaan Akhir = barang mempunyai harga pokok.
– Penjualan higienis – Harga pokok barang yang dijual = Laba kotor
– Melakukan kegiatan transaksi jual beli barang dagang, baik secara tunai / pribadi ataupun secara berangsur-angsur / kredit.
– Membayarkan hutang yang disebabkan modal perjuangan untuk banyak sekali kegiatan jual beli dalam sebuah perusahaan.
– Melakukan kegiatan penyimpanan / penyetokan barang dagang yang akan dijual sebagai materi konsumsi untuk konsumen.
– Catatan manajemen yang ada pada perusahaan dagang biasanya mencakup pembelian barang, retur, pengurangan harga pembelian, persediaan barang dagangan, potongan pembelian, penjualan, retur dan pengurangan harga penjualan, beban angkut pembelian, harga pokok penjualan, potongan penjualan, dan beban angkut penjualan.
– Beban perjuangan pada perusahaan dagang umumnya diklasifikasikan menjadi dua kelompok, yakni beban manajemen umum dan beban pemasaran.
a. Beban pemasaran ialah keseluruhan beban yang dikeluarkan untuk penyerahan barang dagangan terhadap konsumen. Dengan pengertian lain yakni biaya operasional yang harus dikeluarjan sebagai kompensasi atas kegiatan penjualan. Contohnya honor karyawan serpihan marketing, biaya transportasi, biaya produksi dan lain-lain.
b. Beban manajemen umum ialah biaya yang dibebankan atau dikeluarkan dalam rangka operasional pengelolaan / manajerial perusahaan contohnya contohnya honor karyawan serpihan manajemen kantor dan biaya operasional penggunaan kemudahan kantor.
Sumber :
Nur Aisyah, Mimin dkk, 2009, Ekonomi Untuk Sekolah Menengan Atas dan MA kelas XII, Jakarta, CV Sahabat.
Sumber https://www.kakakpintar.id