Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pengertian Tata Surya, Anggotanya, Dan Susunannya Paling Lengkap

Konten [Tampil]

Berikut ini pengertian tata surya dan anggotanya, dilengkapi juga dengan susunannya. Saat malam hari, kalau langit tidak mendung kita sanggup melihat bulan dan bintang di langit. Bitang termasuk benda langit yang sanggup memancarkan cahaya sendiri sedangkan bulan tidak cahaya bulan berasal dari matahari. Pelanet-planet uga mendapat cahaya dari bintang. Kita dapar mengetahui bintang paling erat dengan planet bumi, yaitu matahari. Dalam tata surya matahari merupakan pusatnya dan dikelilingi oleh benda langit lainnya. Lalu pada kesempatan kali ini mari kita pahami bersama menganai definisi tata surya serta benda langit yang ada di dalamya.


A. Apa Pengertian Tata Surya?


Yang dimaksud dengan tata surya yaitu susunan benda langit yang terdiri dari matahari sebagai pusatnya dan dikelilingi oleh planet-planet, maupun benda lainnya (asteroid, meteorid, dan asteroid). Atau Tata Surya merupakan kumpulan planet dan benda langit lainnya yang beredar mengelilingi matahari sebagai pusatnya. Sebutan untuk gerakan benda langit yang mengelilingi matahari disebut dengan berevolusi.


Lalu bagaimanakah tata surya terbentuk? Berikut salah satu teorinya  yang terkenal:


Teori Big Bang (Oleh Georges Lemaître pada tahun 1920-an) merupakan suatu istilah untuk menggambarkan sebuah dentuman besar atau ledakan sangat dahsyat. Beberapa ilmuan mempercayai bahwa tata surya ini dahulunya merupakan bintang yang berukuran sangat besar sekali. Dalam waktu jutaan tahun, umur bintang tersebut habis kemudian meledak. Ledakan tersebut sangatlah dahsyat, alasannya yaitu ukuran dan energi yang dimiliki bintang tersebut. Partikel yang terlontar jawaban ledakan tersebt menyau terus memadat jawaban dari gaya gravitasi dan energi ledakannya. Sehingga menjadi benda-benda langit ketika ini.


B. Apa saja Anggota Tata Surya?


a. Matahari


Matahari merupakan bintang yang sanggup memancarkan sinarnya hingga ke permukaan bumi dan planet maupun benda langit lain yang mengelilinginya. Jika pada siang hari cahaya matahari akan terasa panas. Suhu permukaan matahari kira-kira mencapai 6.000 derajat celcius itulah mengapa matahari sanggup menciptakan mata kita silau kalau melihatnya, semakin ke lapisan lainnya maka suhunya akan semakin tinggi. Inti matahari suhunya sanggup mencapai 18 jt derajat celcius. Tapi suhu yang terdapat pada matahari tidak merata. Matahari mempunyai gravitasi yang cukup kuat, sehingga gas-gas yang terdapat pada matahari tidak tersebar. Kekuatan gravitasi pada matahari juga mempunyai kegunaan sebagai untuk menekan sentra nuklir sehingga tidak terjadi ledakan. Matahari sebagain besar terdiri dari gas hidrogen, gas helium, oksigen, dan unsur berat lainnya ibarat besi maupun nikel. Pada pusatnya matahari setiap detik 600 juta hidrogen terbakar menjadi helium melalui reaksi nuklir. Massa matahari diperkirakan 1989E30 kg, mempunyai diameter 1.400.000 KM. Jarak matahari dari bumi sangat jauh dipekirakan 150 juta kilometer. Matahari di perkirakan mempunyai usia 4,603 miliar tahun.


 kalau langit tidak mendung kita sanggup melihat bulan dan bintang di langit √ Pengertian Tata Surya, Anggotanya, dan Susunannya Paling Lengkap

gambar: langitselatan.com


b. Planet


Planet merupakan benda langit yang mengelilingi mata hari dengan lintasan tertentu salah satu planet yang mengelilingi matahari yaitu bumi. Planet memantulkan cahaya dari manahati dalam tata surya terdapat delapan planet yaitu merkurius, venus, bumi, mars, saturnus, uranus, dan neptunus, di bawah ini secara terperinci planet tata surya dan keterangannya :


1. Merkurius


merupakan planet terdekat dari matahari kira-kira berjarak 58 juta kilometer, diameter planet merkurius sekitar 4.862 KM, waktu yang diharapkan merkurius untuk sekali mengelilingi matahari yaitu 88 hari. Karena planet paling erat dengan matahari merkurius terlihat sangat terang kalau dilihat dari bumi, maka itulah sering disebut dengan bintang senja.


2. Venus


Venus merupakan planet kedua yang jaraknya paling erat dengan matahari, jaraknya sekitar 108 juta KM dari matahari, mempunyai diameter sekitar 12.100 KM, waktu yang diharapkan Venus untuk sekali mengelilingi matahari yaitu 225 hari, suhu permukaan venus sekitar 480 derajat celcius, sehingga permukaaan planet ini kering. Karena suhu permukaanya begitu tinggi maka venus disebut dengan palenet putih dan cemerlang, atau kita sering menyebutnya bintang fajar/kejora.


3. Bumi


Bumi merupakan planet ketiga yang erat dengan matahari, berjarak 150 Juta KM dari matahari, dan merupakan planet yang ada kehidupannya. Diameter bumi sekitar 12.750 KM, dan waktu yang diharapkan Bumi untuk sekali mengelilingi matahari yaitu 365 hari. Usia bumi diperkirakan sudah 4,543 Miliar Tahun. Planet bumi mempunyai atmosfir (lapisan udara), Atmosfir terdiri dari banyak sekali macam gas, dan mempunyai kegunaan sebagai pelindung dari sinar radiasi matahari serta benda langit lainnya yang jatuh ke bumi alasannya yaitu gravitasi. Bumi mempunyai satu satelit yaitu Bulan. (Baca juga: Pengertian atmosfer dan lapisannya lebih jelas)


4. Mars


Merupakan planet yang berwarna kemerah-merahan, jarak Mars ke matahari sekitar 228 juta KM. waktu yang diharapkan Mars untuk sekali mengelilingi matahari yaitu 687 hari. Permukaan mars kering, dan lapisan atmosfirnya tipis, mars mempunyai suhu yang tidak terlalu panas siang hari sekitar 30 derajat celcius dan mlam harinya sekitar -70 derajat celcius, dan mempunyai dua satelit.


5. Yupiter


Merupakan planet terbesar di tata surya, diameter Yupiter mencapai 143.000 KM atau 11x diameter Bumi, jaraknya ke matahari sekitar 778 juta KM, waktu yang diharapkan Yupiter untuk sekali mengelilingi matahari yaitu 12 tahun, dan mempunyai 79 buah satelit hingga ketika ini.


6. Saturnus


Merupakan pelanet terbesar kedua sehabis Yupiter dalam tata surya. Planet saturnus merupakan pelanet yang indah alasannya yaitu dikelilingi oleh debu-debu dan partikel kecil sehingga terlihat ibarat cincin. Planet Saturnus mempunyai diameter sekitar 120.000 KM, jarak dengan matahari sekitar 1.427 juta KM, waktu yang diharapkan untuk sekali mengelilingi matahari yaitu 29,5 tahun, mempunyai sekitar 62 satelit hingga ketika in, dan suhu permukaannya -145 derajat celcius.


7. Uranus


Uranus merupakan planet ke tujuh dalam tata surya, mempunyai jarak dengan matahari sekitar 2.871 Juta KM, diameter planet Uranus sekitar 50.1000 KM, waktu untuk sekali mengelilingi matahari yaitu 84 tahun, mempunyai lima satelit, dan suhu permukaanya -180 derajat celcius.


8. Neptunus


Merupakan pelanet terakhir pada tata surya dan letaknya paling jauh dari matahari yaitu sekitar 4.497 juta KM, Neptunus mempunyai garis tengah 48.600 KM, suhu permukaaanya sekitar -190 derajat celcius, waktu yang diharapkan untuk sekali mengelilingi matahari yaitu 165 tahun, dan mempunyai dua buah satelit.


Merkurius, venus, bumi dan mars di sebut dengan pelanet bab dalam alasannya yaitu terdiri dari batuan padat dan tidak mempunyai sistem cincin. Sedangkan Yupiter, Saturnus, Uranus Dan Neptunus Disebut pelanet bab luar, Karena berukuran besar atau di sebut planet raksasa gas, dan mempunyai sistem cincin meski hanya Saturnus yang cincinya sanggup terlihat.


Dari planet tata surya dan keterangannya teersebut, Sebenanya dulu ada 9 (Sembilan) Planet Termasuk Pluto dengan jarak terjauh dari matahari, tapi ketika ini menjadi 8 (Delapan) planet alasannya yaitu Pluto tidak diakui sebagi planet alasannya ukurannya terlalu kecil, sering keluar dari orbitnya, dan sering mengorbit di planet lain.


c. Satelit


Merupakan benda langit yang berukuran lebih kecil dari planet, berputar pada porosnya dan beredar mengelilingi planet. Satelit bersama planet berputar mengelilingi matahari. Gerakan satelit yaitu berputar pada porosnya, berevolusi mengelilingi planet, bersama dengan planet berevolusi mengelilingi matahari. Satelit ada dua macam yaitu satelit alami ibarat bulan, dan satelit buatan yang di buat oleh manusia. (Baca juga: Pengertian satelit dan misalnya dilengkapi fungsinya)


d. Komet


Merupakan benda langit yang mengelilingi matahari dan mempunyai garis edar sendiri yang berbentuk sangat lonjong, Kata komet sendiri berasal dari bahasa Yunani, yang mempunyai arti “sangat Panjang”. Komet terdiri dari kumpulan debu-debu dan gas yang membeku ketika menjauh dari matahari dan ketika mendekat dengan matahari sebagain besar materi penyusun komet akan menguap membentuk kepala gas dan ekor, ekor komet sanggup mencapai hingga jutaan Kilo Meter. Bagian-bagian komet diantaranya inti, koma, awan hidrogen, dan ekor. Inti dari sebuah komet sanggup kerikil ataupun salju dan ekor komet arahnya selalu menjauh dari matahari. Jenis komet yang paling populer yaitu komet Halley yaitu komet yang sanggup terlihat dari bumi setiap 75 tahun sekali.


e. Meteoroid


Meteoroid merupakan benda langit yang sanggup masuk kedalam wilayah atmosfer bumi. Di tata surya Meteorid berjumlah sangat banyak. Jika Meteoroid masuk ke wilayah bumi dengan kecepatan tinggi akan mengekibatkan tabrakan dengan lapisan udara/atmosfer bumi sehingga menjadikan pijaran api dan dari kejahuan sanggup terlihat ibarat bintang jatuh. Sedangkan meteorit yaitu kerikil meteor yang jatuh hingga ke permukaan bumi, kerikil meteor yang jatuh ke permukaan bumi berukuran kecil alasannya yaitu sebelum jatuh mengalami tabrakan dengan atmosfer bumi. Batu meteor mengandung besi dan nikel.


f. Asteroid


Merupakan benda langit yang kecil layaknya bergerak ibarat planet mengelilingi matahari. Asteroid sering disebut juga sebagai planet kecil, dan banyak di jumpai pada lintasan planet Mars dan Yupiter. Asteroid yang berukuran besar dinamai Ceres, berdiameter sekitar 685 KM.


C. Susunan Tata Surya


Secara garis besar, susunan tata surya yaitu Matahari sebagai pusatnya kemudian planet yang berevolusi mengelilingnya, mulai dari planet Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Dan Neptunus. Lalu terdapat benda angkasa lainnya di dalam tata surya ibarat Satelit, Meteorit, Asteroid, Dan Komet. Untuk lebih terperinci sanggup dilihat pada gambar sederhana dibawah ini:


 kalau langit tidak mendung kita sanggup melihat bulan dan bintang di langit √ Pengertian Tata Surya, Anggotanya, dan Susunannya Paling Lengkap

Gambaran umum susuanan dari tata surya


D. Kesimpulan


Dari klarifikasi di atas maka sanggup diambil kesimpulan bahwa tata surya yaitu kumpulan planet dan benda langit lainnya yang beredar mengelilingi matahari sebagai pusatnya. Anggota tata surya diantaranya:



  1. Matahari

  2. Planet

  3. Satelit

  4. Komet

  5. Meteoroid

  6. Asteroid


Dan susunan tata surya secara garis besarnya yaitu matahari sebagai pusatnya kemudian planet-planet yang berevolusi mengelilingnya, mulai dari planet Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus serta terdapat benda lamgit lainnya ibarat Satelit, Komet, Meteoroid dan Asteroid.


Demikian goresan pena yang membahas perihal pengertian tata surya dan benda langit lainnya, biar goresan pena singkat ini sanggup bermanfaat terutama dalam menambah wawasan kita, kalau ada kesalahan mohon dimaafkan sekian dan terimakasih.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com