Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pengertian Seni Rupa Terapan, Fungsi, Dan Misalnya Secara Umum

Konten [Tampil]

Berikut ini goresan pena perihal pengertian seni rupa terapan, fungsi, dan contohnya. Saat ini seni rupa terapan banyak di minati oleh masyarakat, lantaran banyak mempunyai manfaat bagi kehidupan. Untuk mengetahi apa itu seni rupa terapan, dan apa saja fungsi, beserta contohnya. Berikut ini mari kita bahasa gotong royong mengenai definisi seni rupa terapan di bawah ini.


A. Apa Itu Seni Rupa Terapan?


Yang dimaksud dengan seni rupa terapan yakni suatu karya seni yang dibentuk untuk memenuhi kebutuhan manusia, menyerupai memenuhi fisik dan psikologis manusia, lantaran hasil karyanya bukan hanya dari segi keindahan saja tapi mempunyai kegunaannya juga untuk dipakai sebagai peralatan sehari-hari.


Jadi maksud dari pengertian seni rupa terapan yaitu karya seni yang mempunyai fungsi tertentu untuk kehidupan dan sanggup dipakai sehari-hari. Seni rupa terapan mempunyai dua fungsi yaitu Fungsi Pakai artinya selain bernilai artistik yang mempunyai keindahan tapi sanggup dipakai juga untuk keperluan insan sehari-harinya. Biasanya berbentuk benda yang terbuat dari anyaman, tanah liat, kramik, kerajinan furniture, dan lain-lain.


Sering sekali kita beranggapan bahwa yang dimaksud Seni rupa yaitu barang yang hanya dipajang saja dan ditempatkan ditempat tertentu untuk dinikmati keindahannya saja. Perlu di ketahui bahwa jikalau di telusuri lebih dalam lagi seni rupa ada beberapa jenis diantranya seni rupa murni dan seni rupa terapan. Seni rupa murni merupakan seni yang sanggup dinikmati keindahannya saja, tapi seni rupa terapan selain untuk bermanfaat bagi keindahan tapi sanggup berkhasiat juga untuk kehidupa sehari-hari manusia. Baca juga: Pengertian Seni Rupa, Unsur, Prinsip, dan Jenis atau Cabangnya.


 Saat ini seni rupa terapan banyak di minati oleh masyarakat √ Pengertian Seni Rupa Terapan, Fungsi, dan Contohnya Secara Umum

sumber gambar: pixabay.com


B. Apa Fungsi Seni Rupa Terapan?


Setelah mengetahi pengertian seni rupa terapan, maka berikut ini merupakan fungsi seni rupa terapan, yang dibagi menjadi dua macam diantaranya:


a. Fungsi Estetis


Yaitu fungsi untuk memenuhi kebutuhan hidup insan yang berafiliasi dengan rasa keindahan, menyerupai karya seni lukis, patung, dan hisan dinding lainnya.


b. Fungsi Praktis


Yaitu fungsi untuk memenuhi kebutuhan insan yang berafiliasi dengan nilai guna pakai suatu benda. Misalnya menyerupai dingklik dari rotan, bingkai foto, vas bunga hias, keranjang dari anyaman, dan lain-lain.


C. Contoh Seni Rupa Terapan


Berikut ini beberapa Contoh seni rupa terapan, yang ada di sekitar kita misalnya:


a. Rumah Adat


Yaitu salah satu seni rupa terapan yang berupa sebuah bangunan dan mempunyai aneka macam macam jenis atau bentuk. Rumah moral di Indonesia banyak sekali jenisnya tergantung kebudayaan wilayahnya masing-masing. Rumah moral merupakan sempurna tinggal masyarakat di Indonesia pada jaman dahulu.


b. Pakaian Tradisional


Yaitu salah satu teladan karya seni rupa terapan yang berupa busana. Jenis pakaian tradisional juga tergantung kebudayaan di setiap tempat yang ada di Indonesia. Pakaian tradisional mempunyai nilai seni yang tinggi, dan selalu dipakai ketika acara-acara tertentu.


c. Kejinan Anyaman


Yaitu suatu karya seni yang terbuat dari serat (rotan, bambu dll) kemudian di rangkai sehingga membentu suatu benda yang sanggup berkhasiat untuk kehidupan manusia. Misalnya menyerupai dingklik dari bambu dan rotan, tutup nasi dari bambu, kandang burung, tikar, dan lain-lain. Seiring perkembangan zaman kerajinan ini mulai tergantikan dan banyak yang terganti oleh plastik.


d. Kerajinan Kulit


Yaitu seni rupa terapan yang terbuat dari kulit binatang (sapi, domba, buaya, ular, dll), tapi ketika ini ada juga kulit sintetis. Pengrajinnya masih tergolong banyak di setiap tempat di Indonesia. Hasil karyanya menyerupai jaket, tas, dompet, sabuk, sepatu, dan lain-lain.


e. Batik


Yaitu sejenis pakaian yang mempunyai corak khas. Di Indonesia batik sangat popular sampai populer ke mancanegara. Selain berfungsi dari segi keindahan batik juga berfungsi sebagai pakaian, baik itu sanggup dipakai untuk sehari-hari dan program tertentu. tekhnik pembuatan batik ada beberapa macam mulai dari batik tulis, lukis, cap, dan print.


f. Poster


Yaitu karya seni rupa terapan yang berupa grafis terdiri dari gambar dan abjad pada kertas berukuran tidak mengecewakan besar. Poster biasanya di tempel di tempat-tempat umum tujuannya untuk menarik perhatian banyak orang. Poster biasanya berisi perihal iklan atau sebuah ajakan.


g. Kerajinan tanah liat


Yaitu kerajinan yang terbuat dari tanah liat, di bentuk dengan tekhnik tertentu sehingga akibatnya sanggup bermanfaat bagi manusia. Contoh karya seninya berupa Gerabah, pot dari tanah liat, asbak, piring, mangkok, patung, genteng, watu bata, dan lain-lain.


h. Senjata Tradisional


Yaitu benda yang berkhasiat sebagai senjata di jaman dahulu, guna lainnya sebagai peralatan untuk bekerja, tapi ada juga yang dipakai untuk perlengkapan ritual, adat-istiadat, pertunjukan seni tradisional, dan untuk hiasan sebagai pajangan. Baca Juga: Pengertian Seni Teater, Unsur, Jenis, dan Contohnya Secara Umum.


D. Kesimpulan


Dari pembahasan di atas maka sanggup di ambil kesimpulan bahwa pengertian seni rupa terapan yaitu karya seni yang mempunyai fungsi tertentu untuk kehidupan dan sanggup dipakai sehari-hari.


Lalu fungsi seni rupa terapan ada dua macam: 1). Fungsi Estetis Yaitu fungsi untuk memenuhi kebutuhan hidup insan yang berafiliasi dengan rasa keindahan; 2). Fungsi Mudah yiatu fungsi untuk memenuhi kebutuhan insan yang berafiliasi dengan nilai guna / pakai.


Beberapa teladan seni rupa terapan yaitu 1). Pakaian Tradisional; 2). Kerajinan Anyaman; 3). Kerajinan Tanah Liat; 4). Kain Batik; 5). Poster, dan lain-lain.


Itulah klarifikasi perihal seni rupa terapan, beserta fungsi dan contohnya secara umu. Semoga klarifikasi kali ini sanggup menawarkan manfaat bagi kamu, sekian dan terimakasih.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com