Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pengertian Seni Rupa Murni, Fungsi, Dan Misalnya Di Sekitar Kita

Konten [Tampil]

Pengertian seni rupa murni, fungsinya, serta beberapa contohnya yang ada di sekitar kita. Arti seni rupa sendiri yaitu suatu cabang seni yang diapresiasikan dengan memakai suatu media yang sanggup ditangkap oleh mata dan juga sanggup diraba, diciptakan memakai unsur titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan. Secara umum seni rupa dibagi menjadi tiga bab yaitu seni rupa murni, kriya, dan desain. Lalu pada kesempatan kali ini kita akan membahas bantu-membantu mengenai arti seni rupa murni, silahkan simak baik-baik dibawah ini penjelasannya.


A. Apa itu Seni Rupa Murni ?


Pengertian seni rupa murni yaitu suatu karya seni yang diciptakan tanpa mempertimbangkan segi kegunaannya, jadi hanya dinikmati keindahannya saja. Dari klarifikasi tersebut maka sanggup di ambil kesimpulan bahwa seni rupa murni termasuk cabang seni rupa yang hasil karyanya hanya untuk di pajang saja, fungsi seni rupa murni hanya terletak pada keindahan dan hanya sebagai pemuas batin saja, hasil karyanya tidak sanggup dipakai untuk mempermudah acara sehari-hari manusia.


Hasil karya Seni rupa murni mempunyai kegunaan untuk memuaskan batin, sehingga mengutamakan unsur keindahan. Diapsesiasikan dengan media, dengan konsep menyerupai unsur titik, garis, bidang, bentuk, warna tekstur, dan gelap-terang ditata memakai perinsip tertentu sehingga membuat suatu karya yang sangat indah dan mempunyai makna, hasil karyanya bisanya mempunyai ciri khas dan keunikan tersendiri. Baca Juga: Pengertian Seni Rupa Terapan, Fungsi, dan Contohnya.


 Arti seni rupa sendiri yaitu suatu cabang seni yang diapresiasikan dengan memakai sua √ Pengertian Seni Rupa Murni, Fungsi, dan Contohnya Di Sekitar Kita

Mozaik – sumber gambar: pixabay.com


B. Contoh Seni Rupa Murni


Setelah memahami pengertian seni rupa murni, maka kenali juga pola seni rupa murni yang ada di sekitar kita, diantaranya:


a. Seni Lukis


Yaitu cabang seni rupa murni, yang hasil dari karyanya berwujud dua dimensi. Seni lukis biasnya di buat dalam kertas ataupun kanvas, dengan memakai cat minyak atau cat lukis lainnya. Dalam seni lukis yang bergaya naturalis dibentuk sesuai persis dengan objek aslinya, menyerupai lukisan alam, manusia, binatang, dan benda. Sedangkan seni lukis yang bergaya ekspresionis dibentuk menurut ekspesi emosi dari pelukisnya. Lalu ada juga gaya lukisan abnormal dimana bentuknya tidak konkret atau samar sesuai dengan khayalan pelukisnya, sehingga hasil lukisan abnormal maksudnya susah dimengerti oleh orang awam.


b. Seni Patung


Yaitu hasil karya seni rupa murni yang bentuknya tiga dimensi, materi baku yang dipakai dalam seni patung biasanya kerikil dan kayu. Dalam membuat karya seni patung memakai teknik memahat.


c. Seni Grafis


Yaitu cabang seni rupa murni yang hasil karyanya berwujud dua dimensi, seni grafis umumnya di buat dengan teknik sablon, cukul kayu, etsa, dan lito. Makara dalam membuat karyanya memakai teknik tertentu.


d. Fotografi,


Yaitu seni rupa murni yang bentuknya dua dimensi, hasil karyanya merupakan ungkapan dari seorang fotografer. Biasanya hasil dari fotografi sanggup di jadikan hiasan yang dicetak dan di pajang di dinding dilengkapi dengan figura, atau materi baku untuk media massa.


e. Topeng


Yaitu karya seni rupa yang kesannya sanggup dipakai untuk menutupi wajah. Topeng biasanya dipakai untuk pertunjukan seni tapi sanggup juga untuk hiasan yang di pajang pada dinding. Topeng terbuat dari kayu, kertas, plastik, kain, ataupun dari logam.


f. Seni kaligrafi


Yaitu karya seni yang memfokuskan pada keindahan bentuk suatu huruf dengan melaksanakan banyak modifikasi sehingga huruf tersebut menjadi indah.


g. Relief


Yaitu gambar atau lukisan dalam bentuk dua dimensi atau tiga dimensi yang biasanya terdapat dalam kuil, ataupun dalam monument. Relief mengandung unsur diorama dan nilai sejarah.


h. Mozaik


Yaitu seni rupa murni yang terbuat dari penggalan kaca, penggalan beling tersebut di susun kemudian di kreasikan, bersama kerikil dan kramik. Biasanya seni rupa ini banyak di temukan di bangunan yang bergaya romawi.


i. Keramik


Yaitu seni rupa yang dibentuk dengan teknik tertentu, berbagan utama dari Tanah liat (clay), Pasir, Feldspar, Kaolin, dan Kuarsa. Keramik mempunyai nilai seni yang sangat tinggi, contohnya menyerupai piring atau guci untuk hiasan ruangan.


C. Kesimpulan


Jadi yang dimaksud dengan seni rupa murni yaitu suatu karya seni yang diciptakan tanpa mempertimbangkan segi fungsi atau kegunaannya, jadi hanya dinikmati keindahannya saja. fungsi seni rupa murni terletak pada keindahan dan hanya sebagai pemuas batin saja, jadi hasil karyanya tidak sanggup di gunakan untuk membantuk acara sehari-hari manusia. Beberapa pola seni rupa murni contohnya seni lukis, seni grafis, seni patung, seni kaligrafi, foto grafer, dan sebagainya.


Demikian klarifikasi wacana arti seni rupa murni, yang dilengkapi dengan jenis dan contohnya. Semoga klarifikasi ini sanggup dimengerti, cukup sekian dan terimakasih.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com