Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pengertian Seni Grafis, Manfaat, Macamnya, Dan Karakteristiknya Secara Umum

Konten [Tampil]

Pengertian seni grafis dilengkapi dengan manfaat, jenis/macamnya, dan karakteristiknya secara umum. Dengan seni maka hidup ini menjadi lebih berwarna, coba bayangkan saja jikalau hidup ini tanpa seni maka akan terlihat monoton dan membosankan. Salah satu seni yang sering kita temui dalam kehidupan yaitu seni grafis, dan untuk memahaminya maka baca klarifikasi di bawah ini.


A. Apa Pengertian Seni Grafis secara umum?


Seni grafis ialah suatu cabang seni rupa, yang dalam proses membuat karyanya memakai teknik cetak dan umumnya dituangkan pada media kertas atau kain. Seni grafis juga sanggup disebut sebagai karya seni ungkapan visual kedalam bidang dua dimensi, yang dimana proses pembuatan karyanya menggnakan media cetak. Untuk merancang desain grafisnya sanggup memakai teknologi komputer dan media cetak menyerupai printer. Seni grafis sanggup kita temukan di koran, majalah, pakaian kaos, reklame, baner, poster, dan lain-lain. Dengan memakai media cetak, maka sebuah karya grafis sanggup di produksi ulang atau di lipatgandakan dengan jumlah yang banyak tanpa mengubah keaslian gambarnya.


B. Manfaat Desain Grafis


Beberapa manfaat desain grafis yaitu sanggup mempercepat pekerjaan yang berafiliasi dengan gambar grafis terutama dalam dunia percetakan. Saat ini seni grafis sudah banyak diminati oleh masyarakat, maka ketika ini banyak masyarakat yang mempelajarinya sehingga mempunyai kegunaan untuk mendapat penghasilan dari seni grafis. Dengan seni grafis masyarakat sanggup dengan gampang tertarik membaca suatu pesan-pesan yang ingin disampaikan menyerupai pesan pada reklame, Koran, majalah, danposter alasannya ialah pesan tersebut akan terlihat lebih menarik. Baca Juga: Pengertian Seni Rupa, Unsur, Prinsip, dan Jenis atau Cabangnya.


 Dengan seni maka hidup ini menjadi lebih berwarna √ Pengertian Seni Grafis, Manfaat, Macamnya, dan Karakteristiknya Secara Umum

Cetak sablon – Sumber gambar: tintapendidikanindonesia.com


C. macamnya / jenis-Jenis Seni Grafis


Setelah mengetahui pengertian seni grafis, maka ketahui juga jenis-jenis seni grafis sesuai dengan teknik atau proses pembuatannya, diantaranya sebagai berikut ini:


a. Cetak Saring (Silkscreen Print)


Cetak Saring dikenal juga dengan sebutan Cetak Sablon. Merupakan salah satu teknik cetak grafis yang dikenal banyak orang. Teknik ini memakai media cetak yang dimana cetakannya terbuat dari kasa/screen yang mempunyai sifat elastis, dan halus. Cetak Saring umumnya sering dipakai untuk membuat grafis pada kaos, poster, spanduk, dll. Tapi ketika ini ada juga teknik sablon memakai alat / teknologi yang disebut dtg printer, jadi printer tersebut dipakai khusus untuk menyablon kain.


b. Cetak Datar (Lithography Print)


Cetak datar merupakan teknik cetak yang cukup terkenal pada bidang seni grafis. Teknik cetak yang dipakai untuk memproduksi gerafis dimana memakai media cetak yang datar, atau tinggi bab yang tidak tercetak sama dengan bab mencetak. Misalnya mengguankan kaca, plastik, dan rubber.


c. Cetak Tinggi (Woodcut Print)


Cetakannya terbuat dari materi yang keras menyerupai kayu yang di sungkil sehinga membentuk suatu pola yang mempunyai tinggi maupun rendah. Lalu pada bab yang tinggi dilumuri tinta cetak dan dicetakan pada media kertas ataupun kain sehingga akan membentuk gambar. Contoh teknik cetak timbul contohnya pasa cap stempel.


d. Cetak Dalam (Intaglio Print)


Teknik cetak dalam merupakan salah satu jenis teknik grafis yang memakai alat cetak dari lempengan logam, (besi, tembaga, dll). Tekniknya dengan cara ditorehkan / digoreskan secara pribadi dengan alat bantu yang tumpul, Sehinga hasil ukiran tersebut membentuk suatu pola grafis. Tapi ketika ini ada juga yang memakai senyawa kimia yang sifatnya korosif untuk membentuk gambar grafis. Adapun seni grafis cetak dalam dibagi menjadi beberapa bagian, diantaranya: Engraving, Etsa, Mezzotint, dan Drypoint.


e. Fotografi


Merupakan teknik dalam membuat karya seni grafis memakai teknologi kamera, kemudian hasil tangkapan lensa kamera dilakukan pembersihan film, dan pencetakan foto, tapi itu jikalau memakai kamera analog. Saat ini teknologi semakin berkembang maka munculah kamera digital, jikalau memakai kamera digital gambar yang di ambil akan di cetak memakai alat menyerupai printer dengan memakai kertas khusus foto. Baca Juga: Pengertian Seni Rupa Murni, Fungsi, dan Contohnya..


D. Karakteristik Seni Grafis


Berikut ini beberapa karakteristik seni grafis secara umum, diantaranya sebagai berikut ini:



  • Karya seni grafis dihasilkan dengan cara di cetak, sehingga jikalau di produksi ulang sanggup menghasilkan karya yang sama baik itu dari bentuk maupun ukuran. Kaprikornus karyanya tidak memakai ukiran dengan tangan.

  • Karyanya sanggup di reproduksi, sehingga sanggup menghasilkan karya lebih dari satu.

  • Hasil karya seni grafis ditentukan oleh proses atau teknik cetaknya masing-masing, jadi kesannya mempunyai karakteristik sesuai teknik yang dipakai ketika pembuatan.

  • Karakteristik karyanya ditentukan oleh jenis atau media yang digunakannya.


E. Kesimpulan


Dari pembahasan di atas maka sanggup di ambil kesimpulan bahwa pengertian seni grafis ialah suatu cabang seni rupa yang dalam proses membuat karyanya memakai teknik cetak, dan umumnya dituangkan pada media kertas atau kain.


Salah satu manfaat seni grafis yaitu sanggup mempercepat pekerjaan yang berafiliasi dengan gambar grafis terutama dalam dunia percetakan dan kesannya sanggup di reproduksi. Adapun jenis-jenis seni grafis dalam pembuatannya menyerupai cetak Saring, cetak datar, cetak tinggi, cetak dalam, dan fotografi.


Itulah goresan pena yang membahas ihwal definisi seni grafis, supaya sanggup kau pahami, dan tentunya supaya bermanfaat juga dalam menambah ilmu pengetahuan kamu, terimakasih sudah membacanya.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com