Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pengertian Planet, Namanya, Urutannya, Dan Jenisnya Di Tata Surya

Konten [Tampil]

Langsung saja kalau kau ingin memahami wacana pengertian planet, nama-namanya, urutannya beserta jenisnya yang ada di dalam tata surya baca saja penjelasannya secara lengkap pada goresan pena ini.


A. Apa Pengertian Planet?


Yang dimaksud dengan Planet yaitu suatu benda angkasa yang berevolusi atau beredar mengelilingi matahari sebagai sentra dari tata surya. Atau planet sanggup diartikan sebagai benda angkasa yang tidak sanggup menghasilkan cahaya, berbentuk bulat, dan mengelilingi matahari sebagai sentra dari tata surya. Planet hanya mementulkan cahaya yang berasal dari matahari, menyerupai planet venus yang terlihat bercahaya alasannya memantulkan cahaya dari matahari dan dikenal dengan sebutan bintang fajar.


Istilah Planet asalnya dari bahasa Yunani yaitu “Planetai” yang sanggup diartikan sebagai Pengembara, alasannya planet beredar mengelilingi matahari, artinya kedudukan planet tidak tetap. Planet biasanya selalu mempunyai pengiring yang dikenal dengan satelit, menyerupai bulan merupakan satelit alami yang mengelilingi bumi dan beredar bersama bumi mengelilingi matahari. (Baca juga: Pengertian matahari, manfaat, karakteristik, dan bagiannya).


Langsung saja kalau kau ingin memahami wacana  √ Pengertian Planet, Namanya, Urutannya, Dan Jenisnya Di Tata Surya

gambar: tatakata.com


B. Nama Planet Dan Urutan Planet


Berikut ini nama dan urutan planet yang paling terdekat sampai terjauh dari matahari, diantanya:


1. Merkurius


Merkurius merupakan planet yang jaraknya paling bersahabat dengan matahari, berjarak sekitar 58 juta kilometer dari matahari, mempunyai diameter sekitar 4.862 km, sekali mengelilingi matahari membutuhkan waktu 88 hari. Merkurius tidak mempunyai satelit.


2. Venus


Jarak planet venus kematahari sekitar 108 juta km, mempunyai diameter sekitar 12.100 Km, dan sekali mengelilingi matahari membutuhkan waktu 225 hari. Venus tidak mempunyai satelit.


3. Bumi


Bumi merupakan planet yang mempunyai kehidupan, berjarak sekitar 150 Juta km dari matahari, mempunyai Diameter sekitar 12.750 km, waktu yang dibutuhkan bumi untuk sekali mengelilingi matahari yaitu 365 hari, dan Usia bumi diperkirakan sudah 4,543 Miliar Tahun. Bumi mempunyai satu satelit alami yaitu bulan.


4. Mars


Jarak planet Mars ke matahari sekitar 228 juta km, diameternya sekitar 6.779 km, dan waktu yang dibutuhkan Mars untuk sekali mengelilingi matahari yaitu 687 hari. Planet ini berwarna kemerah-merahan. Mars mempunyai dua satelit yaitu Phoobos dan Deimos.


5. Yupiter


Yupiter merupakan planet terbesar di tatasurya, jarak dari matahari sekitar 778 juta km, berdiameter seitar 143.000 km, waktu yang dibutuhkan untuk sekali mengelilingi matahari sekitar 12 tahun, dan planet ini mempunyai 16 buah satelit alami. Hingga ketika ini planet Yupiter diketahui mempunyai 79 satelit, yang terbesar dan dikenal dengan nama Io, Europa, Ganymede, dan juga Callisto.


6. Saturnus


Planet Saturnus diameternya sekitar 120.000 km jadi merupakan planet terbesar kedua di tata surya, jaraknya ke matahari sekitar 1.428 juta km, waktu yang dibutuhkan untuk sekali mengelilingi matahari yaitu 29,5 tahun. Saturnus merupakan planet yang indah alasannya mempunyai cincin yang jelas, cincin tersebut terbuat dari bubuk dan partikel angkasa. Hingga ketika ini saturnus mempunyai diketahui mempunyai sekitar 62 satelit dengan ukuran bervariasi.


Langsung saja kalau kau ingin memahami wacana  √ Pengertian Planet, Namanya, Urutannya, Dan Jenisnya Di Tata Surya

Gambaran umum urutan planet di tata surya


7. Uranus


Planet uranus mempunyai diameter sekitar 50.1000 km, jaraknya ke matahari sekitar 2.869 Juta km, waktu yang dibutuhkan untuk sekali mengelilingi matahari sekitar 84 tahun. Hingga ketika ini uranus mempunyai lima satelit utama yang diberi nama Miranda, Umbriel, Ariel, Titania, dan juga Oberon


8. Neptunus


Planet neptunus jaraknya paling jauh dengan matahari yaitu sekitar 4.495 juta km, berdiameter sekitar 48.600 km, waktu yang dibutuhkan untuk sekali mengelilingi matahari sekitar 165 tahun, dan planet ini mempunyai dua buah satelit alami. Hingga ketika ini neptunus mempunyai 13 satelit utama yang beberapa diberi nama Thalassa, Triton, Naiad, Galatea, Proteus, Despina, dan juga Larissa.


Jika dulu kita mengenal 9 planet, termasuk pluto merupakan planet terjauh dari matahari, tapi pluto ketika ini tidak tergolong kedalam planet alasannya ukurannya terlalu kecil dan sering keluar dari orbitnya. (Baca juga: Pengertian tata Surya, anggotanya, dan susunannya).


C. Jenis Planet di Tata Surya


Berikut ini pengelompokan atau jenis planet yang berdasarkan:


1. Letaknya


a. Planet dalam


Yaitu planet yang orbitnya pada bab dalam orbit asteroid di tata surya, yaitu planet merkurus, venus, bumi dan mars.


b. Planet luar


Yaitu planet yang orbitnya pada bab luar orbit asteroid di tata surya, yaitu planet Yupiter, saturnus, uranus, dan neptunus


2. Penyusunnya


a. Planet Terestrial


Meruapakan planet yang penyusunnya dari batuan, diantaranya planet merkurius, venus, bumi dan mars.


b. Planet Jovian.


Merupakan planet yang umumnya penyusunnya bukan dari batuan, tapi sebagian besar penyusunnya kumpulan gas dan mempunyai tekanan yang besar, diantaranya Planet Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.


D. Kesimpulan


Jadi pengertian planet yaitu suatu benda angkasa yang berevolusi atau beredar mengelilingi matahari sebagai sentra dari tata surya. Atau planet sanggup diartikan sebagai benda angkasa yang tidak sanggup menghasilkan cahaya, berbentuk bulat, dan mengelilingi matahari sebagai sentra dari tata surya.


Nama planet dan urutannya pada tata surya yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Jenis planet menurut orbit asteroid yaitu planet dalam dan planet luar. Jika perdasarkan penyusunnya yaitu planet Terestrial yang tersusun dari batuan dan jovian yang tersusun dari kumpulan gas.


Sekian goresan pena yang membahas wacana definisi planet, supaya goresan pena ini sanggup memperlihatkan manfaat. Tentunya data mengenai planet bias berubah-ubah sesuai dengan penemuan-penemuan baru. Jika terdapat kesalahan mohon maaf, cukup sekian dan terimakasih.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com