Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pengertian Pertumbuhan Secara Umum Dan Contohnya

Konten [Tampil]

Mari kita pahami pengertian pertumbuhan secara umum dan contohnya pada makhluk hidup di goresan pena ini.  Kita sering mendengar istilah pertumbuhan, dan sering juga menghubungkannya dengan perkembangan yang di alami oleh semua makhluk hidup, padahal bahu-membahu mempunyai arti yang berbeda. Lalu pada kesempatan kali ini maka kita akan mendalami istilah pertumbuhan secara lebih jelas, mari pahami di bawah ini:


A. Apa Pengertian Pertumbuhan?


Yang dimaksud dengan Pertumbuhan yakni proses yang di alami oleh makhluk hidup dengan bertambahnya ukuran, volume, maupun jumlah sel-sel yang sifatnya irreversible (tidak sanggup kembali ke semula).


Sedangkan perkembangan sanggup diartikan sebagai perubahan bentuk maupun sifat suatu organisme makhluk hidup yang melibatkan struktur dan fungsi yang lebih kmpleks. Atau sanggup diartian juga suatu perubahan atau diferensiasi sel (suatu proses ketika sel kurang khusus dan menjadi jenis sel lebih khusus) menuju keadaan yang lebih dewasa.


 secara umum dan contohnya pada makhluk hidup di goresan pena ini √ Pengertian Pertumbuhan Secara Umum Dan Contohnya

Apa itu pertumbuhan pada makhluk hidup?


Manusia, binatang dan tumbuhan merupakan makhluk hidup yang tentunya mengalami proses yang dinamakan pertumbuhan. Contohnya: Seperti insan yang mulai dari anak-anak, remaja, sampai menjadi cukup umur itu dinamakan pertumbuhan, atau binatang mulai dari binatang usia muda sampai binatang dengan usia dewasa, dan tumbuhan mulai dari biji sampai menjadi sebuah pohon yang besar. Perlu di ketahui bahwa lamanay pertumbuhan pada setiap makhluk hidup berdeda-beda. (Baca juga: Artikel pengertian metamorfosis dan contohnya paling jelas).


B. Ciri-Ciri Pertumbuhan Yang Di Alami Oleh Makhluk Hidup


Berikut ini ciri-ciri pertumbuhan pada makhluk hidup dan apasaja yang di perlukannya untuk tumbuh dengan baik:



  • Bertambah tinggi dan besar disebut dengan pertumbuhan.

  • Tumbuhan mengalami pertumbuhan tergolong lebih cepat dari insan dan hewan.

  • Manusia mengalami pertumbuhan menyerupai bertambahnya tinggi dan berat tubuh yang selalu mengalami perubahan seiring bertambahnya usia.

  • Manusia, binatang dan tumbuhan akan mengalami pertumbuhan hari demi hari dari kecil, pendek, sampai menjadi tinggi.

  • Makhluk hidup perlu masakan untuk pertumbuhannya, alasannya ketika pertumbuhan akan terbentuk sel-sel baru.

  • Zat-zat yang di perlukan untuk pertumbuhan pada insan seperti: Karbohidrat, protein, lemak, Vitamin, mineral, dan air.

  • Tumbuhan biar tumbuh subur dengan baik maka diharapkan pupuk, sinar matahari, dan juga perlu di siram air secara teratur. Pupuk yang di perlukan tumbuhan contohnya septi: pupuk kandang, kompos, dan buatan.


C. Kesimpulan Pembahasan


Jadi pengertian pertumbuhan yakni proses yang di alami oleh makhluk hidup dengan bertambahnya ukuran, volume, maupun jumlah sel-sel yang sifatnya irreversible (tidak sanggup kembali ke semula). Ciri pertumbuhan pada makhluk hidup seperti: Bertambahnya tinggi dan besar, Manusia, binatang dan tumbuhan akan mengalami pertumbuhan hari demi hari dari kecil, pendek, sampai menjadi tinggi.


Contoh pertumbuhan: insan yang mulai dari anak-anak, remaja, sampai menjadi cukup umur itu dinamakan pertumbuhan, atau binatang mulai dari binatang usia muda sampai binatang dengan usia dewasa, dan tumbuhan mulai dari biji sampai menjadi sebuah pohon yang besar.


Itulah klarifikasi yang singkat mengenai definisi pertumbuhan dan cirinya secara umum, semoga sanggup kau pahami dan kalau terdapat beberapa kesalahan mohon di maafkan, terimakasih.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com