Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pengertian Pencemaran Air, Sumber, Komponen, Pengaruh Dan Cara Menanggulanginya

Konten [Tampil]

Ketahuilah pengertian pencemaran air, sumber, komponen, imbas dan cara untuk menanggulanginya – Air merupakan sesuatu yang sangat penting sekali bagi semua makhluk hidup di bumi ini. Air mempunyai kegunaan untuk di konsumsi dan acara sehari-hari manusia. Tapi sering sekali kegiatan yang dilakukan oleh insan sanggup menimbulkan pencemaran air, sehingga air tidak sanggup di layak digunakan. Pencemaran air sanggup menimbulkan banyak kerugian bagi semua makhluk hidup, oleh sebahb itu maka jaga kelestarian air sebagi sumber kehidupan.


A. Pengertian Pencemaran Air


Yang dimaksud dengan pencemaran air ialah berubahnya suatu tempat penampungan air menyerupai sungai, danau, laut, dan lain-lain sehingga air tersebut menjadi tidak layak digunakan. Penyemabnya yaitu masuknya banyak sekali macam zat atau komponen yang berbahaya ke tempat penampungan air tersebut, zat tersebut umumnya berasal dari acara yang dilakukan manusia.


B. Sumber Pencemaran Air


Beberapa sumber yang menjadi penyebab pencemaran air sanggup kita temukan di kehidupan sehari-hari, misalnya:


a. Kegiatan rumah tangga


Kegiatan rumah tangga sanggup bermacam macam contohnya menyerupai mencuci, memasak dan tentunya dari kegiatan tersebut selalu menghasilkan limbah. Seperti mencuci dimana air bekasnya jikalau dibuang secra sembarangan sanggup mengakibatkan pencemaran air, atau membuang sampah sembarangan ke sungai akan mengakibatkan pencemaran juga.


b. Kegiatan Industri


Baik itu industri kecil atau besar selalu menghasilkan limbah dalam berbgai macam bentuk, contohnya menyerupai limbah asap, cairan, dan padat jikalau dibuang secara sembarangan ke perairan maka akan menjadikan pencemaran air.


 imbas dan cara untuk menanggulanginya  √ Pengertian Pencemaran Air, Sumber, Komponen, Dampak dan Cara Menanggulanginya

Sumber gambar: www.bbc.com – Limbah plastik mencemari air bahari dan mengancam kehidupan biota laut.


c. Kegiatan Pertanian dan Peternakan


Misalnya menyerupai penggunaan pestisida, penggunaan pupuk kimia, dan pupuk kotoran binatang secara sembarangan dan berlebihan maka akan menakibatkan pencemaran air.


d. Kegiatan Dari Fasilitas Umum


Seperti kegiatan di rumah sakit yang tentunya akan menghasilkan limbah menyerupai cairan lab, air bekas pembersihan peralatan operasi, hal menyerupai itu tentunya jikalau di buang sembarangan dan tidak di tangani secara sempurna sanggup mencemari air.


e. Kegiatan Perdagangan


Seperti pada bengkel yang menghasilkan limbah berupa oli bekas, atau di pasar-pasar yang menghasilkan banyak sekali limbah menyerupai berupa libah sayuran, buah-buhan yang busuk jikalau tidak di tangani secara sempurna dan di buang sembarangan sanggup mencemari air.


f. Kegiatan Pertambangan


Kegiatan pertambangan sanggup menghasilkan limbah berupa limbah cair dari proses produksi yang dilakukan menyerupai lumpur bor, dan emulsi minyak maupun logam atau di kenal dengan merkuri.


Baca Juga: Pengertian Polusi Udara Atau Pencemaran Udara Secara Jelas


C. Komponen Pencemaran Air


Setelah mengatauhi pengertian pencemaran air dan sumbernya, maka berikut ini beberapa komponen pencemaran air:


a. Limbah Padat


Misalnya menyerupai sampah plastik yang di buang sembarangan ke perairan akan mengakibatkan pencemaran air. Limbah padat yang di buang tentunya akan mengendap di dalam air, dan akan mengganggu organisme perairan. Endapan limbah padat juga akan mengakibatkan air menjadi keruh.


b. Limbah Organik dan Limbah Olahan Makanan


Bahan yang gampang membusuk menyerupai olahan makanan, sayuran, buah-buahan, bangkai binatang yang di buang ke perairan akan meningkatkan jumlah mikroorganisme di per airan tersebut, hal tersebut tentunya akan menimbulkan anyir tidak sedap yang menyengat, dan perairan akan terkontaminasi serta mengganggu organisme air.


c. Zat kimia


Berikut ini beberapa zat kimia yang sanggup mencemari perairan misalnya:


Air sabun detrgen, dan materi pembersih lainnya yang habis dipakai kemudian di buang sembarangan.


Pembasmi hama / Insektisida yang dipakai secara sembarangan atau berlebihan, bekas pengguaannya akan mengalir melalui air sawah, air di kebun yang menuju ke sungai sehingga sungai menjadi tercemar.


Zat pewarna kimia contohnya menyerupai zat pewarna tekstil, tentunya zat pewarna kimia ini sangat berbahaya bagi semua makhluk hidup jikalau hingga terkonsumsi. Limbah zat pewarna yang dipakai untuk industri tekstil sangat berbahaya jikalau dibuang ke perairan, dan takan menjadikan pencemaran air serta banyak organisme air yang mati.


D. Dampak Pencemaran Air


Banyak sekali imbas pencemaran air, contohnya menyerupai sanggup meracuni air minum, meracuni sumber kuliner makhluk hidup, mengakibatkan ekosistem menjadi tidak seimbang, rusaknya hutan dan lingkungan. Adapun beberapa imbas lainnya:


a. Dapak pada kehidupan biota air


Akibat dari pencemaran air kadar oksigen yang terlarut dalam air akan menurun sehingga perkembangan biota air akan terganggu dan sanggup saja mati. Karena perairan yang menjadi tempat tinggal bota air maka jikalau terkontaminasi maka banyak biota air yang akan teracuni dan mati.


b. Dampak terhadap kualitas air tanah


Dampak pencemaran air juga akan berakibat pada kualitas air dalam tanah, contohnya yang di sebabkan oleh pencemaran air tinja, sehingga kualitas air tanah menurun dan tidak layak untuk di konsumsi.


c. Dampak bagi kesehatan


Air yang terkontaminasi tentunya tidak baik untuk kesehatan. Air yang terkontaminasi sanggup menjadi sarang penyakit, contohnya akhir air higienis yang tersedia kurang cukup insan menjadi sulit untuk membersihkan diri, tentunya akan menjadikan timbulnya banyak sekali macam penyakit contohnya penyakit yang timbul pada kulit.


d. Dampak terhadap estetika lingkungan


Seperti semakin banyak zat organik yang di buang ke lingkungan perairan makan perairan tersebut akan tercemar, biasanya di tandai dengan banyaknya tumpukan sampah dan anyir tidak sedap yang menyengat, kemudian libah bekas industri yang di buang ke perairan, sehingga warna air akan brubah dan baunya menyangat, tentunya hal menyerupai itu akan mengurangi estetika lingkungan.


Baca Juga: Pengertian Limbah Organik Dan Contohnya Serta Prinsip Pengolahannya


E. Cara menanggulangi pencemaran air


Berikut ini beberapa cara menanggulangi pencemaran air, diantaranya:



  • Tidak membuang limbah ke sumber air, menyerupai sungai, danau, dan laut.

  • Tanam pohon di tempat yang menjadi sumber air.

  • Bijaksana-lah dalam memakai air.

  • Kelola sampah atau limbah dengan baik.

  • Kurangi penggunaan barang yang sulit terurai.

  • Kurangi penggunaan materi yang mengandung zat kimia, yang sanggup mencemari air.

  • Melakukan filtrasi terhadap air yang tercemar.


Itulah pembahasan perihal pengertian pencemaran air, yang dilengkapi dengan sumber, komponen, imbas dan cara menanggulanginya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat jikalau ada kesalahan mohon di maafkan, sekian dan terumakasih.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com