Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pengertian Logika Dan Fungsinya Serta Misalnya Yang Sederhana

Konten [Tampil]

Berikut ini pengertian logika secara umum dilengkapi juga dengan fungsinya, jenisnya, dan contohnya yang sederhana. Manusia merupakan makhluk yang mempunyai kebijaksanaan dan umumnya selalu berfikir sebelum melaksanakan tindakan. Tindakan setiap insan tentunya mempunyai tujuan tertentu contohnya ingin mengetahui sesuatu. Dan pada dikala berfikirlah logika pada insan digunakan. Nah, lantas apa yang dimaksud dengan logika? Untuk mengetahuinya silahkan pelajari lebih lanjut di bawah ini.


A. Apa Pengertian Logika?


Yang di maksud logika yaitu suatu pertimbangan pikiran insan yang diungkapkan melalui perkataan dan dinyatakan dalam bahasa. Atau arti logika yaitu cara orang berbahasa dalam mencerminkan jalan fikirannya. Jika secara etimologi logika diartikan sebagai ilmu yang mempelajari jalan pikiran seseorang yang dinyatakannya dalam berbahasa.


Setiap orang tentu selalu berfikir untuk menyimpulkan sesuatu secara ilmiah ataupun untuk meyakinkan orang lain. Makara setiap pernyataan harus dibuktikan, sehingga dalam logika terdapat fatwa yang bisa menunjukan suatu pernyataan atau ucapan yang di keluarkan. Logika juga termasuk cabang dari filsafat yang membahas mengenai kesimpulan dan proses fatwa untuk memndapatkan suatu kebenaran.


 Manusia merupakan makhluk yang mempunyai kebijaksanaan dan umumnya selalu berfikir sebelum melakuka √ Pengertian Logika dan Fungsinya serta Contohnya Yang Sederhana

Gambar: pixabay.com


Logika mempunyai kegunaan untuk melaksanakan penyelidikan/menganalisa, merumuskan, dan menerapkan peraturan yang harus di tepati, sehingga logika bukan merupakan teori saja tapi merupakan suatu keterampilan untuk menerapkan peraturan perihal fatwa dalam prakterk atau tindakan. Ilmu logika diartikan juga sebagai ilmu yang mempelajari cara berfikir lurus, tepat, dan juga teratur.


B. Fungsi Logika


Berikut ini beberapa kegunaan dari logika, diantaranya:



  • Untuk meningkatkan kemampuan dalam berfikir secara cermat dan lebih obyektif.

  • Untuk mempertajam cara berfikir dan biar lebih sanggup bangun diatas kaki sendiri dalam menuntaskan permasahan.

  • Untuk membantung menghindari kesalahan atau kekeliruan terhada suatu pernyataan.

  • Untuk mendorong seseorang biar terbiasa berfikir sendiri sesuai peraturan yang sistematis.

  • Untuk melaksanakan analisi terhadap suatu kejadian.

  • Untuk membantu berfikir secara lebih kritis dan tepat.


Itulah beberapa fungsi logika yang mempunyai kegunaan bagi manusia, Jangan lupa baca juga: Pengertian berfikir kritis dan keuntungannya secara umum.


C. Jenis-Jenis Logika


Secara umum logika terbagi menjadi dua macam, yaitu:


a. Logika Alamiah


Logika alamiah merupakan logika kinerja dari daypikir insan yang selalu berfikir secara cermat, tepat, dan lurus sebelum fatwa tersebut menerima dampak dari luar menyerupai keinginan-keinginan yang bersifat subyektif. Logika alamiah sudah ada dikala insan itu dilahirkan, sehingga logika ini bersifat murni.


b. Logika Ilmiah


Jika seseorang diberikan bimbingan secara sistematis untuk sanggup mengusai cara berfikir yang sempurna dan teratur sesuai dengan peraturan dan kebenaran mengani cara berfikir, maka logika ilmiah ini akan membuat daypikir seseorang bekerja secara lebih tepat, lebih cermat, lebih teliti dan lebih lurus. Logika ilmiah inilah yang mempunyai kegunaan untuk menghindari kesalahan dalam fatwa terhadap sesuatu, sehingga kesalahan sanggup dikurangi. Logika ilmiah dibagi menjadi dua bagian, diantaranya:


1. Karena logika formal


Merupakan logika yang berdasarkan pernyataan, oleh alasannya yaitu itu pernyataan yang di jadikan sebagai dasar untuk membuat kesimpulan haruslah relevan, bentuk dan strukturnya harus sempurna juga. Jika dasarnya salah, maka kesimpulannya juga akan salah, jadi kesimpulan yang sempurna di dapatkan dari berfikir secara benar,berdasarkan hasil penyelidikan.


2. Logika Material


Merupakan logika yang sanggup membuat kesimpulan atau pernyataan berdasarkan bahan atau objektif. Pada logika ini bahan mempunyai peranan yang penting. Logika material disebut juga sebagi logika matrelisme, yang berarti bahan menjadi faktor yang paling utama untum menyimpulkan sesuatu secara tepat. Makara logika material yaitu logika yang sanggup mengambil kesimpulan berdasarkan kondisi objek atau materi, sehingga bahan tersebut menjadi dasar untuk membuat pernyataan.


D. Contoh Logika


Inilah beberapa pola logika yang sederhana, contohnya ada kalimat atau pernyataan yang tidak masuk akal, jadi pernyataan tersebut tidak sanggup di jelaskan, dan penalarannya tidak benar. Contoh kalimatnya menyerupai “manusia bisa menahan nafas sampai 5 jam”, terang pernyataan tersebut tidak benar nyatanya berdasarkan penelitian rata-rata insan normal bisa menahan nafas selama 30-60 detik, dan otak insan normal akan mengalami kerusakan secara permanen sesudah 4 menit kalau tidak menerima oksigen. Atau pernyataan menyerupai “manusia bisa bertahan tanpa minum selama satu bulan”, dari peryataan tersebut terang tidak masuk akal, nyatanya insan normal bisa bertahan selama 3-4 hari tanpa minum, itupun dipengaruhi oleh faktor usia, kesehatan tubuh, cuaca, dll.


Itulah goresan pena perihal pengertian logika, yang dilengkapi dengan fungsi, jenis, dan contohnya. Semoga bermanfaat kalau di temukan kesalahan mohon di maafkan, terimkasih.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com