Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pengertian Komet, Cirinya, Jenisnya, Dan Misalnya Yang Pernah Terlihat

Konten [Tampil]

Inilah pengertian komet dan contohnya dilengkapi juga ciri-cirinya yang perlu kau ketahui. Banyak sekali benda di tata surya, selain matahari sebagai pusatnya, kemudian planet, asteoid, ada juga komet yang terlihat indah bercahaya dan mirip mempunyai ekor. Sejak dahulu komet sering menjadi objek penelitian para astronom di dunia. Lalu pada kesempatan kali ini kita akan membahas wacana komet secara umum, berikut ini pembahasannya.


A. Apa itu komet?


Pengertian Komet ialah benda angkasa yang terang, ditutupi oleh kabut tipis, dan bentuknya mirip ekor yang panjang. Komet bergerak mengelilingi matahari, Lintasannya elips dan sangat lonjong sekali tentunya berbeda dari lintasan planet di tata surya. Kata Komet sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu “Kometes”yang mempunyai arti “Rambut Panjang”.


Komet terdiri dari kumpulan partikel debu dan gas yang membeku. Cahaya matahari sering di pantulkan oleh bab dari komet, sehingga komet terlihat mempunyai ekor, panjang ekornya sanggup mencapai jutaan km, dan arah ekor komet slalu menjauhi matahari. Cahaya komet sebagian besar merupakan pantulan dari cahaya matahari. Karena komet terlihat mirip mempunyai ekor, makan sering disebut dengan bintang berekor.


B. Bagian-Bagian komet


Berikut ini merupalan bab dari komet, yang diantaranya:


a. Inti


Inti komet sangat padat, diameternya sanggup mencapai sampai berkilometer. Terbentuk dari bahan-bahan Es yang menyusun komet, kemudian berupah menjadi gas.


b. Koma


Yaitu kawasan yang berkabut pada komet, kawasan pada sekeliling bab inti.


c. Lapisan hidrogen


Yaitu lapisan yang membungkus bab koma, bab ini tidak akan terlihat oleh mata.  Diameter lapisan hidrogen ini sanggup mencapai jutaan kilometer.


d. Ekor


Bagian gas pada komet yang bercahaya kalau melewati matahari, dan terlihat sangat panjang sekali sanggup mencapai jutaan kilometer.


Dapat disimpulkan bahwa inti dari suatu komet yaitu watu dan es yang padat. Ekor dari komet slalu menjauhi matahari, ekornya sanggup terdiri dari dua macam partikel yaitu gas dan debu. Ekor debu akan terlihat mirip lengkungan, sedangkan ekor gas sanggup terlihat lurus. Ekor komet terbentuk ketika mendekati matahari, yaitu dikala sebagian bab inti meleleh sampai menjadi gas kemudian angin dari matahari akan meniup gas tersebut dan bergerak ke arah belakang komet, sehingga terlihat mirip ekor yang bercahaya. (Baca juga: Pengertian matahari, manfaat, karakteristik, dan bagiannya).


 ada juga komet yang terlihat indah bercahaya dan mirip mempunyai ekor √ Pengertian Komet, Cirinya, Jenisnya, dan Contohnya Yang Pernah Terlihat

gambar: pixabay.com


C. Ciri-Ciri Komet


Berikut ini ciri-ciri komet yang perlu kau ketahui, diantaranya:



  • Komet bukanlah bintang, tapi komet merupakan benda angkasa yang terbentuk dari debu dan es, sebagain besar cahayanya berasal dari matahari.

  • Disebut juga sebagai gas pijar, dengan garis edar yang berbeda-beda.

  • Terlihat mempunyai ekor dikala mendekati matahari, sehingga sering di sebut bintang berekor.

  • Arah ekor komet selalu menjauhi matahari, dan ekornya sangat panjang sanggup mencapai jutaan km.

  • Lintasan komet bentuknya elips dan sangat lonjong, lebih panjang sari pada lintasan planet.


D. Jenis-Jenis Komet


Hingga dikala ini terdapat dua jenis komet, kalau di lihat dari bentuk maupun panjang lintasannya, diantaranya:


a. Komet Berekor panjang


Merupakan komet yang mempunyai lintasan sangat jauh, komet ini akan melalui daerah-daerah di angkasa yang hirau taacuh sekali sehingga menyerap gas-gas di kawasan yang dilewatinya. Saat komet tersebut mendekati matahari, akan melepaskan gas-gas sehingga membentuk koma dan juga ekor yang sangat panjang sekali. Contoh komet yang mempunyai ekor panjang yaitu komet halley yang sanggup terlihat sekitar 76 tahunan sekali.


b. Komet berekor pendek


Merupakan komet yang lintasannya penedek, sehingga sedikit sekali menyerap gas-gas pada kawasan yang telah di lewatinya di angkasa. Makara dikala mendekati matahari gas-gas yang dilepaskan sedikit sehingga terlihat mempunyai ekor yang sangat pendek, dan ada juga yang terlihat hampir tidak mempunyai ekor. Contoh komet yang berekor pendek mirip komet Encke yang melintas mendekati matahari sekitar 3,3 tahun sekali.


E. Beberapa Contoh Komet


a. Komet Halley


Merupakan komet yang muncul atau sanggup terlihat oleh mata insan di bumi sekitar 76 tahunan sekali. Komet ini sangat populer diantara komet lainnya, komet halley sangat terperinci dan mempunyai ekor yang panjang sehingga sanggup terlihat oleh mata insan tanpa proteksi alat teleskop.


b. Komet Hyakutake


Merupakan komet yang mememiliki ekor sangat penjang di bandingkan komet lainnya, diberinama Hayakute alasannya komet ini ditemukan oleh astronom asal Jepang, yaitu Yuji Hyakute. Periode orbitnya mencapai 15.000 tahun, tapi alasannya imbas gaya gravitasi planet raksasa di tata sirya priode orbitnya mencapai 72.000 tahu. Makara untuk melihat lagi komet hayakute diharapkan waktu sekitar 72.000 tahun.


c. Komet Encke


Merupakan komet yang mempunyai periode sekitar 3,3 tahun, berekor pendek. Diberinama Komet Encke menurut orang yang melaksanakan perhitungan terhadap lintasan orbitnya, yaitu Johann Franz Enncke sedangkan yang menemukannya Pierre Mechain.


d. Komet West


Komet ini terlihat pada tahun 1976, komet ini merupakan salah satu komet yang terperinci dikala melintasi tata surya bab dalam.


e. Komet McNaught


Merupakan komet yang ditemukan tanggal 7 agustus 2006 oleh astronom berjulukan H. McNaught, jadi komet ini di beri nama sesuai penemunya. Komet McNaught mendekati jarak terdekat dengan matahari (perihelion) tanggal 12 januari 2007, merupakan komet paling terperinci semenjak 40 tahun terakhir dan sanggup terlihat oleh mata tanpa proteksi alat teleskop.


f. Komet Hale – Bopp


Merupakan komet yang paling banyak di amati dikala masa 20, komet ini termasuk komet yang paling terperinci dalam sejarah modern dan sanggup terlihat oleh mata insan selama 18 bulan.


Berikut pola komet lainnya seperti: Ikeya Seki (tahun 1965), Kohoutek (tahun 1973), Shoemoker levy (tahun 1994), De Kock-Paraskevopoulos (tahun 1941), Mellish (tahun 1917), dsb. (Baca juga tentang: Pengertian asteroid dan ciri-cirinya serta contohnya).


F. Kesimpulan


Jadi pengertian komet yaitu benda angkasa yang terang, ditutupi oleh kabut tipis, dan bentuknya mirip ekor yang panjang. Komet bergerak mengelilingi matahari, lintasannya elips dan sangat lonjong sekali tentu berbeda dari lintasan planet di tata surya.


Bagian komet diantaranya Inti, koma, lapisan hidrogen, dan ekor. Ciridari komet yaitu mempunyai ekor dikala mendekati matahari, ekornya bergerak menjauh dari matahari, lintasannya berbentuk elips dan sangat lonjong, merupakan benda angkasa yang tersusun dari debu dan es.


Beberapa komet yang pernah terlihat contohnya mirip Komet: Halley muncul 76 tahunan sekali, Hyakutake ditmukan tahun 1996, Encke terlihat 3,3 tahun sekali, West terlihat tahun 1976, McNaught ditemukan tahun 2006, dsb.


Demikian pembahasan wacana definisi komet, biar sanggup di pahami dan kalau ada kesalahan mohon dimaafkan, terimakasih.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com