Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pengertian Geopolitik: Konsep, Peranan, Dan Misalnya Secara Umum

Konten [Tampil]

Memahami pengertian geopolitik dilengkapi dengan konsep, peranan, dan contohnya yang pernah dilakukan oleh pemerintah Indonesia – Setiap negara niscaya menjalankan atau menerapkan teori tertentu dalam menjalankan politik Internasionalnya, hal ini sangat penting untuk politik internasional. Lalu pada kesempatan kali ini kita akan memahami bahu-membahu wacana Geopolitik, yang penjelasannya sanggup kau baca di awah ini.


A. Penjelasan Utama


Kata Geopolitik berasal dari dua kata yaitu “Geo” dan “Politik”, bila diartikan “Geo” artinya “bumi” dan kata “Politik” berasal dari bahasa Yunani yaitu “Politeia” yang sanggup di artikan sebagai rangkaian asas, keadaan, cara-cara dan alat yang dipakai untuk mencapai tujuan.


Jika dalam artian luas Geopolitik memfokuskan kekerabatan antara politik dan teritori wilayah dalam skala lokal maupun skala internasional, atau mencangkup segala pemakaian kekuatan politik terhadap suatu wilayah. Di dalamnya terdapat kebijakan-kebijakan luar negri yang berupa memahami, menjelaskan, dan memperkirakan segala prilaku politik internasional dalam variabel geografi. Greografi disini umumnya merujuk kepada lokasi suatu negara secara geografis, dan mencakup segala kepentingan politik internasional.


Dari uraian diatas sanggup disimpulkan bahwa Pengertian Geopolitik yaitu kekerabatan antara politik dan teritori wilayah baik itu dalam skala lokal maupun Internasional. Atau arti geopolitik yaitu sistem politik dan segala peraturan yang wujudnya berupa kecerdikan maupun taktik nasional dimana kepentingannya memfokuskan pada pertimbangan geografi, wilayah atau teritorial suatu negara.


B. Wawasan Nusantara Sebagai Geopolitik Indonesia


Cara pandang suatu bangsa dalam memandang tanah air dan lingkungannya akan mewujudkan wawasan nasional. Selanjutnya wawasan nasional tersebut akan menjadi visi bagi bangsa tersebut dalam mencapai tujuan utamanya.


 dan contohnya yang pernah dilakukan oleh pemerintah Indonesia  √ Pengertian Geopolitik: Konsep, Peranan, dan Contohnya Secara Umum

sumber gambar: freepiker.com


Wawasan Nusantara merupakan cara pandang bangsa Indonesia mengenai dirinya maupun lingkungannya, dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah, mementingkan kepentingan bersama diatas kepentingan langsung ataupun kelompok dalam menyelenggarakan kehidupan berbangsa dan bernegara.


Wawasan nusantara sebagai geopolitik Indonesia yang didefinisikan sebagai cara pandangdang maupun perilaku bangsa Indonesia mengenai dirinya sendiri dan lingkungannya menurut Falsafah Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Lebih Lengkapnya Baca: Wawasan Nusantara dilengkapi Pengertian, Tujuan, Unsur, Fungsi, Kedudukan, Aspeknya dan Implementasinya.


C. Konsep Geopolitik Indonesia


Sudah dijelaskan di atas bahwa konsep dasar geopolitik bangsa Indonesia yaitu Wawasan Nusantara yang didalamnya memuat visi nasional untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan dalam aneka macam bidang. Wawasan Nusantara sebagai wawasan nasional yang menurut falsafah Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, merupakan cara pandang maupun perilaku dari bangsa Indonesia terhadap dirinya maupun lingkungannya dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa. Cara pandang tersebut diantaranya mencangkup politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan nasional.


Dari pengertian geopolitik dan wawasan nusantara maka sanggup disimpulkan bahwa Bangsa Indonesia menyatakan bahwa Pancasila dan Undang-Undnag Dasar 1945 sebagai dasar dalam memilih pandangan politik dikala dihadapkan dengan aneka macam kondisi kedudukan wilayah geografis negara Indonesia, artinya bangsa Indonesia ingin menjamin bahwa kepentingan bangsa dan negara menjadi yang paling utama dalam perkembangan politik Internasional.


D. Peranan Geopolitik


Berikut ini peranan geopolitik secara umum bagi suatu negara, diantaranya:



  1. Berusaha untuk menghubungkan kekuasaan suatu negara dengan potensi sumber daya alam yang tersedia.

  2. Untuk menghubungkan segala kebijakan pemerintahan dengan situasi maupun kondisi alam.

  3. Untuk memilih bentuk & corak politik Internasional maupun dalam negri.

  4. Menentukan pokok-pokok arah tujuan negara, contohnya ibarat memfokuskan pada pembangunan.

  5. Sebagai upaya dalam meningkatkan kedudukan suatu negara di mata internasional.

  6. Untuk menghindari dan menuntaskan dilema sengketa wilayah dengan negara tetangga.


E. Contoh Geopolitik


Berikut ini beberapa pola geopolitik yang pernah dilakukan oleh pemerintah Indonesia, diantaranya:


a. Blok Ambalat


Letak wilayah Blok ambalat yaitu di selat makasar dan bahari sulawesi, luas wilayah blok ambalat sekitar 15.235 km2. Wilayahnya berupa lautan tapi terdapat potensi Sumber Daya Alam yang besar sekali, yaitu melimpahnya kandungan minyak bumi. Indonesia dan Mayalsia kerap mengalami sengketa mengenai wilayah ini, Malaysia ingin mendapat Blok Ambalat sebab kandungan minyak buminya yang melimpah, mereka manganggap bahwa itu merupakan wilayah miliknya padahal milik Indonesia. Tapi pemerintah Indonesia dengan segala cara akan terus mempertahankan wilayah Blok Ambalat, salah satunya dengan cara melaksanakan penjagaan dan operasi penyisiran supaya pihak Malaysia tidak menciptakan ulah kembali.


b. Kepulauan Natuna


Indonesia melaksanakan protes dikala wilayah Natuna yang menjadi kepulauan Riau mendadak muncul di peta terbaru Laut China. Saat ini Natuna merupakan wilayah kabupaten di Indonesia yang berdiri tahun 1999. Klaim sepihak oleh China menciptakan Indonesia naik pitam, apalagi beberapa dikala yang kemudian China melaksanakan klaim sepihak juga terhadap kepulauan Spratly dan Paracel yang merupakan kepingan dari wilayah negara Filipina. Lalu pemerintah Indonesia melaksanakan protes dan terus mengusahakan segala upaya termasuk negosiasi terhadap klaim sepihak yang dilakukan China terhadap kepulauan Natuna.


c. Batik Indonesia Yang Di Klaim Negara Lain


Contoh lainnya ibarat dikala sengketa kebudayaan Indonesia yaitu kain Batik yang di klaim oleh Malaysia. Tentu saja Pemerintah Indonesia tidak membisu saja dengan klaim yang dilakukan oleh Malaysia, pemerintah Indonesia -pun segera mendaftarkan Batik ke dalam jajaran Representative List of Intangible Cultural. Heritage UNESCO. Lalu UNESCO –pun memutuskan bahwa Batik merupakan budaya Indonesia dan warisan dunia. Sejak tahun 2009 tepatnya pada tanggal 02 Oktober ditetapkan menjadi hari Batik Nasional. Baca Juga: Pengertian Diplomasi, Tujuan, dan Ruang Lingkupnya.


F. Kesimpulan


Jadi pengertian geopolitik yaitu sistem politik yang berwujud berupa kecerdikan maupun taktik nasional dimana kepentingannya memfokuskan pada pertimbangan geografi, wilayah, atau territorial suatu negara.


Wawasan nusantara sebagai geopolitik Indonesia yaitu merupakan cara pandang bangsa Indonesia mengenai dirinya dan lingkungannya dengan mengutamakan persatuan-kesatuan bangsa beserta wilayah, mementingkan kepentingan bersama diatas kepentingan langsung ataupun kelompok dalam kehidupan berbangsa dan bernegara menurut Pancasila & Undang-Undang Dasar 1945.


Wilayah negara Indonesia terdiri dari darat, bahari dan udara dipandang sebagai ruang hidup yang satu dan utuh. Wawasan nusantara dipandang sebagai wawasan nasional bangsa Indonesia menurut Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan lingkungannya, sehingga menjadi teori geopolitik bagi Indonesia.

Contoh geopolitik yang pernah dilakukan pemerintah Indonesia contohnya dikala berupaya menuntaskan sengketaa wilayah dengan negara lain ibarat sengketa Pulau Sipadan, Pulau Ligitan, Blok Ambalat, dan Kepulauan Natuna.


Akhir Kata . . . Saat ini geopolitik sangat penting sekali terutama bagi suatu bangsa dan negara. Oleh sebab itu kita sebagai bangsa Indonesia harus mempelajari dan memahami betapa pentingnya Wawasan Nusantara, dengan begitu kita sanggup memahami dan menanggapi secara bijak dalam melihat fenomena politik luar negri yang dilakukan oleh Pemerintah, contohnya ibarat dalam menuntaskan sengketa dengan negara lain. Demikian klarifikasi dari saya biar bermanfaat bila ada kesalahan mohon dimaafkan, terimakasih.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com