Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pengertian Ekonomi Kreatif Dilengkapi Karakteristik, Ciri, Manfaat, Pola Dan Pentingnya Bagi Indonesia

Konten [Tampil]

Inilah pengertian ekonomi kreatif yang dilengkapi dengan karakteristik, ciri-cirinya, manfaat, teladan dan betapa pentingnya bagi Indonesia. Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari bantu-membantu mengenai ekonomi kreatif yang menjadi salah satu faktor penting sebagai penggerak perekonomian suatu negara, berikut ini penjelasannya.


A. Apa Pengertian Ekonomi Kreatif?


Asal mula dikenalnya Ekonomi Kreatif secara universal yaitu ketika terbitnya sebuah buku pada tahun 2001 yang berjudul “The Creative Economy: How People Make Money from Ideas” oleh John Howkins. Howkins menulis sebuah buku ketika melihat gelombang ekonomi terbaru yang berbasis kreativitas pada tahun 1997 di Amerika Serikat, dimana kreativitas tersebut menghasilkan aneka macam produk HKI (Hak Kekayaan Intelektual) yang nilainya mencapai 141 Milliar Dollar sehingga menimbulkan HKI menjadi ekspor nomer 1 negara Amerika Serikat.


Pengertian ekonomi kreatif ialah konsep yang mengutamakan pengetahuan, ide, dan kreativitas dalam menggerakan perekonomian. Saat ini ekonomi kreatif menjadi suatu konsep yang sanggup menarik bagi negara di seluruh dunia, maka tak heran jikalau banyak hebat melaksanakan banyak kajian mengenai ekonomi kreatif untuk menyebarkan dan memajukan suatu ekonomi negara. Sumber Daya Manusia yang unggul merupakan faktor yang sangat penting dalam aktivitas ekonomi ini. Perkembanagan ekonomi dunia juga tak lepas dari imbas semakin majunya teknologi. Biasanya penggerak perekonomian suatu negara sebagian besar mengandalkan Sumber Daya Alam, tapi semakin berkembangnya jaman ketika ini mengandalkan Sumber Daya Manusia yang unggul dan berkualitas.


Inilah pengertian ekonomi kreatif yang dilengkapi dengan karakteristik √ Pengertian Ekonomi Kreatif dilengkapi Karakteristik, Ciri, Manfaat, Contoh dan Pentingnya Bagi Indonesia

Sumber gambar: pixabay.com


B. Karakteristik Ekonomi Kreatif


Berikut ini karakteristik Ekonomi Kreatif, diantaranya:



  1. Ide, gagasan, dan kreativitas merupakan unsur yang paling utama.

  2. Dapat dikembangkan di aneka macam bidang perjuangan dan tidak mempunyai batasan.

  3. Konsep yang dibentuk dan dikembangkan merupakan konsep relatif.

  4. Merupakan kerja sama antar cendikiawan di dunia perjuangan sebagai penggagas inspirasi dan gagasan dengan pemerintahan.


C. Ciri-Ciri Ekonomi Kreatif


Berikut ini beberapa ciri ekonomi kreatif, diantaranya:



  1. Hasilnya merupakan produk-produk yang menampilkan keunggulan inspirasi dan kreatifitas, ibarat desain dan bentuk produknya menampilkan kreativitas yang khas. Sehingga keunggulan inspirasi tersebut menjadi nilai tambah pada produk yang dihasilkan.

  2. Pengembangan ekonomi yang berdasarkan pada ketermpilan, kreativitas maupun talenta yang dimiliki setiap individu yang membuat suatu produk menjadi bernilai ekonomis.

  3. Ekonomi kreatif mempunyai siklus hidupnya singkat, margin tinggi, keanekaragaman tinggi, persaingan tinggi, dan relatif gampang untuk di tiru.


D. Manfaat Ekonomi Kreatif


Setelah mengetahui pengertian ekonomi kreatif dan cirinya, silahkan pahami juga keuntungannya sebagai berikut ini:


1. Cepat Berkembangnya Inovasi Baru


Karena mengndalkan inspirasi dan kreativitas di bidang ekonomi, maka tidak akan memperlihatkan batasan kepada seseorang untuk menjalankan bisnisnya. Banyaknya inspirasi gres yang muncul tentu saja membuat masyarakat gampang untuk memenuhi aneka macam macam kebutuhannya.


2. Terbukanya Lapangan Kerja Baru


Karena banyaknya penemuan gres yang muncul dalam dunia bisnis, maka akan membuat banyak produk gres tentu hal ini akan semakim membuka lapangan kerja gres dan menyerap banyak tenaga kerja sehingga angka pengangguran semakin berkurang.


3. Manusia Semakin Kreatif dan Inovatif


Perkembangan perekonomian semakin maju, hal ini akan semakin menuntut insan terus berfikir semakin kreatif dan inovatif. Dengan adanya ekonomi kreatif maka insan akan berusaha keras untuk menemukan bermacam-macam inspirasi dan gagasan gres yang berbeda dengan yang lain.


4. Persaingan Semakin Kompetitif


Karena berkembangnya perekonomian maka akan banyak pembisnis gres yang bermunculan dalam dunia ekonomi, mereka akan bersaing untuk membuat bisnis yang berpotensi untuk mencapai kesuksesan. Hal ini akan membuat persaingan semakin ketat / lebih kompetitif.


5. Semakin Meningkatnya Kualitas Produk


Kualitas produk juga akan semakin membaik, alasannya ialah imbas persaingan yang kompetitif. Setiap pembisnis tentu akan meningkatkan produknya biar lebih baik dari pembisnis lain. Karena masyarakat juga semakin sadar bagaimana menentukan produk yang kondusif dengan kualitas yang baik serta dengan harga yang terjangkau.


E. Contoh Ekonomi Kreatif


Berikut ini beberapa teladan ekonomi kreatif yang sanggup kita temui secara mudah, misalnya:


1. Arsitektur


Hasilnya kreatifitas arsitektur ibarat bentuk / desain bangunan dan gedung-gedung yang unik. Misalnya di luar negri ibarat gedung Burj Khalifa, Sydney opera house, dll. Hal ini membuat para arsitek semakin bersaing membuat rancangan banguna dengan bebagai penemuan gres dengan bentuk yang unik.


3. Kuliner


Kreatifitas di dunia kuliner sangat potensialnya, ketika ini banyak sekali bermunculan jenis kuliner gres di Indonesia. Hal ibarat ini sanggup mengunda wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Contoh kuliner Indonesia yang go internasional ibarat Rendang dan Sate.


3. Kerajinan


Merupakan produk dari ekonomi kreatif yang sering di temui di mana saja, kerajinan tangan yang berkualitas dan terlihat professional sanggup menghasilkan devisa bagi negara. Seperti beberapa kerajinan yang terbuat dari kayu, rotan, batu, tanah liat, dan logam. Hasil kerajina ibarat patung, meja, kursi, gesekan kaligrafi, peralatan rumah tangga, tas anyaman, topi anyaman, dll.


Baca Juga: Pengertian Seni Rupa Terapan, Fungsi, dan Contohnya Secara Umum.


Baca Juga: Pengertian Seni Patung: Fungsi, Jenis, Bentuk, Contoh, dan Teknik Membuatnya.


4. Film dan Fotografi


Saat ini dunia perfilman negara Indonesia semakin maju, buktinya banyak film Indonesia yang di apresiasi masyarakat luar negri contohnya The Raid, Pengabdi Setan, dsb. Beberapa pemain film Indonesia -pun banyak yang bermain di film-film Hollywood, alasannya ialah hal tesebut nama Indonesia semakin populer di perfilman Internasional. Tentu saja hal ini sanggup menjadi lahan bisnis untuk meningkatkan perekonomian negara. Selain film, ketika ini profesi fotografi juga sudah di tekuni banyak orang khususnya anak muda. Hasil fotografi sanggup di jual, di jadikan untuk pameran, untuk foto di media ibarat Koran dan majalah.


5. Software Komputer dan Video Games


Produk digital ibarat softwere komputer dan web mempunyai peranan penting dalam dunia perekonomian, contohnya game online, took online, aplikasi layanan online ibarat Ruang Guru, Gojek dan uber.


Baca Juga: Pengertian Perangkat Lunak Atau Software Komputer.


Banyak sekali develover yang menyebarkan video game, mulai dari berbasis game offline maupon online. Industri game ketika ini semakin berkembang, banyak sekali kompetisi profesionalnya. Perlu di ketahui juga ketika ini Games (pemain game) sudah menjadi profesi yang banyak di tekuni.


6. Fashion


Fashion merupakan salah satu ekonomi kreatif yang paling banyak di tekuni ketika ini. Banyak bermunculan perancang busana baik itu dari dalam negri maupun luar negri bersaing untuk membuat busana yang bagus, inovatif, unik dan biasanya selalu dipertunjukan dalam program fashion show.

Banyak juga yang menjual hasil dari ekonomi kreatif jenis fashion ini, sudah tak terhitung jumlahnya. Pakaian yang bermacam-macam bentuk, perpaduan corak, perpaduan warna, dll. sehingga menarik para pembeli.


Baca Juga: Pengertian Fashion Secara Umum Terlengkap.


7. Musik


Musik salah satu ekonomi kreatif yang gampang di temui, banyak musisi yang bersaing membuat musik yang berkualitas sehingga sanggup di terima masyarakat. Genre musik contohnya ibarat Dangdut, Pop, Rock, Reggae, Musik tekno, dan lain-lain. Seniman yang terjun ke dunia permusikan mendapat penghasilan dari pertunjukan di televisi, siaran radio, unduhan secara online yang legal, penjualan kaset cd, atau tour konser ke aneka macam wilayah. Dengan musik pun devisa negara sanggup meningkat, contohnya musik yang populer dan fenomenal ibarat Despacito yang berdasarkan beberapa gosip membuat parawisata negara Puerto Rico meningkat sebanyak 45%.


8. Penerbitan dan percetakan


Buku ibarat novel yang populer dan menjadi best seller akan meningkatkan perekonomian maupun mengangkat industri percetakan. Majalah dan buku lainnya juga penting bagi percetakan alasannya ialah jikalau penjualannya meningkat akan semakin mendatangkan keuntungan.


F. Apa Pentingnya Ekonomi Kreatif Bagi Indonesia?


Berikut ini seberapa pentingnya ekonomi kreatif bagi negara Indonesia, misalnya:



  1. Berkontribusi terhadap perekonomian nasional, jikalau produk-produknya di ekspor maka akan meningkatkan devisa negara

  2. Dengan produk yang berkualitas maka gambaran bangsa Indonesi semakin meningkat di dunia Internasional.

  3. Merupakan sumber daya yang terbarukan, maksudnya alasannya ialah inspirasi kreatif terus bermunculan maka produk baru-pun akan semakin bermunculan.

  4. Dapat menyebarkan bisnis UKM, alasannya ialah bisnis ini sanggup dilakukan oleh siapa saja yang mempunyai inspirasi kreatif.

  5. Dengan banyaknya pembisnis tentu akan meningkatkan produksi suatu produk, maka diharapkan tenaga kerja yang banyak, dengan begitu angka pengangguran dan kemiskinan semakin berkurang.


Akhir kata… itulah klarifikasi wacana pengertian ekonomi kreatif dan contohnya. Semoga sanggup bermanfaat terutama dalam menambah wawasan kamu. Cukup sekian dan terimakasih telah membacanya.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com