Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pengertian Apresiasi Seni, Tahapan, Fungsi, Dan Keuntungannya Secara Umum

Konten [Tampil]

Pengertian apresiasi seni, tahapan, fungsi, dan keuntungannya secara umum. Pernahkah kita melihat suatu karya seni, kemudian menghayatinya dan memperlihatkan penilaian yang pantas? Kegiatan tersebut sanggup didrbut dengan apresiasi seni. Jika kalian ingin membacanya dan memahaminya secara lebih lengkap berikut dibawah ini penjelasannya.


A. Apa Yang Dimaksud Apresiasi Seni


Kata “Apresiasi” berasal dari bahasa Latin yaitu “Appretiatus” yang sanggup diartikan Mengerti dan menyadari sepenuhnya kemudian sanggup menilai sesuatu dengan semestinya. Jika di hubungkan dengan suatu karya seni maka mempunyai arti mengerti dan menyadari hasil suatu karya seni sehingga peka terhadap nilai keindahannya, bisa menikmatinya, dan sanggup memperlihatkan nilai yang pantas terhadap karya seni tersebut.


Dari klarifikasi di atas maka Pengertian apresiasi seni yakni proses dalam menghayati suatu karya seni dan memperlihatkan penilaian atau penghargaan yang pantas pada karya seni tersebut. Atau apresiasi seni yaitu suatu proses acara yang merasakan, menikmati, menghayati dan menghargai keindahan dari suatu karya seni. Kegiatan pada apresiasi seni yaitu dengan cara melaksanakan pengamatan, kemudian memahami dan menulai dengan memperlihatkan suatu penghormatan, kriti dan juga evaluasi. Tujuan umum dalam melaksanakan apresiasi karya seni yaitu untuk memperlihatkan suatu pengetahuan kepada orang lain mengenai tujuan dari karya seni tersebut di buat, dan biar orang lain sanggup menanggapi, menghayati dalam menilai suatu karya seni.


Baca Juga: Pengertian Seni Rupa, Unsur, Prinsip, dan Jenis atau Cabangnya Terlengkap.


B. Tahapan-tahapan apresiasi seni


Setelah membaca pengertian apresiasi seni, berikut ini tahapan-tahapan apresiasi seni diantaranya:


a. Persepsi


Pada tahapan Persepsi maka akan mengenali banyak sekali bentuk karya seni yang akan di apresiasi, banyak sekali bentuk karya seni menyerupai seni tarian, seni rupa, seni musik, dan seni teater (teater tradisional ataupun modern). Pada tahapan ini maka akan meningkatkan kemampuan dengan mengidentifikasi bentuk-bentuk dari karya seni.


b. Pengetahuan


Pada tahap pengetahuan maka akan diketahui dasar-dasar dalam menapresiasi baik itu sejarah karya seni yang akan di apresiasi, maupun ilmu-ilmu yang harus dipakai untuk mengatahui karya seni tersebut secara lebih dalam.


 Pernahkah kita melihat suatu karya seni √ Pengertian Apresiasi Seni, Tahapan, Fungsi, dan Manfaatnya Secara Umum

Sumber gambar: pxhere.com


c. Pengertian


Pada tahap penngertian maka akan di pahami perihal suatu wujud seni yang akan di apresiasi, menurut pengalaman dalam kemampuan menghayati karya seni.


d. Analisis


Pada tahapan analisis maka akan di deskripsikan suatu bentuk kaya seni yang sedang di pelajari, dan menafsirkan objek karya seni tersebut.


e. Penilaian


Pada tahapan penilaian maka akan dilakukan penilaian terhadap karya seni yang diapresiasi, penilaian tersebut dilakukan baik secara subjektif maupun secara objektif. Tentunya menurut analisis yang sudah dilakukan sebelumnya.


f. Apresiasi


Tahap terakhir yaitu apresiasi, pada tahapan ini terdiri dari nilai, tenggang rasa dan filing. Nilai yaitu melaksanakan penilaian perihal keindahan karya seni, baik itu dari fungsi maupun maknanya dalam masyarakat. Empati yaitu acara untuk memahami dan menghargai karya seni. Dan Feeling yaitu menghayati, sehingga karya seni tersebut sanggup di nikmati


C. Fungsi dan Manfaat Apresiasi Seni


a. Fungsi apresiasi seni


Fungsi utama dalam melaksanakan apresiasi terhadap suatu karya seni yaitu: 1). Untuk meningkatkan dan semakin menjadikan rasa kecintaan terhadap karya seni, terutama karya seni bangsa sendiri dan sekaligus saling menyayangi maupun menghormati sesame manusia. 2). Dan Untuk menikmati keindahan, melaksanakan penilaian, rasa empati,dan sebagai hiburan.


b. Manfaat apresiasi seni



  • Dapat menanamkan rasa tenggang rasa terhadap keindahan seni, pengalamana yang didapatkan dari hasil mengamati karya seni akan mempengaruhi sikap dan sikap seorang pengamat seni.

  • Dengan apresiasi seni maka pandangan masyarakat akan terbuka perihal dunia seni yang kongkrit, unik, indah dan menakjubkan.

  • Apresiasi seni bermanfaat juga bagi kesenian di Indonesia, dengan acara apresiasi seni maka kesenian Indonesia akan lebih di hargai dan dikenal oleh bangsa sendiri.


Baca Juga: Pengertian Seni Patung: Fungsi, Jenis, Bentuk, Contoh, dan Teknik Membuatnya.


D. Kesimpulan


Dari klarifikasi di atas maka sanggup di ambil kesimpulan bahwa pengertian apresiasi seni yakni proses dalam menghayati suatu karya seni dan memperlihatkan penilaian atau penghargaan yang pantas pada karya seni tersebut.


Adapun tujuan utama apresiasi seni yaitu untuk memperlihatkan suatu pengetahuan kepada orang lain mengenai tujuan dari karya seni tersebut di buat, dan biar orang lain sanggup menanggapi, menghayati dalam menilai suatu karya seni.


Berikut tahapan apresiasi seni yaitu:



  • Persepsi, yaitu tahapan yang mengenali bentuk dari karya seni yang akan di apresiasi.

  • Pengetahuan yaitu tahapan yang mengenali ilmu-ilmu yang berkaitan dengan apresiasi seni dan bentuk karya seni tersebut.

  • Analisi yaitu tahapan yang mendeskripsikan atau menafsirkan bentuk karya seni tersebut.

  • Penilaian, yaitu tahapan melaksanakan penilaian yang pantas secara subjektif maupun objektif terhadap karya seni tersebut.

  • Dan Apresiasi, yaitu tahapan yang terdiri dari nilai, tenggang rasa dan filing.


Itulah klarifikasi perihal apresiasi seni secara umum yang dilengkapi juga dengan tahapan, fungsi dan manfaatnya. Semoga goresan pena ini sanggup memperlihatkan manfaat dalam menambah pengetahuan kamu. Jika ada kesalahan mohon maaf, cukup sekian dan terimakasih.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com