Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pengertian Aneh Dalam Penelitian Karya Ilmiah Dan Contohnya

Konten [Tampil]

Pengertian ajaib dalam penelitian karya ilmiah dilengkapi dengan contohnya. Jika kalian yang sering menyusun karya ilmiah hasil penelitian pastinya sudah tidak gila lagi dengan istilah abstark. Istilah ajaib disini bukanlah jenis Lukisan, tapi goresan pena yang singkat yang menjelaskan inti karya tulis ilmiah. Nah untuk memahaminya silahkan baca penjelasannya dibawah ini.


A. Apa Pengertian Abstrak dalam Karya Tulis Ilmiah?


Yang dimaksud dengan ajaib yaitu suatu ringkasan atau rangkuman isi karya tulis ilmiah, bertujuan untuk memudahkan pembaca dalam memahami maksud penulisan karya ilmiah tersebut. Di dalam dunia pendidikan goresan pena ajaib selalu dipakai oleh forum sebagai isu pada halaman awal dikala penulisan karya ilmiah mengenai suatu penelitian, ibarat pada skripsi, tesis, jurnal, dsb.


Struktur penulisan ajaib dikala ini berbeda-beda, contohnya setiap forum universitas mempunyai standar penulisan ajaib masing-masing. Dalam skripsi dan tesis abstark di tulis dengan bahasa Indonesia, dan dalam bahasa Inggris. Baca Juga: Pengertian Karya Tulis Ilmiah Dan Jenis-Jenisnya.


Pengertian ajaib dalam penelitian karya ilmiah √ Pengertian Abstrak dalam Penelitian Karya Ilmiah dan Contohnya

Gambar: pixabay.com


B. Ciri-Ciri Abstrak Karya Tulis Ilmiah Yang Baik


Berikut ini ciri-ciri ajaib yang baik dari suatu karya ilmiah, diantaranya:



  • Terdapat beberapa paragraf yang merupakan satu kesatuan, yang sanggup bangun sendiri.

  • Mengikuti kronologis dari goresan pena pembahasan.

  • Adanya transisi secara logika, antara isu yang di sampaikan.

  • Hanya meringkas laporan penelitian yang dilakukan, tidak menambah-nambahkan isu baru.

  • Mudah di mengerti atau dipahami oleh para pembaca.


C. Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Menulis Abstrak Karya Ilmiah


Untuk menulis ajaib beberapa hal yang perlu di perhatikan seperti:


1. Struktur Paragraf


Abstrak pada karya tulis ilmiah harus ditulis dalam suatu paragraph yang menunjukkan klarifikasi mengenai isi dari pembahasan dengan singkat, terang dan gampang di mengerti pembaca. Satu sepasi umumnya dipakai sebagai jarak untuk menyusun kalimat dalam paragrafnya, kalimat pertama agak ke dalam, tapi kadang setiap forum selalu mempunyai fatwa atau hukum sendiri ibarat pada penggunaan jenis huruf, ukuran, banyak inimal paragraph, dll.


2. Jumlah Kata


Jumlah kata yang ideal untuk satu paragraf terdiri dari 150 hingga 200 kata, tapi dalam ajaib sutu karya tulis ilmiah ibarat pada skripsi dan tesis jumlah kata pada satu paragraf tergantung isyarat dari pembimbing.


3. Isi paragraf.


Setiap paragraf pada abstrak, akan menjelaskan menganai suatu pembahasan. Biasanya mengedepankan empat bab empris dari suatu abstrak, diantaranya:



  • Pada paragraf pertama akan menfokuskan pembahasan pada indentifikasi penelitian secara singkat biar para pembaca memahami apa yang menjadi materi penelitian yang di lakukan penulis karya ilmiah, pada bab paragraph pertama biasanya mengandung judul karya tulis ilmiah.

  • Pada paragraf kedua, akan menunjukkan citra dengan terang mengenai penelitian yang dilakukan, untuk proses mencari balasan mengenai permasalahan yang di teliti. Umumnya pada paragraf kedua akan berisi metode penelitian yang digunakan, dan teknik pengumpulan data yang digunakan. Metode yang dipakai contohnya ibarat metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data contohnya dengan cara observasi, wawancara, dan studi kepustakaan.

  • Pada paragraf ketiga, penulis akan memaparkan dan menjelaskan temuannya permasalahannya kepada para pembaca. Biasanya hanya permasalahannya saja yang di bahas, tanpa tanpa mengungkapkan pembahasan yang dilakukan.

  • Pada paragraf keempat, pada bab ini biasanya penulis akan menjelaskan saran-saran untuk memecahkan permasalahan yang di telitinya, tanpa pembahasan dengan uraian yang panjang.


Biasanya abstak disertai keyword (kata kunci) pada bab akhir, tujuannya untuk memudahkan dalam mengingat inti pembahasan dari ajaib tersebut. Membuat ajaib suatu karya tulis tidak sanggup diselesaikan dalam satu kali penulisan, jadi diharapkan bimbingan dari pembimbing skripsi atau tesis juga. Gaya penulisan ajaib yang banyak dipakai contohnya APA (American Psychology Association) style yang banyak dipakai dan menjadi gaya penulisan standar banyak universitas atau perguruan tinggi tinggi. Baca juga: Pengertian Paragraf Dan Jenisnya.


D. Contoh Abstrak Karya Tulis Ilmiah


Berikut ini salah satu referensi ajaib pada skripsi, yang terbagi kedalam bahasa Indonesia dan Inggris:


Pengertian ajaib dalam penelitian karya ilmiah √ Pengertian Abstrak dalam Penelitian Karya Ilmiah dan Contohnya

Contoh ajaib pada skripsi


E. Kesimpulan Pembahasan


Dari uraian-uraian di atas maka sanggup di simpulkan bahwa Abstrak yaitu suatu ringkasan atau rangkuman isi karya tulis ilmiah. Fungsi ajaib pada karya tulis ilmiah yaitu untuk menunjukkan isu kepada pembaca mengenai hasil penelitian yang di lakukan penulis, sehingga pembaca sanggup mengetahui hasil penelitian tanpa harus membaca keseluruhan goresan pena penelitian dan ajaib juga berfungsi untuk memundahkan orang lain mencari referensi dalam penelitian.


Umumnya ajaib terdiri dari empat paragraf: 1). Paragraf pertama menjelskan materi yang menjadi penelitian yang di lakukan penulis, pada bab ini biasanya terdapat judul karya tulis ilmiah; 2). Paragraf kedua umumnya menjelaskan secara singkat mengenai metode penelitian yang digunakan, dan teknik pengumpulan data yang digunakan; 3). Paragraf ke tiga, menjelaskan temuannya permasalahannya kepada para pembaca, yang akan di teliti dan di carikan solusinya; 4). Dan paragraf ke empat, menjelaskan saran-saran atau cara untuk memecahkan permasalahan yang di telitinya.


Itulah pembahasan perihal pengertian ajaib dalam penelitian karya tulis, semoga sanggup di pahami. Jika ada kesalahan mohon maaf, terimakasih.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com