Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Definisi Klarifikasi Apa Itu Quantifiers

Konten [Tampil]

Definisi & Penjelasan Apa itu Quantifiers – Dalam Bahasa Indonesia, kalau kita menyatakan jumlah benda atau barang maka kita memakai kata – kata ibarat “banyak jeruk”, “sedikit piring”, “setengah keranjang apel”, dan sebagainya. Sedangkan dalam Bahasa Inggris menurut jumlahnya dibagi dalam dua jenis, yaitu countable (benda yang sanggup dihitung) dan uncountable (benda yang tidak sanggup dihitung) sehingga memakai kata yang berbeda untuk menyatakan jumlahnya. Kata yang dipakai untuk menyatakan jumlah disebut dengan “Quantifier”. Berikut yakni klarifikasi Quantifier beserta contohnya dalam kalimat Bahasa Inggris.


Pengertian Quantifier


Quantifier yakni sebuah kata atau sekelompok kata yang mempunyai fungsi untuk menyatakan jumlah, ibarat how much atau how many. Quantifier mempunyai dua bentuk, yaitu terdiri dari satu kata yang disebut Simple Quantifier, contohnya little, many, few, atau Complex Quantifier yang berupa frasa, contohnya none of, a couple of, a lot of. Pada umumnya, Quantifier dipakai atau berfungsi sebagai Determiner yang membatasi kata benda (noun). Posisi Quantifier berada di depan kata benda (noun) untuk membentuk noun phrase. Akan tetapi, Quantifier sanggup bangun sendiri sebagai kata ganti (pronoun), yaitu sebagai Indefinite Pronoun.


Contoh:


• Few students (sedikit murid)

Note:

o few = determiner

o few = modifier kata benda “students”


• Few visit the museum (sedikit yang mengunjungi museum)

Note:

o Few = sebagai pronoun (subjek kalimat)


Kombinasi Quantifier dan Noun


Sebagian Quantifier sanggup ditambahkan isu yang berupa noun (countable dan uncountable noun). Sedangkan sebagian yang lain hanya sanggup ditambahkan isu yang berupa countable noun atau uncountable noun saja.


Contoh:


1. Kombinasi: quantifier + countable / uncountable noun


• Contoh Quantifier: some, any, a lot of, lots of, enough, most of the, most, all of the, plenty of, lack of

• Contoh Kalimat Quantifier:

o Do you want to give him all of the foods? (Apakah kau mau memberinya semua masakan tersebut?)

o We can no longer give money to those children because we do not have enough money. (Kita tidak sanggup lagi menawarkan uang kepada anak – anak tersebut alasannya yakni kita tidak mempunyai cukup uang)

o Can we move to another class? It seems they do not have enough chairs for more students. (Dapatkah kita pindah ke kelas yang lain? Sepertinya mereka tidak mempunyai cukup dingklik untuk komplemen murid)

o I do not have a lot of pets at home because my mother does not allow me to. I only have some fish. (Saya tidak mempunyai banyak hewan peliharaan di rumah alasannya yakni ibu aku tidak mengizinkannya. Saya hanya punya beberapa ikan hias)

o What else do you need to make a cake? Do you need a lot of sugar or a kafetaria of chocolate? (Apa lagi yang kau butuhkan untuk menciptakan kue? Apakah kau membutuhkan banyak gula atau sebatang coklat?)



style="display:inline-block;width:336px;height:280px"
data-ad-client="ca-pub-9290406911233137"
data-ad-slot="2698768695">


2. Kombinasi: Quantifier + countable noun


• Contoh Quantifier: several, a few, few, many, none of, a couple of

• Contoh Kalimat Quantifier:

o Several managers are coming to my office to attend the annual meeting. (Beberapa manajer tiba ke kantor aku untuk menghadiri rapat tahunan)

o None of my dress is good enough for the party tonight. (Tidak ada satupun dari gaun aku yang cukup anggun untuk pesta malam ini)

o I have many flowers in my garden and they have various colours and shapes. (Saya mempunyai banyak bunga di kebun aku dan bunga – bunga tersebut mempunyai banyak sekali warna dan bentuk)


3. Kombinasi: quantifier + uncountable noun


• Contoh Quantifier: a good deal of, a great deal of, a little, little, a little bit, a bit of, not much, no, much

• Contoh Kalimat Quantifier:

o They said that they did not have much money to buy a car. (Mereka menyampaikan bahwa mereka tidak mempunyai banyak uamg untuk membeli sebuah mobil)

o It is a very hot day and I feel thirsty. I seriously need to drink much water today. (Ini yakni hari yang sangat panas dan aku merasa sangat haus. Saya benar – benar membutuhkan banyak air)

o Jenna thought that she was too fat, so she started to eat a little food. (Jenna berpikir bahwa ia terlalu gendut, jadi ia memulai untuk memakan sedikit makanan)


Floating Quantifier


Pada umumnya, Quantifier berada di depan kata benda (noun) dan membentuk frasa kata benda (noun phrase). Akan tetapi, terdapat beberapa Quantifier yang sanggup pindah dari posisi tersebut ke banyak sekali posisi di dalam kalimat. Quantifier yang sanggup berpindah posisi tersebut disebut dengan Floating Quantifier. Sedangkan hukum untuk memposisikan Quantifier di dalam kalimat disebut dengan Quantifier Floating.


Contoh:


• All

• Both

• Each


Ketiga Floating Quantifier tersebut sanggup berpindah posisi dengan syarat kata benda (noun) yang dibatasi merupakan Definite Noun (kata benda yang terang dimaksudkan).


Berikut yakni beberapa teladan posisi Floating Quantifier yang mungkin:


1. Sebelum Verb / sesudah Noun

2. Setelah Auxiliary Verb yang pertama


Contoh:


• All of the children look happy. (Semua anak terlihat senang)

• The children all look happy. (Anak – anak semuanya terlihat senang)

• Both the students need to improve their score. (Kedua murid tersebut perlu meningkatkan nilai mereka)

• The students both need to improve their score. (Kedua murid tersebut perlu meningkatkan nilai mereka)

• I really like both of your cats. (Saya sangat suka kedua kucingmu)

• I really like your cats both. (Saya sangat suka kedua kucingmu)

• All of my relatives are kind. (Semua saudara aku baik)

• My relatives all are kind. (Semua saudara aku baik)


Demikianlah klarifikasi Quantifier beserta teladan kalimatnya. Semoga bermanfaat dan sanggup dipahami dengam baik. Terima kasih.


Baca Juga:


Soal Bahasa Inggris Tentang Noun & Kunci Jawaban

Soal Bahasa Inggris Tentang Pronoun & Kunci Jawaban

Soal Bahasa Inggris Tentang Preposition & Kunci Jawaban



Sumber https://www.kakakpintar.id