Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Cara Gampang Budidaya Dan Pemasaran Bekicot Organik

Konten [Tampil]

Cara Budidaya dan Pemasaran Bekicot – Bekicot yakni binatang berlendir yang hidup di pepohonan. Selama ini bekicot dianggap sebagai hama flora sehingga para petani beramai-ramai melaksanakan upaya biar ladangnya terhindar dari bekicot.


Hama flora memang akan merugikan petani, sebab hasil panen mereka akan berkurang drastis kalau tanamannya diserang hama.


Namun bagi sebagian orang, hama flora yang dulunya hanya dianggap sebagai binatang pengganggu yang harus dibasmi, sanggup menjadi bermanfaat bahkan sanggup mendatangkan pundi-pundi rupiah.


Salah satu hama flora yang ketika ini banyak dicari dan dibudidayakan yakni siput atau bekicot. Bekicot yang dibudidayakan umumnya bekicot jenis Achatina fulica.


Bekicot jenis ini banyak mengandung daging yang cukup enak bila dimasak. Bahkan di negara asalnya (Eropa), bekicot jenis ini dipakai sebagai materi baku makanan khas yang disebut Escargot.


Mulanya makanan escargot dibentuk dari materi Helix Pomatia, namun sebab terbatasnya materi baku, kesudahannya bekicot jenis Achatina fulica yang dipilih sebagai materi utamanya.


Cara Beternak Bekicot Organik


Bagi Anda yang ingin serius menggeluti beternak atau budidaya bekicot, berikut kita ulas secara lengkap.


A. Pembuatan Kandang


 Bekicot yakni binatang berlendir yang hidup di pepohonan √ Cara Praktis Budidaya dan Pemasaran Bekicot Organik
agrokomplekskita.com

Kandang untuk beternak bekicot termasuk hal yang penting jikalau ingin berhasil dalam beternak. Kandang yang cantik untuk bekicot yakni yang lokasinya strategis, contohnya di lokasi kebun yang rindang dan banyak pepohonan.


Anda sanggup menciptakan sangkar dengan ukuran 10m x 10m. Agar bekicot tidak kabur keluar kandang, Anda sanggup menciptakan parit dengan pasangan watu bata dan diplester dengan semen di sekeliling kandang. Kemudian isi parit dengan air.


B. Pemilihan Induk dan Perkawinan


 Bekicot yakni binatang berlendir yang hidup di pepohonan √ Cara Praktis Budidaya dan Pemasaran Bekicot Organik
tips-ukm.com

Untuk pemilihan induk bekicot, Anda sanggup mencarinya di hutan atau di sekitar kebun, biasanya bekicot akan mengumpul di sekitaran daerah tersebut.


Kalau Anda kesulitan mencari kebun atau Anda tinggal di kota yang jauh dari kebun, Anda sanggup membelinya di daerah pembudidaya bekicot.


Selain menjual bekicot yang siap dikonsumsi, mereka biasanya juga menjual indukan bekicot siap kawin.


Kemudahannya Anda tidak perlu memilah lagi bekicot yang cantik untuk indukan, sebab Anda bekicot yang mereka jual sudah dipilih untuk indukan ternak.


Jika Anda pemula di budidaya bekicot ini, Anda juga sanggup berkonsultasi eksklusif dengan praktisi yang sudah berpengalaman, jadi Anda juga akan sanggup ilmu kanuragan yang tidak ditemui di buku-buku perihal budidaya.


Sebagai contoh saja, indukan bekicot yang cantik untuk budidaya setidaknya mempunyai ukuran 6-7 cm dan berat sekitar 70 gram. Akan lebih cantik lagi jikalau indukan yang Anda pilih mempunyai cangkang besar lengan berkuasa dan bersih.


Kalau sudah sanggup indukan yang siap dibudidaya, selanjutnya letakkan indukan bekicot di dalam sangkar penetasan.


Setiap sangkar isi dengan 10-12 pasang bekicot, jangan terlalu banyak. Untuk pemindahan bekicot ketika penetasan sebaiknya dilakukan di malam hari.


C. Pembesaran Bekicot


 Bekicot yakni binatang berlendir yang hidup di pepohonan √ Cara Praktis Budidaya dan Pemasaran Bekicot Organik
wisatapriangan.co.id

Setelah telur bekicot menetas, selanjutnya kita masuk pada tahap pembesaran. Pembesaran sebaiknya dilakukan sesudah bekicot beumur 7-15 hari.


Pemindahan anak bekicot ke sangkar pembesaran sebaiknya dilakukan dengan hati-hati sebab cangkang bekicot kecil masih sangat ringkih dan rawan pecah.


D. Pemanenan Bekicot dan Pemasaran


 Bekicot yakni binatang berlendir yang hidup di pepohonan √ Cara Praktis Budidaya dan Pemasaran Bekicot Organik
Jitunews.com

Dengan perawatan dan pemeliharaan yang baik, bekicot akan sanggup dipanen sesudah 5-8 bulan. Untuk ukuran ideal, setidaknya bekicot telah mencapai ukuran 8-10 cm.


Bekicot dengan usia dan ukuran menyerupai ini yakni yang paling cantik dan nutrisinya paling banyak.


Pemasaran Bekicot


 Bekicot yakni binatang berlendir yang hidup di pepohonan √ Cara Praktis Budidaya dan Pemasaran Bekicot Organik
PecintaAlam-Bocah Kediri.blogspot.com

Untuk pemasaran bekicot, ada dua cara yang sanggup Anda lakukan. Pertama, Bekicot diambil dagingnya dan dipasarkan ketika dagingnya masih segar.


Namun cara pemasaran yang paling banyak dilakukan yakni cara pertama yaitu dijual ketika masih hidup. Hal ini menghindari biar daging bekicot tidak bacin sebab masih dalam keadaan hidup.


Demikian cara beternak dan pemasaran bekicot. Semoga bermanfaat.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com