Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Pacaran Yang Baik Berdasarkan Syariat Islam

Konten [Tampil]
 Cara Pacaran yang Baik Menurut Syariat Islam 5 Cara Pacaran yang Baik Menurut Syariat Islam

Pacaran yang baik berdasarkan anutan agama islamSering sekali orang-orang di sosmed berdebat dilema pacaran, apakah Islam sendiri membenarkan pacaran yg berlaku di kalangan anak muda ketika ini? Ataukah ada alasan-alasan tertentu yg menciptakan pacaran sanggup menjadi hal yg diterima oleh Islam? 

Untuk mengenal jawabannya, ada baiknya kita sama-sama mengulas perihal pacaran dengan akurat & penuh perhatian. Nah jadi pacaran yang baik berdasarkan anutan agama islam?

Apakah Pacaran Bisa Diterapkan Secara Islami?

Mengapa dalam Islam melarang berpacaran? Hal ini niscaya pernah sekali-kali muncul ke pikiran kita. Sebagai makhluk yg memiliki hati, niscaya saja cinta kasih yg melebihi seorang mitra terhadap lawan jenis merupakan hal yg lumrah kita rasakan, namun apakah bagaimankah pacaran yg baik? 

Bagaimanakah pacaran yang baik dalam pandangan islam? dan bagaimana cara pacaran yang baik berdasarkan syariat islam?

Apabila kita merujuk terhadap Kamus Besar Bahasa Indonesia, maka sanggup ditemukan pengertian pacar ialah mitra lawan tipe yg bersamanya kita menjalin kekerabatan romantis penuh kasih sayg. Sementara pacaran, merupakan kata kerja dari pacar, yg berarti kita meperbuat acara dengan pacar, dimana dengan cara pendek sanggup disebut sebagai bermesraan ataupun mengumbar kasih. Lalu bukankah terbukti hak seluruh insan yg memiliki hati untuk hal tersebut? Namun gimana sih Islam meman&g kegiatan pacaran?

Kata “pacaran” bukanlah suatu kata yg dikenal di tanah Arab, ataupun bahkan dalam agama Islam. Sebab hal tersebut, tidak sempat ada dalil ataupun ayat Al-Qur’an tertentu yg berbunyi mengenai Allah SWT melarang umatnya untuk berpacaran & bermesraan setiap harinya. 

Namun apa yg kemudian menjadi dasar bagi aneka macam ulama Islam di Indonesia menetapkan bahwa Islam melarang berpacaran? Hal tersebut alasannya ialah aneka macam acara yg diperbuat ketika berpacaran menyimpang dari aliran Islam, sehingga sebetulnya cara pacaran yang baik berdasarkan anutan islam dapat diterapkan selama tidak memenuhi hal-hal terlarang.

Baca Juga : Inilah yang terjadi jikalau memaafkan kekasih yang selingkuh

Islam terbukti sebenarnya tidak menyetujui berpacaran, alasannya ialah hal tersebut biasanya mengandung hal-hal yg menyimpang dari aliran Islam, berikut tips pacaran yang baik dalam islam :


1. Hindari Zina Ataupun Paling Tidak Mendekatinya

Inilah yg paling dihindari oleh Islam berkenaan dengan berpacaran. Larangan ini ada pada Al-Qur’an surat Al-Isra ayat 32, yg bunyinya bahwa insan dihentikan mendekati zina alasannya ialah hal tersebut ialah hal yg keji & merupakan jalan menuju neraka. Dalam hadits riwayat Bukhari & Muslim juga dikatakan bahwa seorang yg berzina ketika mereka sudah menikah maka darahnya halal untuk dibunuh meskipun mereka orang Islam sekalipun.


2. Janganlah bertukar Pandangan Dengan Lawan Jenis

Kesusahan berpacaran Islami ialah untuk menahan kondisi bertukar pandangan dengan lawan jenis yg tetap bukan muhrim kita. Hal ini diatur dalam surat An-Nur ayat 30 hingga 31 yg bunyinya mengenai gimana seorang pria haruslah menahan pandangan & menjaga kemaluannya. Hadist juga mengatur bahwa memang ialah zina mata.


3. Hindari waktu Berdua-duaan Dengan Sang Pacar

Semua tersebut tidak bakal terjadi apabila tidak ada waktu luang mereka untuk berdua tanpa gangguan apapun. Hal ini ada dalam suatu hadits riwayat Bukhari & Muslim, isinya ialah mengenai larangan seorang wanita berdua dengan pria kecuali ada orang lain juga (ber 3). Saat ada kesemapatan untuk berdua, biasanya bakal menjurus ke hal lain misalnya saling bersentuhan yg juga dihentikan dalam aliran Islam.


4. Ta'aruf


5. Menikah

Nah itulah artikel bagaimana pacaran yang baik berdasarkan agama islam, supaya kau sanggup membatasi hawa nafsu dalam berpacaran.

Baca Juga : Sikap Pria Yang Bikin Cewek Klepek-Klepek
Sumber http://www.faktakah.com