Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Manfaat Dan Khasiat Buah Alpukat Bagi Kesehatan

Konten [Tampil]

KABARTANI.com – Alpukat buah yang mempunyai nama latinnya Persea americana, buah ini banyak dijumpai di daerah-daerah di Indonesia.tekstur buah alpukat yaitu menyerupai dengan buah jambu.


Kebanyakan buah alpukat dimanfaatkan sebagai tumbuhan monokultur serta tumbuhan pekarangan di kawasan – kawasan tropika, termasuk Indonesia. buah ini juga bisa dipakai dalam proses diet penurunan berat badan.


Khasiat Kandungan Buah Alpukat bagi Kesehatan


Banyak manfaat yang sanggup ditemukan didalam buah alpukat adapun kandungan zat gizi dan senyawa aktif yang ada dalam buah alpukat, adanya Asam Lemak tak jenuh yang baik untuk menjaga kesehatan jantung, disamping itu buah alpukat juga mempunyai aneka macam jenis nutrisi menyerupai 11 vitamin dan 14 mineral yang baik bagi tubuh. Bbuah alpukat juga mengandung senyawa kalium yang bermanfaat untuk membasmi penyakit stroke.


Vitami A, Vitamin B, vitamin C yang ada dalam buah alpukat bermanfaat untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh, dan Vitamin E dan Vitamin K yang mempunyai kegunaan untuk membantu sistem imun pada tubuh, lutein, asam folat yang sanggup menjaga kesehatan jantung, karotenoid yang berfungsi sebagai sumber antioksidan bagi tubuh, serta serat yang berfungsi memperlancar buang air besar.


Disamping itu, buah alpukat masih mempunyai banyak manfaat menyerupai menurunkan kadar kolesterol darah, menurunkan peresapan gula dalam usus, bisa melembabkan kulit, serta mencegah anemia dan konstipas


Buah Alpukat Bermanfaat Untuk Menjaga Kesehatan Jantung


Dengan mengkonsumsi buah alpukat secara rutin sanggup mencegah penyakit stroke, hipertensi, maupun jantung, dikarenakan kandungan Asam lemak tak jenuh dalam buah alpukat memperlihatkan banyak kebaikan bagi kesehatan tubuh manusia, Senyawa tersebut bisa menurunkan kadar kolesterol sebagai lemak jahat bagi tubuh. Tak mengherankan juga buah alpukat juga dipakai sebagai terapi diet.


Cara Mengolah Buah Alpukat


Buah alpukat yang sanggup dikonsumsi yaitu daging buahnya. alpukat sanggup dinikmati dalam keadaan hambar atau keadaan biasa.Kebanyakan Buah alpukat diolah menjadi jus, alasannya dipercaya menambah stamina dan mengenyangkan. selain dijadikan jus, alpukat juga sanggup diolah menjadi aneka macam olahan menyerupai adonan sup buah, adonan salad, maupun adonan es krim.


Contoh Olahan Buah Alpukat


Jus Alpukat

Bahan :



  • 3 buah alpukat, ambil daging buahnya

  • 200 ml fresh milk dingin

  • 125 ml susu kental manis

  • 1 sdt meises untuk taburan


Cara Membuat :



  1. Blender alpukat, fresh milk dan susu kental anggun menjadi satu.

  2. Tuangkan ke dalam gelas dan taburi dengan mesis

  3. Selanjutnya mulai bisa disajikan



    Fakta Buah Alpukat


Kandungan Asam lemak tak jenuh pada buah alpukat bisa menurunkan kolesterol dan LDL dalam tubuh sehingga sanggup menurunkan resiko penyakit jantung.


Demikianlah sedikit citra wacana manfaat dan khasiat buah alpukat untuk kesehatan tubuh manusia, biar sanggup menambah pengetahuan dan maanfaat untuk kita semua.



Sumber https://kabartani.com