Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ √ Indeks Buku : Pengertian, Bagian-Bagian Dan Misalnya Lengkap

Konten [Tampil]

Pengertian Indeks Buku, Bagian dan Contoh Indeks Buku



Memahami Indeks buku yaitu kepingan terpenting yang harus ada di setiap buku. Dapat dikatakan bahwa indeks buku juga disebut sebagai materi bahasa Indonesia. Agar pembaca sanggup lebih memahami apa yang dimaksud dengan Memahami Indeks, maka dalam artikel ini akan dibagikan juga hal-hal yang berkaitan dengan hal-hal dan juga data, yang digambarkan secara umum.


Memahami Indeks buku yaitu kepingan terpenting yang harus ada di setiap buku √ √ Indeks Buku : Pengertian, Bagian-bagian dan Contohnya Lengkap


Di dalam suatu indeks buku mempunyai banyak sekali aneka macam istilah yang terdapat di buku tersebut dimana yang sudah tersusun menurut aksara di semua istilah yang ada tersebut. Jadi, saat si pembaca ingin mencari sebuah istilah yang ada di dalam sebuah buku, maka cukup melaksanakan dengan membuka kepingan indeks buku dari buku tersebut.


Umumnya Indeks buku diletakan di kepingan halaman paling belakang dari sebuah buku sesudah Halaman daftar pustaka. Walaupun Indeks ini mempunyai banyak manfaat/kegunaan dimana memudahkan pembaca dalam menemukan istilah pada sebuah buku, akan tetapi masih jarang sekali orang yang membuka Indeks buku tersebut.


Pengertian Indeks Buku


Indeks sanggup diartikan sebagai kata atau istilah yang cukup penting di mana ia disusun dengan rapi menurut aksara menurut aneka macam informasi dari kawasan tersebut. Tentu saja Indeks sangat berkhasiat dalam menemukan aneka macam pilihan dalam buku, sebab akan segera ditemukan. Pergerakan Indeks dari buku ada di halaman terakhir sebuah buku.


Bagian-Bagian Indeks Buku


Indeks buku dibangun atas beberapa kepingan di antaranya yaitu ndeks nama, indeks topik, perincian indeks topik, dan juga nomor halaman yang mana nama atu rincian topic tersebut ada. Hal itu semua yaitu beberapa kepingan yang membangun dari sebuah Indeks Buku. Agar lebih jelasnya silahkan anda lihat dibawah ini.


Indeks nama (pengarang)


Adalah suatu susunan atau kumpulan dari aneka macam nama orang disebuah indeks. Baca Juga, Aturan penulisan dan indeks pengarang.


Indeks topik (subjek/istilah)


yakni sebuah kumpulan berupa objek atau istilah yang tersusun berdasarka urutan aksara dimana istilah tersebut terdapat di dalam buku atau terkait dengan isi buku tersebut. Misalnya saja di sebuah buku geografi, indeks topic yang ada umumnya merupakan aneka macam istilah yang masih ada kaitannya dengan Ilmu geografi.


Rincian Indeks Topik


adalah aneka macam istilah atu subjek yang masih ada hubungannya dengan Subjek yang ada di sebuah indeks topik.


Nomor halaman


Masih termasuk dalam kepingan indeks buku yang mana bertuliskan nomor-nomor halaman dimana terdapat aneka macam isitilah tersebut berada.


Contoh-Contoh Indeks Buku


A


Akustia, Klara, 214


Aku sertaan, 78


Aku tak sertaan, 78


Ali, Muhammad, 43, 44


Alisjahbana, Sutan Takdir, 24, 41, 50, 53, 65, 76, 82


B


Bachri, Sutarji Colzoum, 31, 41, 54, 77, 87


Bachtiar, Toto Sudarto 22, 43, 44, 95, 99


Badudu, J.S., 40


Balada, 45-46, 48, 62-64


Dan begitupun selanjutnya C-Z. Agar anda sanggup lebih memahamu dari indeks buku sanggup melihat pola gambar dibawah ini.


Demikian ulasan yang sanggup Anda simak di pembhasan kali ini ihwal Pengertian Indeks Buku Serta Bagian dan Contoh-Contoh Indeks Buku ini. Semoga denganadanya ulasan ini sanggup membantu dan menambah wawasan Anda. Terima kasih sudah membaca ulasan ini.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com