Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Teknik Mencangkok Pohon Tin Metode Tertutup (Cocok Ketika Ekspresi Dominan Hujan)

Konten [Tampil]

Kabartani.com – Pada kesempatan kali ini saya akan membuatkan isu bagaimana teknik mencangkok pohon tin metode tertutup (cocok ketika ekspresi dominan hujan). Perlu anda ketahui, metode mencangkok ketika ekspresi dominan hujan dan kemarau itu berbeda. Kenapa demikian?


Tentu kita sudah mengenal banyak sekali macam teknik mencangkok, tetapi salah satu metode cangkok yang sempurna dipakai ketika ekspresi dominan hujan yakni mencangkok metode tertutup.


Cangkok metode tertutup dilakukan dengan menutup semua cela lubang pada plastik, tujuannya semoga air hujan tidak masuk ke dalam media.


Berdasarkan pengalaman, cangkok yang sering terkena air akan mengakibatkan media menjadi lembek, hal ini sanggup menimbulkan gagal tumbuh akar. Kaprikornus cangkok metode ini sangat baik di gunakan ketika ekspresi dominan penghujan.


Lalu, bagaimana cara mencangkok dengan memakai metode tertutup? untuk melakukannya, terlebih dahulu siapkan materi dan peralatan antara lain:



  • Tanah kompos kondisi lembab tidak berair,

  • Plastik Es ukuran paling kecil,

  • Cuter & tali rapia,

  • RootUp (hormon penumbuh akar) sebagai pengganti sanggup memakai olesan bawang merah.


Teknik Mencangkok Pohon Tin Metode Tertutup:


 Pada kesempatan kali ini saya akan membuatkan isu bagaimana teknik mencangkok pohon ti √ Teknik Mencangkok Pohon Tin Metode Tertutup (Cocok Saat Musim Hujan)
Langkah Mencangkok Pohon Tin Metode Tertutup (Foto by Candra Thp)


1. Pilihlah batang pohon tin yang benar-benar sehat, dengan mempunyai batang lurus, dan tidak banyak cabang,

2. Kerat di bawah ruas batang dengan panjang 1,5 Cm. Lalu, olesi pasta RootUp (hormon penumbuh akar), biarkan hingga pasta mengering. Jika tidak ada RootUp sanggup di Olesi bawang merah,

3. Masukkan plastik Es,

4. Lalu, ujung plastik diikat pada potongan bawah Keratan cangkok,

5. Masukkan tanah kompos, tanah kompos cukup lembab saja, tidak perlu di siram air,

6. Padatkan Media cangkok, ikat pada potongan ujung dan tengah cangkok dengan kuat. Perlu di ingat plastik cangkok tidak perlu dilubangi.

7. Tutup cangkokan dengan plastik hitam/polybag. Ikat pada potongan ujung plastik saja, semoga air tidak masuk kedalam.

Tujuan dari plastik hitam yakni untuk mempercepat tumbuhnya akar dan tentunya menghindari air hujan masuk ke dalam media cangkok.

8. Setelah umur 3-4 ahad cangkokan akan tumbuh akar, dengan pertumbuhan akar yang anggun akan mempermudah keberhasilan tumbuh sehabis di pindah ke daerah baru.


Jika akarnya sudah terlihat panjang dan bagus, kemudian potong cangkokan dan robek plastik cangkok secara hati-hati. Gunakan media tanah kompos + sekam bakar/biasa (2:1) gunakan polybag kecil sesuaikan dengan besarnya bibit.


 Pada kesempatan kali ini saya akan membuatkan isu bagaimana teknik mencangkok pohon ti √ Teknik Mencangkok Pohon Tin Metode Tertutup (Cocok Saat Musim Hujan)
Hasil Cangkok Metode Tertutup (Foto by Candra Thp)


Letakkan bibit cangkok ke daerah teduh, siram media bila kering dan gunakan alat semprot air/sprai. Semprot batang dan daun tin semoga kondisi bibit cangkok tetap segar.


Setelah umur 2-3 ahad bibit cangkokan sanggup dikenakan sinar matahari secara bertahap, bila bibit cangkok ada yang layu terkena sinar matahari, letakkan kembali ke daerah teduh.


Setelah umur 1 bulan, bibit cangkok siap terkena sinar matahari secara penuh, dan siram media cangkok bila kering.


Kelebihan cara cangkok tertutup yaitu bisa menghasilkan akar yang sehat & banyak. Tentunya air hujan tidak sanggup masuk ke dalam media cangkok. Sedangkan kekurangannya yaitu proses cangkoknya agak usang bila ingin mencangkok dalam jumlah banyak.


Simak juga Cara Praktis Budidaya Buah Tin Dengan Stek Sungkup


Demikian isu mengenai Teknik Mencangkok Pohon Tin Metode Tertutup (Cocok Saat Musim Hujan), semoga bermanfaat bagi teman tani sekalian.


Sumber: http://bontangkreatif.blogspot.co.id/2017/06/cara-mencangkok-tin-saat-musim-hujan_8.html



Sumber https://kabartani.com