Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Diagram Garis : Cara Penyajiannya Dan Misalnya Lengkap

Konten [Tampil]

Diagram Garis : Cara Penyajiannya Dan Contoh Soalnya Lengkap


Diagram Garis – Diagram garis merupakan jenis diagram yang kebanyakan akan dipakai untuk menyajikan sebuah data, yang sanggup diperoleh dari waktu ke waktu dengan cara yang teratur dan dalam jarak waktu tertentu. Pada umumnya diagram garis juga sering dipakai untuk melihat perkembangan atau pertumbuhan dari suatu hal, dengan cara yang berkelanjutan. Misalnya pertumbuhan angka kecelakaan setiap tahun, perkembangan tubuh dan tinggi anak bayi dan balita setiap tahun, dan lain-lain.


 Cara Penyajiannya Dan Contoh Soalnya Lengkap √ Diagram Garis : Cara Penyajiannya Dan Contohnya Lengkap


Sama halnya dengan diagram batang, diagram garis juga memakai sumbu yang mendatar dan juga sumbu tegak yang dimana keduanya akan saling berpotongan dengan cara yang tegak lurus. Biasanya pada sumbu mendatar akan mengatakan hasil dari usang waktunya pengamatan, dan sumbu tegak yang mengatakan hasil dari pengamatan yang telah dilakukan.


Pasangan nilai yang terdapat pada sumbu mendatar dan sumbu tegak akan dibentuk dengan sebuah titik, ibarat pada titik-titik yang dipakai pada diagram cartesius. Selanjutnya titik-titik itu akan dihubungkan satu demi satu, hingga membentuk sebuah garis atau kurva.


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa dalam menggambar sebuah diagram garis diperlukan dua buah sumbu yaitu sumbu tegak dan sumbu datar. Fungsi dari sumbu datar ialah untuk mengatakan waktu, dan sumbu tegak akan mengatakan kuantitasnya contohnya pada nilai, biaya, jumlah, pendapatan dan lain-lain. Setelah itu gambarkan setiap titik koordinat yang ada, yang mengatakan data pengamatan di waktu tertentu.


Yang terakhir anda sanggup menarik garis dengan cara menghubungkan titik-titik tersebut dengan cara lurus. Kemudian diagram tersebut sanggup diperoleh dengan rujukan dan kecenderungan pada gerak nilai yang dibentuk dengan mengikuti waktu.


Contoh Diagram Garis


Sebuah showroom kendaraan beroda empat semenjak tahun 1995 – 2004 akhir, selalu mencatat jumlah kendaraan beroda empat yang terjual, Berikut Laporannya:


 Cara Penyajiannya Dan Contoh Soalnya Lengkap √ Diagram Garis : Cara Penyajiannya Dan Contohnya Lengkap


 


Sehingga diagram garisnya yaitu ibarat berikut :


 Cara Penyajiannya Dan Contoh Soalnya Lengkap √ Diagram Garis : Cara Penyajiannya Dan Contohnya Lengkap


Dari diagram di atas, terlihat penjualan kendaraan beroda empat terbanyak terjadi di tahun 2001. penjualan kendaraan beroda empat cenderung mengalami kenaikan di tahun 1995-1997, sedangkan di tahun 2002-2004 cenderung mengalami penurunan.


Itulah klarifikasi lengkap dari bahan diagram garis, agar sanggup dipahami dan menambah wawasan anda.


Baca Juga :




Sumber aciknadzirah.blogspot.com