Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Cara Stek Pucuk Jambu Air Dengan Memakai Media Floral Foam (Oasis)

Konten [Tampil]

KABARTANI.COM – Cara Stek Pucuk Jambu Air Dengan Menggunakan Media Floral Foam (Oasis). Sobat perbanyakan jambu air dengan cara stek sanggup dilakukan dengan 2 macam cara yaitu stek batang dan stek pucuk. Untuk stek batang media yang dipakai untuk menstek yaitu memakai tanah sedangkan untuk stek pucuk kita wajib memakai floral foam.


Kali ini akan kami coba jelaskan sedikit perihal bagaimana cara Stek Pucuk tumbuhan jambu air memakai media Floral Foam.


1.Langkah pertama yaitu pilih pucuk ranting jambu air madu yang daunnya sudah mempunyai warna hijau bau tanah dan dorman dengan ruas ranting masih berwarna hijau alasannya pucuk jambu air madu pada fase ini merupakan materi stek yang paling ideal, relative tahan layu dan pembentukan akarnya cepat. Hal ini alasannya cadangan masakan pada pucuk sudah cukup banyak untuk menunjang proses regenerasi sel, sementara daya regenerasinya juga masih tinggi alasannya jaringan ruasnya belum tua.


 Cara Stek Pucuk Jambu Air Dengan Menggunakan Media Floral Foam  √ Cara Stek Pucuk Jambu Air Dengan Menggunakan Media Floral Foam (Oasis)


2. Jangan ambil pucuk dengan daun yang mulai menguning alasannya akan rontok selama dalam proses penyetakan.


3. Berikutnya yaitu memotong batang/ranting 2-3 ruas “pasang daun” pucuk yang dijadikan sebagai materi stek cukup 2-3 ruas untuk menyeimbangkan kemampuan daya serap air oleh pangkal stek dengan kebutuhan air pada materi stek. Bila daya serap air tidak mencukupi akan mengakibatkan stek layu dan gagal menumbuhkan akar.


4. Buang 2/3 penggalan daun dengan jalan memotongnya memakai gunting, pemotongan daun ini bertujuan supaya kebutuhan air dengan kemampuan daya serap air oleh stek seimbang. Daun jangan dipotong habis akan menghilangkan kemampuan fotosintesisi dari stek yang akan berakibat pada lambatnya pembentukan akar bahkan stek sanggup amis alasannya kehabisan energi “cadangan makanan”. Lalu rendam oasis dalam air yang sudah diberikan Vitamin B1 oasis cukup diletakkan diatas permukaan air dan biarkan air meresap dengan sendirinya hingga seluruh penggalan oasis terbenam. Jangan menekan oasis untuk mempercepat terbenam dalam air alasannya akan mengakibatkan oasis tidak berair secara sempurna.


5. Potong oasis sesuai dengan ukuran diameter stek. Oasis dipotong-potong dengan ukuran yang diadaptasi dengan besarnya stek.


6. Tancapkan stek sedalam 3/4 media. Stek ditancapkan ke potongan oasis sedalam 2/3 panjang potongan oasis. Selanjutnya susun stek dalam tray.


 Cara Stek Pucuk Jambu Air Dengan Menggunakan Media Floral Foam  √ Cara Stek Pucuk Jambu Air Dengan Menggunakan Media Floral Foam (Oasis)


7. Stek disusun dalam tray dengan posisi daun yang tidak saling tumpang tindih untuk menghindarkan kebusukan. Kemudian letakkan stek dalam propagation chamber.


8. Proses pembentukan akar hingga stek siap ditrasplanting atau dipindahkan pada media tanam yang telah dipersiapkan membutuhkan waktu sekitar 3-6 minggu.


 Cara Stek Pucuk Jambu Air Dengan Menggunakan Media Floral Foam  √ Cara Stek Pucuk Jambu Air Dengan Menggunakan Media Floral Foam (Oasis)




Sumber https://kabartani.com